Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola

Menyundul bola adalah usaha untuk mengambil bola yang sedang melayang di udara dengan menggunakan kepala. Pengambilan bola dengan kepala terjadi pada saat bola melayang di udara. Setelah bola di sundul dapat diberikan kepada temannya, untuk diri sendiri, atau langsung dimasukkan ke gawang lawan. Tendangan sudut bisa sangat berbahaya terhadap terjadinya gol, hal ini sering terjadi karena sundulan dari seorang pemain yang langsung diarahkan ke dalam gawang lawan. Bola hasil sundulan sangat sulit ditangkap oleh penjaga gawang karena arah datangnya bola sulit diprediksi. Untuk itu seorang pemain penyerang harus mempunyai keahlian khusus dalam menyundul bola agar kemungkinan untuk membuahkan gol semakin besar.

Daerah perkenaan bola dan kepala pada saat  melakukan sebuah sundulan adalah kening. Kening adalah bagian kepala yang terkuat dari kepala. Berikut ini beberapa teknik dasar menyundul bola yang dapat anda pelajari:

a. Menyundul bola dengan menggunakan awalan melompat

Cara ini dapat dilakukan sebagai berikut:

Sikap permulaan

Pemain berdiri dengan sikap seimbang menghadap sasaran. Pergerakan tubuh dan kaki menyongsong arah datangnya bola. Pandangan mengarah pada bola yang melayang diudara sambil mencermati arah datangnya bola.

Gerakan menyundul bola

Pemain bergerak mendekati bola. Setelah bola berjarak kira-kira satu meter, pemain melompat melakukan sundulan dengan menguatkan leher. Sundulan dilakukan dengan kepala atau kening. Mendaratlah dengan tumpuan kaki dengan tetap menjaga keseimbangan badan. Semua gerakan dilakukan dengan koordinasi tubuh yang baik.

b. Menyundul bola tanpa awalan

cara menyundul bola tanpa awalan adalah sebagai berikut:

Sikap permulaan

Pemain berdiri dengan sikap seimbang menghadap bola yang datang. Pandangan melihat kea rah datangnya bola. Posisi kaki dibuka sejajar. Kedua lengan terbuka ke samping tetapi rileks.

Gerakan menyundul bola

Pada saat bola melayang di udara dengan jarak kira-kira satu meter dari kepala. Kepal dilengkungkan sedikit kebelakang otot leher. Kemudian gerakkan kepala sehingga pada saat bola menyentuh kepala pemain dapat mengarahkan bola sesuai dengan yang ia inginkan. Misalnya diarahkan ke teman, untuk diri sendiri, atau untuk dimasukkan ke gawang lawan bila sundulan itu terjadi tepat di depan gawang lawan.

Yang harus diperhatikan dalam menyundul bola adalah:
  • ·         Sikap tangan dan kaki di buka
  • ·         Sikap badan seimbang dan terkendali pada saat menyongsong datangnya bola
  • ·         Perkenaan bola di kepala pada bagian kening atau samping kening agar pemain dapat mengarahkan sundulan.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Menyundul Bola Permainan Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel