Contoh Soal UKG Bahasa Indonesia 2015
Bagi rekan-rekan yang ingin melihat contoh soal UKG Bahasa Indonesia 2015, inilah dia soal yang dimaksudkan tersebut.
1. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah...
A.sistematika tulisan
B.panjang tulisan
C.ragam bahasa yang digunakan
D.pengarang
E.Ada 3 jawaban benar
A.sistematika tulisan
B.panjang tulisan
C.ragam bahasa yang digunakan
D.pengarang
E.Ada 3 jawaban benar
2. Rekomendasi untuk judul adalah
A.8-10 kata
B.10-12 kata
C.12-15 kata
D.15-30 kata
E.30-50 kata
A.8-10 kata
B.10-12 kata
C.12-15 kata
D.15-30 kata
E.30-50 kata
3. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
A.Pengukuran
B.Asesmen
C.Tes
D.Evaluasi
E.Semua benar
A.Pengukuran
B.Asesmen
C.Tes
D.Evaluasi
E.Semua benar
4. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A.acuan norma
B.acuan kriteria
C.gabungan
D.acuan norma atau kriteria
E.Semua jawaban benar
A.acuan norma
B.acuan kriteria
C.gabungan
D.acuan norma atau kriteria
E.Semua jawaban benar
5. Referensi memuat semua rujukan yang
A.pernah dibaca penulis
B.perlu dibaca pembaca
C.dimuat dalam badan tulisan
D.diperlukan dalam pengembangan tulisan
E.Semua jawaban benar
A.pernah dibaca penulis
B.perlu dibaca pembaca
C.dimuat dalam badan tulisan
D.diperlukan dalam pengembangan tulisan
E.Semua jawaban benar
6. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A.sikap penulis
B.panjang tulisan
C.struktur sajian
D.penggunaan bahasa
E.Tidak ada jawaban benar
A.sikap penulis
B.panjang tulisan
C.struktur sajian
D.penggunaan bahasa
E.Tidak ada jawaban benar
7. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar
8. Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A.Kemampuan berkomunikasi
B.Kemampuan memecahkan masalah
C.Pengembangan sikap
D.Penekanan pada generalisasi.
E.Semua jawaban salah
A.Kemampuan berkomunikasi
B.Kemampuan memecahkan masalah
C.Pengembangan sikap
D.Penekanan pada generalisasi.
E.Semua jawaban salah
9. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
A.memiliki unsur keterbaruan
B.dapat memecahkan suatu masalah
C.memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
D.tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
E.Ada 2 jawaban benar
A.memiliki unsur keterbaruan
B.dapat memecahkan suatu masalah
C.memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
D.tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
E.Ada 2 jawaban benar
10. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A.dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.praktis
C.dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.dapat mengetahui prestasi kelompok
E.Semua jawaban benar
A.dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.praktis
C.dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.dapat mengetahui prestasi kelompok
E.Semua jawaban benar
11. Tahapan PTK yang paling tepat adalah .....
A.perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B.refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C.perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D.refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E.perencanaan - Pelaksanaan – Analisis
A.perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B.refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C.perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D.refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E.perencanaan - Pelaksanaan – Analisis
12. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A.materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.Ada 2 jawaban benar
A.materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.Ada 2 jawaban benar
13. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A.panjang tulisan
B.nada tulisan
C.gaya tulisan
D.bahasa tulisan
E.Semua jawaban salah
A.panjang tulisan
B.nada tulisan
C.gaya tulisan
D.bahasa tulisan
E.Semua jawaban salah
14. Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
A.penilaiannya mutlak
B.subjek yang dinilai lebih terbatas
C.pedoman penilaian lengkap
D.lebih praktis
E.Semua jawaban benar
A.penilaiannya mutlak
B.subjek yang dinilai lebih terbatas
C.pedoman penilaian lengkap
D.lebih praktis
E.Semua jawaban benar
15. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.Tidak ada jawaban
A.Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.Tidak ada jawaban
16. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.catatan pelajaran siswa
B.catatan harian sikap siswa
C.hasil pekerjaan siswa
D.profil perkembangan siswa
E.Semua jawaban benar
A.catatan pelajaran siswa
B.catatan harian sikap siswa
C.hasil pekerjaan siswa
D.profil perkembangan siswa
E.Semua jawaban benar
17. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...
A.perencanaan dan penyusunan alat penilaian
B.penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
C.pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian
D.penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
E.Semua jawaban salah
A.perencanaan dan penyusunan alat penilaian
B.penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
C.pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian
D.penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
E.Semua jawaban salah
18. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E.Semua jawaban benar
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E.Semua jawaban benar
19. Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A.Kemampuan berkomunikasi
B.Kemampuan memecahkan masalah
C.Pengembangan sikap
D.Penekanan pada generalisasi.
E.Semua jawaban salah
A.Kemampuan berkomunikasi
B.Kemampuan memecahkan masalah
C.Pengembangan sikap
D.Penekanan pada generalisasi.
E.Semua jawaban salah
20. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A.Bujukan (persuasion)
B.Konfirmasi (confirmation)
C.Implementasi (implementation)
D.Pengembalian keputusan (decision making)
E.Tidak ada jawaban yang benar
A.Bujukan (persuasion)
B.Konfirmasi (confirmation)
C.Implementasi (implementation)
D.Pengembalian keputusan (decision making)
E.Tidak ada jawaban yang benar
Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal UKG Bahasa Indonesia 2015"
Posting Komentar