Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

1. Teknik Dasar Memegang Bet Permainan Tenis Meja

Cara memegang bet permainan tenis meja ada dua macam:

1. Pen Holder Grip

Adalah memegang bet seperti memegang tangkai pena. Cara memegang ini banyak digunakan oleh pemain dengan tipe penyerang.

2. Shake Hand Grip

Adalah memegang bet dengan pegangan jabat tangan. Pegangan ini cocok bagi pemain baik yang bertipe penyerang atau bertahan.

2. Teknik Dasar Memukul Bola Permainan Tenis Meja

Pukulan dalam permainan tenis meja bervariasi, tetapi pada intinya pukulan tenis meja ada 4 macam, yaitu: Pukulan Servis, Pukulan fore-hand, Pukulan back-hand, dan pukulan Smash. Berikut ini penjelasan dari masing-masing pukulan.

1. Pukulan servis

Pukulan servis adalah pukulan serangan pertama untuk memulai pertandingan. Jenis pukulan servis terdiri atas:

a. fore-hand servis

pukulan fore-hand servis adalah pukulan dasar tenis meja yang dimulai dari samping kanan, dengan permukaan bet terbuka mengarah ke depan. Pukulan dapat dilakukan setelah bola memantul dari atas meja.

b. Back-hand servis

Adalah pukulan servis yang dimulai dari posisi bet dari samping kiri sisi lapangan. Punggung tangan menghadap ke meja.

2.Pukulan fore-hand (fore-hand stroke)

Adalah pukulan tenis meja yang dilakukan dari samping kanan lapangan dengan permukaan bet terbuka mengarah ke depan. Pukulan fore-hand dapat dikembangkan menjadi 2 yaitu:

1. pukulan top-spin, adalah pukulan yang dapat menghasilkan putaran bola searah dengan jarum jam
2. Pukulan back-spin, adalah pukulan yang dapat menghasilkan putaran bola berlawanan denganarah jarum jam.

3. pukulan back-hand

 Adalah pukulan yang dilakukan dengan dari sisi kiri lapangan dengan punggung tangan menghadap ke meja. Pukulan top-spin dan back-spin juga dapat dilakukan dengan menggunakan pukulan back hand.

4. pukulan smash

Pukulan smash adalah pukulan yang keras dan menukik kea rah bidang lapangan lawan. Cara melakukan smash dalam permainan tenis meja dapat menggunakan fore-hand smash atau back-hand smash. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Fore-hand smash

a. Kaki kiri berada di depan, kaki kanan di belakang, badan miring ke kanan, hingga berat badan bertumpu pada kaki kanan.
b. Lengan ditarik ke belakang dan pinggang agak miring ke kanan.
c. Setelah bola mental mencapai titik teratas, lengan mulai diayunkan dari bawah ke atas memukul dan menekan bola ke bawah dengan dibantu pergelangan tangan.

2. Back-hand smash

a. Kaki kanan di depan, kaki kiri di belakang. Badan miring ke kiri hingga pundak kanan menghadap ke meja.
b. Lengan bawah ditarik ke kiri, ke belakang lebih tinggi dari meja
c. Kemudian setelah bola mental mencapai titik teratas, lengan bawah diayunakan ke depan arah kanan memukul bola. Pada saat itu pergelangan tangan membantu menekan bola dan mengatur arah, berat badan pindah dari kaki kiri ke kanan.
Itulah empat teknik dasar permainan tenis meja yang harus dikuasai dengan baik oleh para pemain. Namun ke empat teknik di atas dapat dikembangkan dengan penguasaan kemampuan yang lain misalnya variasi servis, memukul dan variasi smash asalkan tidak menyalahi aturan permainan. Pengembangan variasi teknik tenis meja baik dilakukan dengan tujuan untuk memenangkan pertandingan.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Permainan Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel