KENALI HAL PENTING MENGENAI VIRUS EBOLA | INILAH BAHAYA VIRUS EBOLA DAN CARA PENCEGAHANNYA | SEJARAH VIRUS EBOLA| SPESIFIKASI VIRUS EBOLA

Kenali Hal Penting Mengenai Virus Ebola
Sekarang ini banyak sekali penyakit yang sering menyerang siapa saja dan kapan saja baik itu penyakit yang berbahaya maupun penyakit yang sedang (tidak berbahaya). Dan salah satu jenis penyakit yang sedang merajalela adalah virus ebola. Semua negara saat ini sedang berjaga-jaga untuk menghindari adanya virus tersebut sebab virus ini bisa saja menyebar melalui jalan pariwisata.

MENGENAL VIRUS EBOLA


Nah, untuk mengenal virus Ebola berikut ini hal penting mengenai virus Ebola :
1. Apa Yang Dilakukan Ebola Dalam Tubuh
Virus Ebola merupakan virus yang mematikan. Virus Ebola dapat mengakibatkan pendarahan internal dan eksternal serta merusak kekebalan tubuh dan organ-organ tubuh yang sangat penting. Darah akan sulit beku jika anda terserang penyakit ini dan pada akhirnya akan berakhir kepada kematian.
2. Bagaimana Virus Ebola Menyebar?
Virus ini dapat menyebar melalui kontak langsung dengan benda-benda seperti meja, tempat tidur dan lainnya, namun tidak bisa menyebar lewat udara dan air.
3. Gejala Ebola
Gejala penyakit virus Ebola bisa sering diawali dengan adanya pendarahan pada gusi, hidung, mata dan disekitar kuku jari.
4. Jika Ingin Berpergian Ke Luar Negeri
Jika anda sedang berpergian ke luar negeri atau berlibur sebaiknya selalu menjaga kebersihan anda dan jangan mengunjungi tempat dimana virus Ebola dapat menyebar.
Virus Ebola, Waspada dan Kenali Virus Berbahaya Satu Ini - Mewabahnya virus Ebola di Afrika Barat menjadi populer dalam dunia internasional. Bagaimana tidak, virus Ebola sampai saat ini sudah menewaskan sekitar 961 jiwa di Liberia, Guinea, Sierra Leone Nigeria.
Oleh sebab itu, inilah saatnya untuk kita mengetahui apa saja gejala terinfeksi salah satu virus mematikan ini. Berikut ulasannya, sebagaimana dikutip dari Boldsky, Rabu (13/8/2014).
Demam tinggi, menggigil, dan kelelahan
Bila Anda mengalami demam tinggi yang tidak kunjung turun lebih dari satu minggu, maka Anda disarankan melakukan uji laboratorium. Karena Virus Ebola ini biasanya akan memengaruhi kondisi fisik, diantaranya menggigil seperti gejala malaria, demam berdarah dan kelelahan.
Mengalami perdarahan
Biasanya, Virus inii menyebabkan perdarahan di mata, telinga, hingga hidung. Hal ini terjadi biasanya dalam waktu sekitar 3 sampai 4 pekan setelah teinfeksi bila gejala-gejala tidak diobati. Selain itu, saat Anda terkena infeksi virus Ebola, perdarahan juga dapat terjadi di mulut dan gusi.
Bahkan, saat buang air besar pun Anda akan melihat adanya darah pada feses sebagai akibat perdarahan di usus. Dan bagu wanita juga mungkin mengalami perdarahan di Miss V ketika terinfeksi virus Ebola.
Nyeri dan ruam
Merasakan adanya nyeri ditubuh Anda adalah gejala umum ketika Anda terserang flu atau demam. Namun, rasa nyeri jika terinfeksi virus Ebola terjadi dapat dimulai dari bawah kulit Anda. Selain itu, kulit yang mengalami ruam yang penuh darah. Dan biasanya ruam terisi dengan nanah, ini merupakan darah yang bisa sangat menyakitkan.
Sesak napas dan kelelahan
Mempunyai penyakiti sesak napas merupakan gejala yang sangat spesifik ketika terinfeksi Ebola. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan dalam bernapas dan suhu tubuh meningkat, maka segera lah periksakan ke dokter.
Di Afrika, Menurut Guru Besar Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat UI, penularan Ebola, selain diakibatkan kontak dengan manusia juga dapat dengan binatang yang telah mati, seperti antilop, monyet, gorila, dan lainnya. Cairan dari binatang yang sudah mati tersebut tersebut atau dari manusia lewat kontak kulit, terutama jika kulit terluka sedikit.
 

Inilah Bahaya Virus Ebola dan Cara Pencegahannya

 

Ebola adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae, dan juga nama dari penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Gejala-gejalanya antara lain muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, dan demam. Tingkat kematian berkisar antara 80% sampai 100%. Asal kata adalah dari sungai Ebola di Kongo.
Penyakit Ebola dapat ditularkan lewat kontak langsung dengan cairan tubuh atau kulit. Masa inkubasinya dari 2 sampai 21 hari, umumnya antara 5 sampai 10 hari. Saat ini telah dikembangkan vaksin untuk Ebola yang 90% efektif dalam monyet, namun vaksin untuk manusia belum ditemukan. Ebola adalah penyakit yang paling mematikan diseluruh dunia. Kesempatan untuk hidup jika terinfeksi penyakit ini masih 0% alias tidak mungkin, dan sampai sekarang masih dicari vaksinnya. Penderita biasanya bisa langsung meninggal dalam siklus 6 hari sampai 20 hari, alias sangat cepat. Sekarang bisa dikatakan bahwa Ebola adalah penyakit yang paling dihindari untuk terjangkit diseluruh dunia.
Wabah ebola menyebar di seluruh Guinea dan di luar negara tersebut pada bulan Februari dan Maret 2014. Sekurang-kurangnya 750 orang terinfeksi dan 460 di antaranya dilaporkan tewas akibat wabah ini.[2] Sejumlah organisasi, termasuk CDC, Komisi Eropa, dan ECOWAS telah menyumbangkan dana dan mengirimkan personel untuk membantu menanggulangi wabah.

 Sejarah

Pada tahun 1976, seorang pekerja toko di Nzara, Sudan, tiba-tiba sakit. Lima hari berselang, ia meninggal dunia. Dengan kematiannya, dunia tanpa sadar menyaksikan dampak dari virus Ebola pertama pada tanggal 27 Juni 1976.  Virus ini kemudian menjadi wabah di seluruh area tersebut. Dilaporkan terjadi 284 kasus, setengah di antaranya membuat korban sekarat. Gejala dari Ebola hemorrhagic fever (EHV) biasanya dimulai empat hingga 15 hari sesudah seseorang terinfeksi. Rata-rata gejala yang dialami berupa sakit seperti flu, demam tinggi, dan nyeri.
Semua gejala di atas biasanya diikuti dengan diare, muntah, serta kemunculan ruam di seluruh tubuh. Lalu dimulailah gejala menyakitkan seperti keluarnya darah dari semua lubang di tubuh. Dilanjutkan dengan rusaknya organ-organ internal si penderita. Masuk hari ketujuh hingga kesepuluh, muncul rasa kelelahan, dehidrasi, dan shock. Dokter yang merawat para korban awal sadar bahwa virus ini terjadi ketika ada kontak yang cukup dekat. Sebagai contoh, di Rumah Sakit Maridi, Sudan, 33 dari 61 suster yang merawat pasien penderita Ebola, akhirnya ikut tewas karena virus tersebut. Studi yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, virus ini memiliki angka kematian sebesar 90 persen. Umumnya berkembang di desa-desa terpencil di Afrika Tengah dan Barat. Virus bermula dari hewan liar yang menularkannya ke manusia hingga akhirnya mematikan bagi populasi manusia. Hewan yang dianggap sebagai inang alaminya adalah kelelawar buah dari famili Pteropodidae. Hingga sekarang, belum ada vaksin penyembuh bagi mereka yang terpapar.
Klasifikasi Ebola
  • Genera ” Ebolavirus” dan ” Marburgvirus” awalnya diklasifikasikan sebagai spesies dari genus ” Filovirus” sekarang tidak ada. Pada Maret 1998, Subkomite Virus vertebrata diusulkan pada Komite Internasional pada taksonomi dari virus (ICTV) untuk mengubah genus ” Filovirus” ” Filoviridae” keluarga dengan dua genera tertentu: ” Virus Ebola-like” dan ” virus Marburg-seperti ”. Proposal ini dilaksanakan di Washington, D.C. sebagai dari April 2001 dan di Paris sebagai Juli 2002. Pada tahun 2000, usulan lain dibuat di Washington, DC untuk mengubah “-seperti virus” untuk “-virus” mengakibatkan hari ini ” Ebolavirus” dan ” Marburgvirus”.
  • Tingkat perubahan genetik seratus kali lebih lambat dari Influenza A pada manusia, tetapi pada besarnya sama yang Hepatitis B. menggunakan angka ini, dan Ebolavirus Marburgvirus diperkirakan telah menyimpang beberapa ribu tahun yang lalu.
  • Zaire virus (ZEBOV): ” Zaire virus”, sebelumnya bernama ” Zaire Ebola Virus”, memiliki tingkat fatalitas kasus tertinggi, hingga 90% pada epidemi, dengan rata-rata kasus tingkat kematian sekitar 83% lebih dari 27 tahun. Ada lebih wabah ” Zaire ebolavirus” dari spesies lain. Serangan pertama terjadi pada 26 Agustus 1976 di Yambuku. Mabalo Lokela, seorang guru sekolah berusia 44 tahun, menjadi kasus pertama yang tercatat. Gejala mirip malaria, dan berikutnya pasien yang menerima Kina. Transmisi awal diyakini karena menggunakan kembali jarum untuk Lokela’s injeksi tanpa sterilisasi. Transmisi berikutnya adalah juga karena kurangnya perawat penghalang dan metode persiapan pemakaman tradisional, yang melibatkan cuci dan pencernaan pembersihan.
    Sudan ebolavirus (SEBOV): virus adalah spesies kedua Ebola yang muncul dengan ” Zaire virus”. Diyakini berasal di antara pekerja pabrik kapas di Nzara, Sudan, dengan kasus pertama yang dilaporkan sebagai seorang pekerja yang terpapar reservoir alami yang potensial. Ilmuwan diuji semua jenis binatang dan serangga dalam menanggapi ini; Namun, tidak ada diuji positif untuk virus. Kapal induk masih belum diketahui. Kurangnya perawatan penghalang memfasilitasi penyebaran penyakit. Pecahnya terbaru terjadi pada Mei 2004. 20 dikonfirmasi kasus yang dilaporkan di Yambio County, Sudan, dengan lima kematian yang dihasilkan. Rata-rata tingkat fatalitas adalah 54% pada tahun 1976, 68% pada tahun 1979 dan 53% pada tahun 2000 dan 2001.
    Reston ebolavirus (REBOV): ditemukan selama pecahnya virus Simian demam hemorrhagic (SHFV) di makan kepiting kera dari Hazleton laboratorium (sekarang Covance) pada tahun 1989. Sejak awal wabah di Reston, itu telah muncul di Filipina, Siena Italia, Texas, dan antara babi di Filipina. Meskipun statusnya sebagai organisme tingkat-4, non-patogenik manusia namun berbahaya di monyet.
  • Cote d’Ivoire ebolavirus (CIEBOV): juga disebut sebagai ” Pantai Gading ebolavirus” dan ” Tai ebolavirus”, itu pertama kali ditemukan di antara simpanse dari Tai hutan di Pantai Gading, Afrika pada 1 November 1994. Pembedahan menunjukkan darah dalam jantung tanda cokelat, tidak jelas terlihat pada organ, dan paru-paru nekropsi yang ditampilkan salah satu yang penuh dengan darah. Penelitian dari jaringan yang diambil dari simpanse menunjukkan hasil mirip dengan kasus manusia selama wabah Ebola 1976 di Zaire dan Sudan. Simpanse mati karena lebih banyak ditemukan, dengan banyak pengujian positif untuk Ebola yang menggunakan teknik molekuler. Sumber kontaminasi diyakini daging terinfeksi Barat merah Colobus monyet, yang simpanse berburu keras. Salah satu ilmuwan yang melakukan pembedahan pada simpanse terinfeksi dikontrak Ebola. Ia mengembangkan gejala-gejala yang mirip dengan demam berdarah demam sekitar seminggu setelah nekropsi, dan dibawa ke Swiss untuk perawatan. Dia dipulangkan dari rumah sakit setelah dua minggu dan telah sepenuhnya pulih enam minggu setelah infeksi.
  • Bundibugyo ebolavirus: pada tanggal 24 November 2007, Departemen Kesehatan Uganda dikonfirmasi wabah Ebola di distrik Bundibugyo. Setelah konfirmasi sampel yang diuji oleh laboratorium rujukan Nasional Amerika Serikat dan CDC, World Health Organization dikonfirmasi kehadiran spesies baru. Pada 20 Februari 2008, Departemen Uganda secara resmi mengumumkan akhir epidemi di Bundibugyo dengan orang terakhir yang terinfeksi habis pada 8 Januari 2008. Uganda pejabat mengkonfirmasi total 149 kasus Ebola spesies baru ini, dengan 37 kematian yang dikaitkan dengan ketegangan (24.83%).
Virologi
  • Struktur virus berupa Elektron micrographs anggota genus ” Ebolavirus” memiliki karakteristik struktur thread-seperti filovirus. EBOV VP30 adalah sekitar 288 asam amino yang panjang. Virions tubular dalam bentuk umum tetapi variabel dalam bentuk keseluruhan dan mungkin muncul sebagai gembala klasik crook atau eyebolt, sebagai ” U” atau ” 6”, atau menjadi, melingkar, atau bercabang. Namun, teknik pemurnian laboratorium, seperti centrifugation, dapat berkontribusi untuk beberapa jenis. Virions yang umumnya 80 nm diameter dengan menembus lipid dua lapis penahan glikoprotein sekitar 7 sampai 10 nm paku panjang dari permukaan. Mereka adalah panjang variabel, biasanya sekitar panjang  800 nm sampai dengan 1000 nm. Di tengah-tengah virion adalah suatu struktur yang disebut ” nucleocapsid”, yang dibentuk oleh komponen-luka virus genom RNA complexed dengan protein NP, VP35, VP30, dan L. Ini memiliki diameter 80 nm dan berisi saluran pusat 20–30 nm in diameter. Dikodekan virally glikoprotein (GP) paku 10 nm panjang dan 10 nm terpisah yang hadir di luar amplop virus virion, yang berasal dari membran sel yang di-host. Antara amplop dan nucleocapsid, di ruang disebut matriks, protein viral VP40 dan VP24 berada.
    Genom
  • Virion masing-masing berisi satu molekul linear tunggal, negatif-sense RNA, 18,959 untuk 18,961 nukleotida panjangnya. Ujung 3 ‘ tidak polyadenylated dan ujung 5 ‘ tidak tertutup. Ditemukan nukleotida 472 dari ujung 3′ dan 731 nukleotida dari 5′ akhir yang cukup untuk replikasi. Kode untuk tujuh struktural protein dan satu non-struktural protein. Urutan gen merupakan 3 ‘ – pemimpin – NP – VP35 – VP40 – GP/sGP – VP30 – VP24 – L – trailer – 5 ‘; dengan pemimpin dan trailer menjadi non-ditranskripsi daerah, yang membawa sinyal penting untuk mengontrol transkripsi, replikasi, dan kemasan genom virus ke dalam virions baru. Materi genomik dengan sendirinya tidak menular, karena protein viral, di antara mereka bergantung RNA RNA polimerase, diperlukan untuk menuliskan genetika virus ke mRNAs, serta untuk replikasi genetika virus.
  • Replikasi Virus tidak tumbuh melalui pembelahan sel, karena mereka tidak sel (aselular); Sebaliknya, mereka menggunakan mesin dan metabolisme sel untuk menghasilkan beberapa salinan dari diri mereka sendiri, dan mereka berkumpul di sel.
Penyebaran

  • Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 1.600 orang di Guinea, Liberia, dan Sierra Leone telah terinfeksi virus ebola. Ini merupakan wabah terbesar sepanjang sejarah. Lebih dari setengahnya telah meninggal. Dua pekerja kemanusiaan asal Amerika Serikat terinfeksi ebola ketika bekerja di Afrika Barat. Saat ini, keduanya telah mendapatkan penanganan di Atlanta, AS.
  • Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, umumnya gejala muncul sekitar delapan hingga 10 hari setelah seseorang terpapar virus. Gejala awalnya adalah pusing, demam, dan nyeri. Terkadang muncul ruam-ruam di tubuh penderita. Hal ini diikuti dengan diare dan muntah-muntah. Kemudian, berdasarkan lebih dari 50 persen kasus yang ada, virus ebola menyerang secara mengerikan. Penderita mengalami muntah darah atau kencing darah. Selain itu, keluar darah dari kulit, mata, atau mulut penderita. Namun, bukan ini yang menyebabkan penderita meninggal, melainkan ketika pembuluh darah di dalam tubuh mengeluarkan cairan. Hal ini menyebabkan tekanan darah menurun secara tajam sehingga hati, ginjal, jantung, dan organ lainnya berhenti bekerja.
  • Manusia tidak serta-merta tertular ebola ketika berdekatan dengan seseorang yang terinfeksi. Ebola tidak seperti virus influenza ataupun Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Seseorang terinfeksi virus ebola melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita. Hal ini terjadi ketika cairan tubuh seperti muntah atau darah penderita mengenai mata, hidung, atau mulut orang lain.  Orang-orang yang terinfeksi adalah mereka yang merawat saudaranya yang terinfeksi, atau menyiapkan jenazah yang akan dikebumikan. Orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan berisiko tinggi tertular, utamanya mereka yang tidak terlatih atau tidak dilengkapi perlengkapan yang wajar.
  • Virus ebola dapat bertahan hidup di permukaan benda. Maka dari itu, benda apa pun yang terkontaminasi dengan cairan tubuh penderita, seperti sarung tangan karet ataupun jarum suntik, dapat menjadi media penularan virus tersebut.
  • Di beberapa daerah di Afrika Selatan, ada kepercayaan bahwa ketika seseorang menyebut kata “ebola” dengan keras, maka seketika itu juga virus tersebut muncul. Kepercayaan ini menyebabkan para dokter, seperti Doctors Without Borders, sulit memeranginya. Bahkan, sebagian anggota masyarakat menyalahkan dokter sebagai pihak yang menyebarkan virus. Mereka yang terinfeksi memilih pergi ke dukun untuk mendapatkan pengobatan. Sikap skeptis mereka bukan tanpa sebab. Pada masa lalu, pekerja rumah sakit yang tidak berhati-hati malah menjadi agen penyebaran virus tersebut.
  • Pada tahun 1976 dan 1998, dari 30.000 Mamalia, burung, reptil, amfibia dan arthropoda sampel dari daerah wabah , tidak terdeteksi ” Ebolavirus” selain beberapa materi genetik yang ditemukan di enam tikus (” Mus setulosus” dan ” Praomys”) dan satu pemberang (” Sylvisorex ollula”) dikumpulkan dari Republik Afrika Tengah.
  • Virus justru terdeteksi di bangkai gorila, simpanse dan duikers selama wabah pada tahun 2001 dan 2003, yang kemudian menjadi sumber infeksi manusia. Namun, kematian yang tinggi dari infeksi pada spesies ini membuat mereka tidak mungkin sebaga sumbek alami.
  • Kelelawar diketahui berada di pabrik kapas di mana indeks kasus untuk 1976 dan 1979 wabah yangterjadi, dan mereka juga telah terlibat dalam infeksi pada tahun 1975 dan 1980. Tidak adanya tanda-tanda klinis pada kelelawar ini adalah karakteristik spesies reservoir. Dalam sebuah survei 2002–2003 1,030 hewan yang termasuk 679 kelelawar dari Gabon dan Republik Kongo, 13 buah kelelawar yang ditemukan mengandung ” Ebolavirus” RNA. Pada tahun 2005, tiga spesies kelelawar (” Hypsignathus monstrosus”, ” Epomops franqueti” dan ” Myonycteris torquata”) telah diidentifikasi sebagai membawa virus tetap asimtomatik. Mereka diyakini menjadi alami spesies, atau reservoir, virus.
  • Reston ebolavirus-tidak seperti rekan-rekan Afrika-non-patogenik, non-mematikan pada manusia. Telah didokumentasikan dalam simpanse dan babi; Walaupun kematian yang tinggi di antara monyet, dan kemunculannya baru-baru ini di babi, membuat mereka tidak mungkin alam waduk.
  • Buah-buahan yang jatuh sebagian dimakan kelelawar dan pulp, mamalia darat seperti gorila dan duikers makan buah-buahan yang jatuh ini. Rantai peristiwa-peristiwa membentuk cara tidak langsung yang mungkin untuk transmisi dari host alami pada populasi hewan, yang telah memimpin penelitian terhadap virus penumpahan pada air ludah dari kelelawar. Buah produksi, perilaku hewan, dan faktor lainnya bervariasi pada waktu yang berbeda dan tempat-tempat yang dapat memicu wabah di antara populasi hewan. Transmisi antara waduk alam dan manusia langka, dan wabah biasanya dilacak ke indeks satu kasus di mana seorang individu telah menangani bangkai gorila, simpanse, atau duiker. Virus kemudian menyebar dari manusiake anusia, terutama dalam keluarga, rumah sakit, dan selama beberapa ritual mayat di mana kontak di antara individu menjadi lebih mungkin.
  • Virus telah dikonfirmasi untuk ditransmisikan melalui cairan-cairan tubuh. Transmisi melalui eksposur lisan dan melalui conjunctiva eksposur mungkin, yang telah dikonfirmasi pada primata non-manusia. Filoviruses tidak alami ditransmisikan oleh aerosol. Penyakit ini sangat menular melalui saluran rnapas 0,8-1.2 mikron tetesan dalam laboratorium; karena dari rute ini potensi infeksi virus ini telah diklasifikasikan sebagai senjata biologis Kategori A.
  • Semua epidemi Ebola terjadi dalam kondisi rumah sakit kecil, di mana praktek-praktek kesehatan  yang tidak terlalu baik hygiene dan sanitasi  di mana pemakaian jarum disposabel dan autoclaves tidak tersedia atau terlalu mahal. Di rumah-sakit modern dengan sekali pakai jarum dan pengetahuan dasar kebersihan dan pengetahuan  Tehnik Keperawatan tidak menyebar dalam skala besar.
  • Dalam pengaturan terisolasi seperti rumah sakit quarantined atau desa, sebagian besar korban yang terinfeksi tak lama setelah ada kasus pertama dari infeksi. Cepat timbulnya gejala dari waktu menjadi penyakit menular pada individu membuatnya mudah untuk mengidentifikasi individu-individu yang sakit dan membatasi kemampuan individu untuk menyebarkan penyakit dengan perjalanan. Karena tubuh mayat penderita masih menular, beberapa dokter harus mengambil langkah-langkah untuk benar membuang mayat-mayat dalam cara yang aman meskipun ritual pemakaman tradisional lokal.
  • Wabah Ebola, dengan pengecualian dari Reston ebolavirus, terutama telah dibatasi ke Afrika. Virus sering mengkonsumsi penduduk, pemerintah dan individu dengan cepat menanggapi untuk karantina daerah, dan kurangnya jalan dan transportasi-membantu untuk mengandung pecahnya.
Gejala
  • Periode inkubasi-nya dapat berkisar dari 2 sampai 21 hari tetapi umumnya 5-10 hari. Gejala bervariasi dan sering muncul tiba-tiba. Awal gejala termasuk demam tinggi (setidaknya 38.8 ° C, 101.8 ° F), sakit kepala parah, otot, bersama, atau sakit perut, kelemahan parah, kelelahan, sakit tenggorokan, mual, pusing, internal dan eksternal pendarahan. Sebelum pecahnya dugaan, gejala-gejala awal ini dengan mudah keliru untuk malaria, demam tipus, disentri, influenza, atau berbagai infeksi bakteri, yang semua jauh lebih umum dan dapat diandalkan kurang fatal.
  • Ebola dapat berkembang menjadi gejala yang lebih serius, seperti diare, berak darah atau gelap, muntah darah, mata merah distension dan pendarahan arteriola sclerotic, petechia, penyakit ruam dan purpura.
  • Gejala lain, sekunder termasuk hipotensi (tekanan darah rendah), hypovolemia dan tachycardia. Interior pendarahan yang disebabkan oleh reaksi antara virus dan platelet yang memproduksi bahan kimia yang akan dipotong sel-ukuran lubang dinding kapiler.
  • Kadang-kadang timbul pendarahan luar dan dalam dari lubang hidung dan mulut, juga dapat terjadi, juga dari luka-luka yang sembuh belum sepenuhnya diketahui cirinya seperti jarum-lubang situs.
  • Virus Ebola dapat mempengaruhi sel darah putih dan platelet, mengganggu pembekuan. Lebih dari 50% dari pasien akan mengalami perdarahan hebat.

Diagnosis

  • Metode diagnosis Ebola termasuk pengujian sampel air liur dan urin. Ebola didiagnosis dengan tes Enzyme-Linked ImmunoSorbent Assay (ELISA). Metode diagnosis ini telah menghasilkan hasil yang berpotensi ambigu selama situasi non-wabah.
  • Evaluasi uji Dr Karl Johnson dari CDC diuji San Blas Indian dari Amerika Tengah, yang tidak punya sejarah Ebola infeksi, dan mengamati 2% hasil positif. Peneliti lain kemudian diuji sera dari penduduk asli Amerika di Alaska dan menemukan persentase yang sama hasil positif. Untuk memerangi positif palsu, tes lebih kompleks yang didasarkan pada sistem ELISA dikembangkan oleh Tom Kzaisek di USAMRIID, yang kemudian diperbaiki dengan antibodi Immunofluorescent analisis (IFA). Namun tidak digunakan selama serosurvey mengikuti Reston. Tes ini tidak tersedia secara komersial.
Penanganan
  • Perawatan terutama untuk menunjang dan meminimalkan prosedur invasif, menyeimbangkan elektrolit, dan, karena pasien sering mengalami dehidrasi, menggantikan kehilangan kaskade faktor pendarahan, mempertahankan tingkat oksigen dan darah, dan memperlakukan semua infeksi yang rumit.
  • Pusat plasma menunjukkan pengobatan yang menjajikan untuk penyakit ini
  • Ribavirin tidak efektif.
  • Interferon juga dianggap tidak efektif.
  • Dalam percobaan monyet, pemberian inhibitor kaskade (rNAPc2) telah menunjukkan beberapa manfaat, melindungi 33% dari hewan yang terinfeksi dari biasanya 100% (untuk monyet) mematikan infeksi (Namun, inokulasi ini tidak bekerja pada manusia).
  • Pada awal 2006, para ilmuwan di USAMRIID mengumumkan tingkat 75% pemulihan setelah menginfeksi empat Monyet rhesus dengan ” Ebolavirus” dan pemberian obat-obatan antisense Morpholino. Pengembangan antisense Morpholino peningkatan conjugated dengan sel menembus peptida yang sedang berlangsung.
  • Saat ini, belum ada vaksin atau obat untuk ebola. Ketika wabah sebelumnya terjadi, sebanyak 60-90 persen penderita meninggal. Sejauh ini, hal yang dilakukan dokter adalah merawat penderita, menggunakan cairan dan obat-obatan untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Para dokter juga memberikan pengobatan lainnya ketika infeksi ini menyerang tubuh pasien yang semakin lemah. Sebagian kecil orang ternyata memiliki imunitas terhadap virus ebola.
Vaksin
  • Sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa melindungi manusia dari penyakit yang ganas ini. Apalagi infeksi yang sedang merebak di Afrika sekarang ini telah memakan korban lebih dari 1000 orang. WHO mencatat, ini merupakan infeksi ebola terbesar sepanjang sejarah. Infeksi ebola sebenarnya merupakan penyakit yang jarang. Itu sebabnya perusahaan farmasi belum terlalu tertarik melakukan investasi untuk melakukan riset vaksinnya.
  • Menurut Dr.Willian Schaffner dari Vanderbilt University di Nashville, AS, karena termasuk langka, para ilmuwan juga kesulitan untuk melakukan studi di bidang ini. “Berbeda dengan virus cacar karena bisa menemukan orang yang terpapar penyakit ini di mana pun,” ujarnya. Sebelum terjadi wabah, sejak virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976 hanya ada 2000 kasus. Tetapi ketika penyakit ini mewabah, sejak awal tahun sudah ada 1.323 orang di 3 negara yang terinfeksi dan 729 diantaranya meninggal dunia.
  • Situasi gawat yang kini terjadi di Afrika tersebut mendorong lebih dari 4.500 orang menandatangani petisi di Change.org agar lembaga pengawas obat dan makanan AS (FDA) lebih cepat membuat vaksin ebola dan obatnya.  Menurut Dr.Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Disease, sebenarnya sejak bulan Maret lalu sudah dilakukan penelitian untuk pengembangan vaksin ebola. “Vaksin tersebut sudah diuji pada kera dan pada bulan September nanti akan masuk pada tahap 1 uji klinis pada manusia. Diperkirakan pada pertengahan tahun 2015 sudah tersedia vaksin meski dalam jumlah terbatas, untuk para tenaga kesehatan,” katanya.  Fauci menjelaskan, dalam uji klinis tersebut para responden tidak akan diberikan paparan virus ebola, namun mereka akan diberi dosis vaksin untuk dilihat level antibodinya apakah sesuai dengan level pada penelitian kera. Para ilmuwan juga akan bisa mengetahui keamanan vaksin ini.
  • Menurut Guru Besar Virus dan Biologi Molekuler Universitas Udayana, Bali, Gusti Ngurah Mahardika, sebenarnya bukan hanya ebola yang diabaikan para ilmuwan, tapi juga penyakit flu burung, rabies, dan HIV/AIDS. ”Penyakit ini terjadi di negara berkembang sehingga cenderung tidak mendapat perhatian dari peneliti-peneliti Eropa atau AS. Ini dicuekin. Risetnya tidak cukup gencar dilakukan,” ujar Ngurah seperti dilansir KOMPAS (2/8/14). Selain itu, tambahnya, mencari hewan model untuk kondisi manusia itu sulit. ”Penyakit itu di manusia terjadi dengan hebatnya, sementara pada hewan tidak demikian parah,” katanya. Selain itu, faktor ekonomi juga memengaruhi. ”Ekonomi di negara berkembang terbatas,” katanya lagi
  • Vaksin telah berhasil melindungi primata non-manusia, namun enam bulan yang diperlukan untuk menyelesaikan imunisasi yang membuat tidak praktis dalam sebuah epidemi. Untuk mengatasi masalah ini pada tahun 2003 vaksin yang menggunakan adenoviral (ADV) vektor membawa Ebola spike protein diuji pada makan kepiting kera. Monyet-monyet yang terjangkit dengan virus Duapuluh Delapan hari kemudian, dan tetap tahan.
  • Pada tahun 2005 vaksin yang didasarkan pada stomatitis vesicular rekombinan berasal dari selubung virus (VSV) vektor membawa Ebola glikoprotein atau glikoprotein Marburg berhasil dilindungi primata non-manusia, membuka uji klinis pada manusia. Pada bulan Oktober studi selesai sidang manusia pertama yang memberikan tiga vaksinasi selama tiga bulan menunjukkan kemampuan aman merangsang respon imun. Individu diikuti selama setahun, dan pada tahun 2006 sebuah studi pengujian lebih cepat bekerja, satu pemberian vaksin mulai. Studi ini dijadwalkan selesai tahun 2008
Prognosis
  • Ebola demam hemorrhagic sangat mematikan dan mencakup berbagai gejala termasuk demam, muntah, diare, sakit umum atau malaise, dan kadang-kadang pendarahan internal dan eksternal.
  • Rentang waktu dari onset gejala mati adalah biasanya antara 2 dan 21 hari.
  • Pada minggu kedua infeksi, pasien akan baik defervesce (the demam akan mengurangi) atau mengalami kegagalan sistemik multi-organ.
  • Tingkat kematian biasanya tinggi, dengan tingkat fatalitas kasus manusia yang berkisar 50–89%, tergantung pada spesies atau strain virus. Penyebab kematian ini biasanya disebabkan oleh kegagalan shock atau organ hypovolemic.
Referensi
  • Hensley LE, Stevens EL, Yan SB, Geisbert JB, Macias WL, Larsen T, et al. Recombinant human activated protein C for the postexposure treatment of Ebola hemorrhagic fever. J Infect Dis. Nov 15 2007;196 Suppl 2:S390-9.
  • Geisbert TW, Hensley LE, Jahrling PB, Larsen T, Geisbert JB, Paragas J, et al. Treatment of Ebola virus infection with a recombinant inhibitor of factor VIIa/tissue factor: a study in rhesus monkeys. Lancet. Dec 13 2003;362(9400):1953-8
  • Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Travel Health Notices. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Available at http://wwwnc.cdc.gov/travel/notices. Accessed July 30, 2014.
  • Sanchez A, Trappier SG, Mahy BW, Peters CJ, Nichol ST. The virion glycoproteins of Ebola viruses are encoded in two reading frames and are expressed through transcriptional editing. Proc Natl Acad Sci U S A. Apr 16 1996;93(8):3602-7.
  • Leroy EM, Baize S, Volchkov VE, Fisher-Hoch SP, Georges-Courbot MC, Lansoud-Soukate J, et al. Human asymptomatic Ebola infection and strong inflammatory response. Lancet. Jun 24 2000;355(9222):2210-5.
  • Roddy P, Howard N, Van Kerkhove MD, Lutwama J, Wamala J, Yoti Z, et al. Clinical manifestations and case management of Ebola haemorrhagic fever caused by a newly identified virus strain, Bundibugyo, Uganda, 2007-2008. PLoS One. 2012;7(12):e52986.
  • Amblard J, Obiang P, Edzang S, Prehaud C, Bouloy M, Guenno BL. Identification of the Ebola virus in Gabon in 1994. Lancet. Jan 18 1997;349(9046):181-2.
  • Swanepoel R, Leman PA, Burt FJ, Zachariades NA, Braack LE, Ksiazek TG, et al. Experimental inoculation of plants and animals with Ebola virus. Emerg Infect Dis. Oct-Dec 1996;2(4):321-5.
  • Johnson E, Jaax N, White J, Jahrling P. Lethal experimental infections of rhesus monkeys by aerosolized Ebola virus. Int J Exp Pathol. Aug 1995;76(4):227-36.
  • Allela L, Boury O, Pouillot R, Delicat A, Yaba P, Kumulungui B, et al. Ebola virus antibody prevalence in dogs and human risk. Emerg Infect Dis. Mar 2005;11(3):385-90.
  • Baize S, Pannetier D, Oestereich L, Rieger T, Koivogui L, Magassouba N, et al. Emergence of Zaire Ebola Virus Disease in Guinea – Preliminary Report. N Engl J Med. Apr 16 2014
  • Alsop Z. Ebola outbreak in Uganda “atypical”, say experts. Lancet. Dec 22 2007;370(9605):2085.
  • Barrette RW, Metwally SA, Rowland JM, Xu L, Zaki SR, Nichol ST, et al. Discovery of swine as a host for the Reston ebolavirus. Science. Jul 10 2009;325(5937):204-6.
  • Shoemaker T, Macneil A, Balinandi S, Campbell S, Wamala JF, McMullan LK, et al. Reemerging Sudan ebola virus disease in Uganda, 2011. Emerg Infect Dis. Sep 2012;18(9):1480-3.
  • Geisbert TW, Jahrling PB. Differentiation of filoviruses by electron microscopy. Virus Res. Dec 1995;39(2-3):129-50.
  • Huggins J, Zhang ZX, Bray M. Antiviral drug therapy of filovirus infections: S-adenosylhomocysteine hydrolase inhibitors inhibit Ebola virus in vitro and in a lethal mouse model. J Infect Dis. Feb 1999;179 Suppl 1:S240-7.
  • Smith LM, Hensley LE, Geisbert TW, Johnson J, Stossel A, Honko A, et al. Interferon-ß Therapy Prolongs Survival in Rhesus Macaque Models of Ebola and Marburg Hemorrhagic Fever. J Infect Dis. Jan 15 201
  • Sullivan NJ, Sanchez A, Rollin PE, Yang ZY, Nabel GJ. Development of a preventive vaccine for Ebola virus infection in primates. Nature. Nov 30 2000;408(6812):605-9.
  • Geisbert TW, Pushko P, Anderson K, Smith J, Davis KJ, Jahrling PB. Evaluation in nonhuman primates of vaccines against Ebola virus. Emerg Infect Dis. May 2002;8(5):503-




Sumber http://www.teoripendidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "KENALI HAL PENTING MENGENAI VIRUS EBOLA | INILAH BAHAYA VIRUS EBOLA DAN CARA PENCEGAHANNYA | SEJARAH VIRUS EBOLA| SPESIFIKASI VIRUS EBOLA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel