Sejarah Permainan Bulu Tangkis

Menurut sejarah, permainan bulu tangkis berasal dari India yang disebut “poona”. Lalu permainan ini dibawa ke Inggris dan dikembangkan di sana. Pada tahun 1873 permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke de Beaufort di kota badminton. Oleh karena itu permainan ini disebut dengan badminton. Perkembangan bulutangkis di dunia dimulai sejak abad ke-17.

Permainan ini sudah dimainkan di Eropa, India,  dan Tiongkok. Perkemangan yang paling menonjol adalah di Inggris dan Inggrislah yang membuat peraturan-peraturan dalam permainan bulu tangkis. Karena begitu pesatnya perkembangan permainan bulutangkis di inggris, maka dibentuklah persatuan bulu tangkis nasional Inggris.

Dari perkembangan di Inggris ini, kemudian dicetuskan untuk membentuk badan persatuan bulu angkis yang menampung kegiatan-kegiatan permainan bulu tangkis di dunia. Organisasi yang membawahi olahraga bulu tangkis seluruh dunia adalah “International Badminton Federation (IBF), yang dibentuk pada tanggal 15 juli 1934. Badan bulu tangkis international ini menyelenggarakan kejuaraan beregu putra antar Negara yang pertama pada tahun 1948 – 1949 yang disebut dengan kejuaraan Thomas Cup. Untuk kejuaraan bulu tangkis putri disebut dengan Uber Cup pada tahun 1956 – 1957. Selain itu pada tahun 1989 diadakan kejuaraan bulu tangkis beregu campuran antar Negara yang dinamakan Sudirman Cup.

Pada tanggal 5 Mei 1951 dibentuklah persatuan bulu tangkis seluruh Indonesia (PBSI). Kemudian pada tahun 1953 Indonesia menjadi anggota IBF. Dengan demikian Indonesia berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan bulu tangkis internasional.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Permainan Bulu Tangkis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel