Latihan Lay Up Shoot Permainan Bola Tangan

Lay up shoot adalah suatu cara menembakkan bola ke arah gawang yang diawali dengan gerak melompat melayang posisi berdiri.

a. Irama langkah Lay Up Shoot

  1. Teknik yang perlu diperhatikan ketika lay up shoot yaitu ada tiga irama langkah. Apa bila tumpuan kaki kiri, maka langkah selanjutnya kaki kanan , kiri, kanan, kiri dan selanjutnya melayang.
  2. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yaitu:


  • Irama langkah
  • Ketinggian yang cukup pada saat melompat
  • Dan jarak tembakan 

b. Cara melakukan lay up shoot

lay up shoot di awali dengan tiga langkah yang cepat dan pada saat langkah terakhir mau melompat sedekat mungkin dari daerah gari gawng dan lengan udut elevasi 45 derajat serta  mempertahankan sikap melayang di udara selama mungkin. Bersamaan dengan itu bola dilepaskan.

c. Menembak (shooting)

Adalah suatu upaya untuk membuat gol ke gawang lawan dengan tujuan mencari kemenangan. Ada beberapa cara melakukan tembakan ke gawang diantaranya sebagai berikut:

  • Menembak dengan posisi berdiri
  • Menembak dengan posisi meloncat

1. Cara menembak dengan posisi berdiri adalah:

Sikap permulaan

Berdiri dengan salah satu kaki di depan dan kaki yang lainnya dibelakang. Lutut kaki agak kebelakang dan agak ditekuk, tumit terangkat, lengan lempar ditarik, ke atas belakang kepala, tangan lainnya mengimbangi di depan, pandangan kea rah sasaran.

Gerakan
Dengan mengarahkan bola ke sasaran, badan sedikit dilentingkan ke belakang. Bola dilemparkan sekuat mungkin ke gawang dengan tangan. Lemparkan bola sambil melecutka ke dua tangan.

2. Menembak dengan posisi meloncat

Sikap Permulaan

Diawali dengan loncatan kemudian tangan yang dipakai melempar bola dibuka kebelakang atas dan tangan lainnya mengimbangi, pandangan ke depan.

Gerakan

Masih dalam posisi melayang bola diarahkan ke gawang kemudian bola dilemparkan sekuat-kuatnya sambil melecutkan pergelangan tangan

Sikap Akhir
Mendarat dalam posisi seimbang dengan tumpuan pada kedua kaki secara bersamaan dn mengoper.

Penempatan Posisi Pemain Sesuai Dengan Ketrampilan

Permainan bola tangan adalah perminan beregu yang membutuhkan kerjasama antara pemain satu dengan yang lainnya dalam satu regu. Pemain harus punya rasa tanggung jawab dan disiplin baik pribadi atau beregu dilapangan sesuai dengan tugas yang diberikan dan posisi masing-masing pada saat melakukan penyerangan maupun bertahan. Apabila permainan di lapangan menerapkan formasi 3-2-1 maka posisin pemain adalah:

  • 1  Orang Penjaga Gawang
  • 3 orang gelandang
  • 2 orang pemain bertahan 
  • 1 orang penyerang



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Lay Up Shoot Permainan Bola Tangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel