Teknik Dasar Servis Bola Voly

Servis adalah serangan pertama sejak peluit wasit dibunyikan tanda pertandingan dimulai. Karena merupakan serangan pertama servis juga diusahakan dapat memperoleh poin. Seorang pemain bola voly harus mempunyai kemampuan servis dengan baik. Kegagalan servis adalah poin bagi lawan. Sayang jika seorang pemain gagal melakukan servis misalnya bola melenceng atau menyangkut jarring net. Untuk itu benar-benar ditekankan kepada seluruh pemain bola voly untuk menguasai teknik dan ketrampilan servis dengan baik.

Berikut ini macam-macam teknik servis yang dapat dilakukan oleh pemain bola voly:

a. Servis lengan bawah

Cara melakukan servis lengan bawah adalah:

Sikap permulaan

Berdiri di luar garis belakang menghadap ke jaring dengan sikap siap melakukan servis. Salah satu kaki di depan, kaki yang lainnya di belakang. Tangan kiri memegang bola di depan badan agak ke bawah. Tangan kanan siap memukul bola.

Gerakan servis lengan bawah

Badan sedikit dibungkukkan ke depan dan lutut kaki depan agak ditekuk. Begitu juga dengan kaki kanan, kemudian bola dilambungkan dengan tangan kiri lebih kurang 30 centimeter. Bersamaan dengan itu tangan kanan memukul mengayun dari belakang bawah ke depan hingga bola melayang melewati net.

Sikap akhir

Menjaga keseimbangan tubuh setelah melakukan servis. Lengan yang digunakan untuk memukul menjulur ke depan dan lengan yang satunya pada sikap yang wajar sambil menjaga keseimbangan badan. Pandangan lurus ke depan memperhatikan gerakan bola.

b. Servis atas

Cara melakukan ervis atas adalah sebagai berikut:

Sikap permulaan

Berdiri dengan salah satu kaki agak ke depan terbuka dengan posisi badan menghadap jarring. Tangan kiri memegang bola. Tangan kanan siap memukul. Konsentrasi dengan gerakan servis atas.

Gerakan servis atas

Lambungkan bola lebih kurang 60 centimeter di depan kepala. Pandangan selalu dipusatkan pada bol. Ayunkan lengan pukul bola dari belakang kedepan atas secara serentak. Pukulah bola dengan menggunakan telapak tangan.

Sikap akhir

Jaga keseimbangan badan setelah melakukan servis. Adanya gerak lanjut oleh tangan diikuti oleh anggota tubuh yang lainnya.

c. Servis Menyamping

Cara melakukan servis menyamping adalah sebagai berikut:

Sikap permulaan

Posisi badan berdiri dengan sikap kedua kaki terbuka menyamping arah sasaran. Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan siap memukul.

Gerakan servis menyamping

Lemparkan bola dengan menggunakan tangan kiri kira-kira setinggi bahu, bersamaan dengan itu ayunkan lengan pukul bola dari samping.

Sikap akhir


Setelah melakukan servis gerakan tangan kembali ke posisi normal. Jaga keseimbangan badan agar pemain dapat secepatnya menempati posisinya dalam lapangan bola voly untuk ikut bermain.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Servis Bola Voly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel