Sejarah Permainan Futsal


Menurut sejarah Olahraga futsal berasal dari Uruguay. Pada tahun 1930 Juan Carlos Ceriani mempopulerkan permainan futsal di Montevidio ibu kota Uruguay. Keunikan futsal telah menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Amerika selatan terutama masyarakat Negara Brazil. Di Brasil olahraga futsal berkembang pesat. Banyak pemain-pemain handal berkelas dunia bermunculan di sana seperti Pele yang telah menjadi pemain legendaries sampai saat ini. Sekarang permainan futsal telah diakui di seluruh dunia dan dan berada di bawah perlindungan Federation International de Footbal Association (FIFA).

Pertandingan futsal antar Negara pertama kali di selenggarakan di Amerika Selatan yaitu tahun 1965. Yang menjadi juara adalah Paraguai. Pada kejuaraan tahun berikutnya sampai 6 kali penyelenggaraan semua juara di sapu bersih oleh brazil hingga tahun 1979. Kemudian tahun 1980 diadakan lagi kejuaraan futsal memperebutkan piala Pan Amerika, lagi-lagi brazil berhasil merebut juara. Pada tahun 1984 diadakan lagi kejuaraan futsal berikutnya dan brasil berhasil lagi merebut piala dunia.

Kejuaraan Dunia Futsal yang pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia, Brasil menderita kekalahan dari Paraguay.  

Berikut ini kejuaraan internasional futsal yang pernah diselenggarakan oleh FIFA.

·         1989 (di Rotterdam, Belanda): dimenangkan Brasil
·         1992 (di Hong Kong): dimenangkan Brasil
·         1996 (di Barcelona, Spanyol): dimenangkan Brasil
·         2000 (di Guatemala): dimenangkan Spanyol
·         2004 (di Taiwan): dimenangkan Spanyol.
·         2008 (di Brasil): dimenangkan Brasil.
·         2012 (di Thailand): dimenangkan Brasil.
·          
Berikut ini kejuaraan futsal Piala Dunia Futsal AMF:

·         1982 (di Sao Paulo, Brasil): dimenangkan Brasil
·         1985 (di Madrid, Spanyol): dimenangkan Brasil
·         1988 (di Melbourne, Australia): dimenangkan Paraguay
·         1991 (di Milan, Italia): dimenangkan Portugal
·         1994 (di Argentina): dimenangkan Argentina
·         1997 (di Meksiko): dimenangkan Venezuela
·         2000 (di La Paz, Bolivia): dimenangkan Kolombia
·         2003 (di Paraguay): dimenangkan Paraguay.
·         2007 (di Mendoza, Argentina): dimenangkan Paraguay

Sejarah Futsal di Indonesia.

Olahraga futsal masuk ke Indonesia tahu 1988 – 1999. Kemudian. Futsal mulai di kenal masyarakat Indonesia mulai mengenal futsal tahun 2000. Sejak jaman itu futsal. Pada saat itulah futsal mulai berkembang dengan maraknya sekolah-sekolah futsal di Indonesia. Lalu pada tahun 2002 AFC meminta Indonesia untuk menggelar kejuaraan Piala Asia.

Futsal di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Akan tetapi, sampai saat ini olahraga futsal hanya bersifat rekreatif saja, belum menjadi sebuah olahraga profesional. Sekarang tinggal bagaimana Badan Futsal Nasional (BFN) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dapat bekerja bahu-membahu untuk membawa olahraga ini dinikmati semua masyarakat dan menjadi sebuah olahraga yang professional seperti sepak bola.

Masuknya futsal ke Indonesia di bawa oleh Justin Laksana, sebenarnya prestasi timnas Futsal Indonesia sangat membanggakan, yaitu peringkat 50 DUNIA.
Prestasi terakhir adalah tampil sebagai juara AFF (ASEAN Football Federation) Itulah ulasan sejarah tentang permainan futsal di dunia dan di Indonesia. Semoga bermanfaat.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Permainan Futsal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel