Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah termasuk cabang olah raga permainan. Alat yang digunakan adalah raket untuk pemukul dank ok sebagai bolanya. Permainan dimulai dengan cara melakukan servis, yaitu memukul kok dari petak servis kanan dan bola jatuh di kotak servis kanan lawan. Sehingga jalannya kok menyilang.

Dalam permainan bulu tangkis kemampuan servis mutlak dikuasai oleh pemain. Karena dapat melakukan servis berarti dapat menghasilkan angka. Berikut ini beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemainbulu tangkis, antara lain:

Cara memegang raket

Raket di sebelah kanan badan, kaki kiri di depan. Bola diambil dari sebelah kanan.
Servis sentakan (bola diambil dari tengah atau bolam diambil dari dalam)
Servis pendek ( bola diambil dari tengah atau bola diambil dari dalam)

Servis dapaty diartikan  serangan pertama untuk mengawali permainan. Pukulan servis jauh ke belakang pertahanan lawan dapat diatur mrnurut arah yang dikehendaki, sehingga lawan menjadi bingung. Sedangkan servis pendek sangat efektif  untuk menghadaoi lawan yang memiliki oukulan smash  dan tekanan yang keras. Di bawah ini kita bahas beberapa macam cara melakukan  servis dalam permainan bulu tangkis, antara lain:

1. Servis tinggi

Dalam servis tinggi, shuttlecock dipukul melambung tinggi ke belakang. Jenis servis ini banyak digunakan oleh pemain tunggal. Cara melakukan servis tinggi adalah sebagai berikut:

Sikap permulaan

Pemain berdiri dikotak servis menghadap net dan sasaran servis. Berat badan berada di belakang, rentangkan tangan kiri ke depan sambil memegang shuttlecock dengan rileks. Tangan kanan memegang raket terbentang ke bawah dengan permukaan raket mengarah ke atas kea rah shuttlecock. Konsentrasikan diri pada latihan.

Gerakan

Jatuhkan shuttlecock  dari tangan kiri, sebelum mengayunkan raket, putarlah bahu dan panggul. Pada saat itu berat badan berpindah dari  kaki belakang ke kaki depan. Pergelangan tangan dan lengan harus berputar pada saat shuttlecock disentuh raket.

Sikap akhir

Geraka servis harus ada pada posisi tinggi dan usahakan jangan sampai melampaui bahu kiri dan jangan mengangkat atau menggeser kedua kaki sampai bola dipukul, serta arahkan shuttlecocok kea rah yang tinggi.

2. Back hand sevis pendek

Servis pendek banyak digunakanoleh pemain ganda. Keuntungan servis pendek adalah lawan akan mengembalikan bola jauh ke belakang sehingga kita dapat melakukan serangan. Cara melakukan servis pendek adalah sebagai berikut:

Sikap permulaan

Pemain berdiri di kotak servis, kaki kiri di depan kaki kanan. Lutut di tekuk, badan sedikit condong ke depan, dan tangan kanan memegang raket menyilang ke sisi bawah punggung, raket mengarah ke depan dan tangan kiri memegang shuttlecock yang hamper menempel ke punggung raket.

Gerakan 

Sentuh shuttlecock dengan melecutkan pergelangan tangan hingga bola melayang melalui atas net dan jatuh di tempat daerah permainan lawan.

3. Back hand Servis Lop

Pukulan permulaanya sama dengan sama dengan pukulan permulaan pada servis pendek.
Gerakan pukulan shuttlecock di dorong jauh ke belakang dengan melecutkan pergelangan tangan.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel