Hakikat Latihan Kebugaran Jasmani (Aktivitas pengembangan)

Latihan kondisi fisik (Phisical Conditioning) memegang peranan yang sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan kesegaran jasmani (Physical Fitness). Tingkat keegaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Semakin tinggi tingkat keegaran jasmani seseorang semakin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya. Dengan kata lain, hasil kerjanya kian produktif jika kesegaran jasmaninya semakin baik.

Kurangnya daya tahan, kelenturan persendian, kekuatan otot, dan kelincahan merupakan penyebab utama timbulnya cedera. Hal ini disebabkan program utama latihan kondisi fisik yang dilakukan seeorang tidak sempurna sebelum dia terjun mengikuti pertandingan atau melakanakan kegiatan fisik yang lebih berat.

Program latihan gebugaran jasmani perlu direncanakan secara sistematis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesegaran jasmani. Program latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secra cermat dan berulang-ulang dengan meningkatkan beban latihan setiap hari, akan meningkatkan kebugaran jasmani. Hal ini akan menyebabkan seseorang kian terampil, kuat, dan efisien dalam gerakannya.
Para ahli olahraga berpendapat, seorang atlet yang mengikuti latihan kebugaran jasmani secara intensif selama 6 – 8 minggu sebelum musim pertandingan, akan memiliki kekuatan, kelenturan, dan daya tahan yang jauh lebih baik selama pertandingan. Perkembangan kebugaran jasmani yang terbaik juga membantu seorang atlet mampu mengikuti latihan selanjutnya dalam usaha pencapaian pretasi setinggi-tingginya.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Hakikat Latihan Kebugaran Jasmani (Aktivitas pengembangan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel