Sejarah Permainan Softball

Olahraga softball berasal dari Amerika Serikat (USA) diciptakan oleh George Hancoc pada tahun 1887 di kota Chicago. Mula-mula permainan ini hanya hiburan saja dan dimainkan dalam ruangan tertutup. Daya tarik utama karena permainan ini dapat dimainkan oleh semua usia baik pria maupun wanita. Lalu permainan ini bekembang dari Amerika berkembang ke kanada, dari sanalah kemudian berkembang ke penjuru seluruh dunia.

Perkembangan selanjutnya kemudian dibentuk federasi softball seluruh dunia dan lahirlah peraturan-peraturan dalam permainan. Terutama untuk pertandingan antar Negara. Sebelum sebuah tim softball. Dibentukl;ah federasi internasional  Permainan softball mulai dipertandingkan pada juara dunia pada tahun 1993 . Permainan softball mulai di kenal di asia sejak diadakan kejuaraan sejak 1986.
Permainan soft ball di Indonesia mulai berkembang di indoneia pada tahun 1967. Pada aktu itu dibentuklah persatuan baseball atau softball seluruh Indonesia (Perbasasi). Kemudian  pada tahun 1973 diadakan pertandingan softball pada PON VII di Jakarta.

Sekitar tahun 1966 permainan softball di Indonesia masih dianggap olahraga permainannya kaum perempuan. Tetapi setelah diadakannya Asean Games di Bangkok Thailand ternyata permainan softball dimainkan oleh kaum laki-laki. Melihat perkembangan seperti itu, Indonesia mulai serius melakukan latihan softball. Kemudian semua kota di Indonesia mengadakan latihan softball untuk persiapan mengikuti softball pada pertandingan softball yang akan datang.

Permainan softball adalah olahraga permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari 9 orang. Jumlah pemain cadangan ada 3 orang. Tujuan perminan ini adalah mencari kemenangan dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Permainan softball sangat digemari terutama anak-anak sekolah. Pada waktu pelajaran olah raga, permainan softball termasuk olah raga faforit bagi para siswa. Di Indonesia olahraga softball mirip dengan bola kasti. Hanya saja peraturan-peraturannya ada sedikit perbedaan. Dalam praktiknya ternyata olahraga softball lebih membutuhkan ketangkasan dan kecerdikan bagi para pemainnya. Permainan softball sangat digemari oleh lapisan kaum pria dan wanita.s


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Permainan Softball"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel