Alat Dan Fasilitas Lempar Cakram

Lempar cakram adalah salah satu nomor lempar dalam cabang olah raga atletik. Pada olimpiade tahun 708 sebelum masehi , lempar cakram merupakan bagian dari pancalomba yang di pertandingkan pada waktu itu. Pada awalnya cakram terbuat dari batu terupam halus, kemudian dari perunggu yang di cord an di tempa. Cara melakukan lemparan pada mulanya meniru para nelayan yang melempar jaringnya berulang-ulang. Kemudian ditemukan lemparan dengan sikap badan  menyiku secara khusus dengan badan agak bersandar ke depan.

a. Lapangan lempar cakram


Lempar cakram adalah salah satu nomor lempar dalam cabang olah raga atletik Alat Dan Fasilitas Lempar Cakram


Bentuk dan ukuran lapangan lempar cakram adalah sebagai berikut:

  1. Diameter untuk melempar cakram adalah 2.50 meter
  2. Permukaan lantai tempat melempar harus datar dan tidak licin terbuat dari semen atau aspal atau bahan yang sejenis. Lingkaran lemparan dikelilingi dengan sangkar (pagar kawat) untuk menjamin keselamatan petugas, peserta, dan penonton.
  3. Bentuk lapangan seperti huruf C , dengan diameter 7 meter, mulut 3,3 meter. Sector lemparan  dibatasi garis yang membentuk sudut 40 derajat dipusat lingkaran.

b. Cakram

Cakram dibuat dari kayu atau bahan lain dengan bingkai dari metal. Bingkai berbentuk lingkaran penuh dan tepat di tengah cakram ada beban yang dapat diganti-ganti ukurannya.

c. Ukuran Cakram

  1. Berat cakram untuk putra 2 kg dengan garis tengah 219 – 221 mm.
  2. Berat cakram untuk putrid 1 kg dengan garis tengah 180 – 182n mm



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Alat Dan Fasilitas Lempar Cakram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel