Sistem Penilaian Hasil Belajar
Pelaksanaan Ujian Nasional yang telah berlangsung sebenarnya sudah melenceng dari tujuan pendidikan karena Ujian Nasional telah dijadikan patokan atau acuan dari lulus atau tidaknya peserta didik. Pada Ujian Nasional hasil belajar peserta didik tidak semua di nilai. Berikut sistem penilaian hasil belajar peserta didik.
1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah
Bentuk penilaian hasil belajar oleh pendidik :
1. Ulangan harian
2. Ulangan tengah semester
3. Ulangan akhir semester
4. Ulangan kenaikan kelas
Prinsip mastery learning :
Tujuan Penilaian Kelas :
Fungsi Penilaian Kelas :
Tindak lanjut hasil pengujian :
a. remedial, bagi siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimal.
b. Pengayaan, siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal, penguatan dengan memberi tugas membaca, tutor sebaya, diskusi, mengerjakan soal namun tidak mempengaruhi nilai hanya diungkapkan dalam keterangan profil hasil belajar.
c. Percepatan, yakni bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan maksimum
2. Sistem pengujian akhir
Batas lulus biasanya 75% menguasai materi ujian.
Teknik yang digunakan : tes dan non tes
Tes : lisan, tertulis, perbuatan.
Non tes :
Penjelasan sistem penilaian hasil belajar diatas masih sangat sederhana, jika ada yang ingin kita diskusikan, admin dengan senang hati untuk menanggapinya.
Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Kemampuan guru Humbang Hasundutan bernyanyi yang diatas rata-rata;
Sumber https://www.defantri.com/
ISTILAH DAN PENGERTIAN
- Pengukuran (measurement)= Kegiatan sistematik untuk menentukan angka pada obyek. berhubungan dengan kuantitatif.
- Penilaian (assessment) = Penafsiran hasil pengukuran & pencapaian hasil belajar.
- Evaluasi = Kegiatan identifikasi program tercapai atau belum, berharga atau tidak, efisien atau tidak. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement)
- Hasil Penilaian bisa kualitatif (pernyataan naratif dengan kata-kata), bisa kuantitatif (berupa angka)
1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah
Bentuk penilaian hasil belajar oleh pendidik :
1. Ulangan harian
2. Ulangan tengah semester
3. Ulangan akhir semester
4. Ulangan kenaikan kelas
TUJUAN DAN FUNGSI PENILAIAN
- Seberapa banyak indikator kompetensi dasar suatu mata pelajaran tercapai.
- Menilai kebutuhan individual
- Menentukan kebutuhan pembelajaran
- Membantu dan mendorong siswa
- Membantu danmenolong guru ngajar lebih baik
- Menentukan strategi pembelajaran
- Akuntabilitas lembaga
- Meningkatkan kualitas pendidikan
- Selain indikator kamampuan dasar, juga berfungsi :
- Mengetahui kemajuan dan kesulitan beajar siswa
- Memberikan umpan balik
- Melakukan perbaikan kegiatan pembelajaran
- Memotivasi guru mengajar lebih baik
- Memotivasi siswa belajar lebih giat
PENDEKATAN DAN PRINSIP PENILAIAN
- Pendekatan :
- Menggunakan berbagai teknik
- Menekankan hasil (outcomes), dengan memperhatiokan input dan proses
- Melihat dari perspektif taksonomi tujuan pendidikan, menilai perkembangan : kognitif, afektif dan psikomotor sesuai karakteristik mata pelajaran
- Menerapkan standar kompetensi lulusan (exit outcomes)
- Menerapkan system penilaian acuan criteria (criterion-referenced assessment) dan standar pencapaian (performance standard) yang konsisten.
- Menerapkan penilaian otenrtik untuk menjamin pencapaian kompetensi
- Prinsif :
- Penilaian merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran
- Mencerminkan masalah dunia nyata
- Menggunakan berbagai ukuran, metode, teknik dan criteria sesuai dengan karakteristik dan esensi opengalaman belajar
- Bersipat holistic, mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran
ACUAN PENILAIAN
Acuan pada pengujian berbasis kompetensi adalah acuan kriteria. Sebagai criteria digunakan asumsi bahwa hampir semua orang belajar apapun akan mampu. Hanya kecepatan dan waktu yang berbeda. Asumsi tersebut mengindikasikan perlunya program perbaikan atau remedial.Prinsip mastery learning :
- Belajar tuntas (mastery learning) = siswa tak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar dan hasil baik. Agar sistem penilaian memenuhi prinsip kesahihan dan keandalan, maka hendaknya memperhatikan :
- Menyeluruh
- Berkelanjutan
- Berorientasi pada indicator ketercapaian
- Sesuai dengan pengalaman belajar
- Proses belajar, yaitu seluruh pengalaman belajar siswa
- Hasil belajar, ketercapaian setiap kompetensi dasar, baik kognitif, afektif maupun psikomotor.
ASPEK YANG DIUKUR DALAM PENILAIAN
- Kognitif (Menurut Bloom, Englehart, Furst, Hill, Krathwohl’ 56)
- Pengetahuan (recalling), kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu koota, rumus)
- Pemahaman (Comprehension), kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf)
- Aplikasi (application), kemampuan penerapan (misalnya : menggunakan suatu informasi / pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
- Analisis (Analysis), kemampuan menganalisa suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (misalnya : menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
- Sintesis (syntesis). Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya : memformulasikan hasil penelitian di laboratorium)
- Evaluasi (Evaluation), kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang burukl dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
- Afektif
- Menerima (receiving) termasuk kesadaran, keinginan untuk menerima stimulus, respon, control dan seleksi gejala atau rangsangan dari luar.
- Menanggapi (responding): reaksi yang diberiokan: ketepatan aksi, perasaan, kepuasan dll.
- Menilai (evaluating):kesadaran menerima norma, system nilai dll.
- Mengorganisasi (organization): pengembangan norma dan nilai organisasi system nilai
- Membentuk watak (characterization): system nilai yang terbentuk mempengaruhi pola kepribadian dan tingkah laku
- Psikomotor Psikomotor merupakan tindakan seseorang yang dilandasi penjiwaan atas dasar teori yang dipahami dalam suatu mata pelajaran. Ranah psikomotor:
- Meniru (perception)
- Menyususn (Manipulating)
- Melakukan dengan prosedur (precision)
- Melakukan dengan baik dan tepat (articulation)
- Melakukan tindakan secara alami (naturalization)
PENILAIAN BERBASIS KELAS
Penilaian kelas adalah pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk memberikan keputusan (nilai) hasil belajar siswa berdasarkan tahapan belajarnya. Berorientasi pada kompetensi, mengacu pada patokan, ketuntasan belajar, dilakukan dengan berbagai cara. Dilakukanmelalui kumpulan kerja siswa (portopolio), hasil karya (products), penugasan (projects), Unjuk kerja (performances) dan tes tulis (paper & pen).Tujuan Penilaian Kelas :
- keeping-track (proses pembelajaran sesuai dengan rencana)
- cheking-up (mencek kelemahan dalam proses pembelajaran)
- finding-out(menemukan kelemahan & keslahan dalam pembelajaran)
- summing-up (menyimpulkan pencapaian kompetensi peserta didik)
Fungsi Penilaian Kelas :
- Alat menetapkan siswa dalam penguasaan kompetensi
- Sebagai bimbingan
- Sebagai alat diagnosis
- Sebagai alat prediksi
- Sebagai grading
- Sebagai alat seleksi
- Melalui Portofolio
- Melalui unjuk kerja (performance)
- Melalui penugasan (project)
- Melalui hasil kerja (Product)
- Melalui tes tertulis (paper & pen)
SISTEM PENILAIAN
1. Sistem penilaian berkelanjutanTindak lanjut hasil pengujian :
a. remedial, bagi siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimal.
b. Pengayaan, siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal, penguatan dengan memberi tugas membaca, tutor sebaya, diskusi, mengerjakan soal namun tidak mempengaruhi nilai hanya diungkapkan dalam keterangan profil hasil belajar.
c. Percepatan, yakni bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan maksimum
2. Sistem pengujian akhir
Batas lulus biasanya 75% menguasai materi ujian.
JENIS TAGIHAN DAN BENTUK INSTRUMEN
Jenis Tagihan :- Kuis
- Pertanyaan lisan di kelas
- Ulangan harian
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan semester
Teknik yang digunakan : tes dan non tes
Tes : lisan, tertulis, perbuatan.
Non tes :
- Pengamatan (motivasi, minat, strategi belajar, kesulitan yang dihadapi, serta kegiatan dalam praktek lapangan)
- Dokumentasi (melihat karya siswa baik individu maupun kelompok)
- Dan portofolio (kumpulan hasil karya, tugas, pekerjaan siswa yang disusun berdasarkan urutan kategori kegiatan.
Penjelasan sistem penilaian hasil belajar diatas masih sangat sederhana, jika ada yang ingin kita diskusikan, admin dengan senang hati untuk menanggapinya.
Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Kemampuan guru Humbang Hasundutan bernyanyi yang diatas rata-rata;
Belum ada Komentar untuk "Sistem Penilaian Hasil Belajar"
Posting Komentar