Teknik Dasar Sliding

Teknik sliding adalah cara untuk mencapai base dengan dengan meluncurkan badan. Dalam melakukan sliding, pelari tidak boleh mengurangi kecepatan larinya. Penggunaan teknik ini sebenarnya mempunyai dua tujuan yaitu:

  1. Untuk mengurangi lajunya lari kea rah base tanpa kehilangan tempo atau waktu. Larinya dari base I ke base berikutnya dan dapat berhenti tepat di basenya.
  2. Untuk menhindarkan sentuhan (katukan) bola oleh lawan, sehingga dapat mencapai basenya dengan selamat. 

Teknik sliding membutuhkan control yang sempurna dari seorang pemain dan hal ini dapat dicapai hanya dengan latihan-latihan yang keras dan disiplin.

Macam-macam teknik sliding

a. Sliding lurus

Teknik ini merupakan teknik slide yang paling mudah akan tetapi mengandung bahaya atau resiko yang besar. Sebab apabila pelari tidak hati-hati atau tidak cermat melakukannya, ada kemungkinan spikenya menyangkut tanah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya cedera pada kaki. Dalam melakukan sliding hendaknya jarak antara pelari dan base diperhatikan (2,5 meter sampai 3 meter di depan base).

Cara melakukan sliding lurus adalah:

  • Segera setelah mendekati base (2 – 3 meter) di depan base, pindahkan berat badan ke belakang dengan menjatuhkan badan ke belakang.
  • Dan bersamaan dengan itu, ayunkan salah satu kaki ke depan kea rah base dan segera diikuti dengan kaki yang lain.
  • Pada waktu meluncur dimana seluruh badan menyentuh tanah kecuali kepala. Kedua kaki diluruskan ke depan dengan kedua kaki tersebut, pelari menyentuh base.

b. Teknik Sliding Mengait (Hook Slide)

Pada teknik ini pelari tidak meluncur langsung kea rah base, akan tetapi sedikit kea rah samping (ke luar atau ke dalam). Badan dibiarkan meluncur melewati base, kemudoan dengan salah satu kaki yang dilipat tegak lurus ke belakang mengait base agar pelari tidak  terlepas dari basenya.  Sedangkan kaki lain tetap diluruskan ke depan. Mengenai kaki mana yang dilipat ke belakang untuk mengait base disesuaikan dengan situasi

c. Teknik Sliding Dengan Kepala Terlebih Dahulu

Teknik yang ini sangat berlainan dengan teknik-teknik yang lain, baik pada waktu start maupun pada pelaksanaanya.  Sliding semacam ini pada umumnya dipergunakan hanya apabila pelari ingin kembali ke basenya dengan cepat misalnya hendak lari ke base berikutnya. Cara melakukannya adalah dengan tolakan kaki yang kuat, badan dilemparkan ke depan. Sementara itu kedua lengan mengayun diluruskan ke depan untuk menyentuh base. Jadi pelari meluncur ke depan dengan kepala dan kedua lengan di depan.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Sliding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel