CARA MEMBUAT EFEK KAIN KUSUT DENGAN PHOTOSHOP

Belajar Membuat Tekstur Kain di Photoshop kali ini akan membahas tentang bagaimana kita membuat sebuah kain yang kusut atau bisa juga disebut tekstur kain dengan menggunakan fungsi Gradient, Blur, dan Adjusment tool pada photoshop. Tutorial kali ini saya rasa sangat bermanfaat bila kalian untuk dipelajari sebab semua jenis tekstur yang ada didunia dapat di tranformasikan kedalam desain dan akan memberikan kesan tertentu.

Sebelum memulai tutorial Membuat Efek Kain Kusut dengan Photoshop. maka saya akan memperlihatkan hasil dari tutorial kita, agar bisa jadi bahan pertimbangan bagi sobat semua.
Langkah membuat Efek Kain Kusut di Photoshop

Tutorial membuat tekstur ini adalah kelanjutan pelajaran untuk membuat tekstur di photshop. setelah sebelumnya kita belajar membuat tekstur kertas di photoshop. maka sekarang belajar membuat tekstur kain dengan photoshop.

Cara Membuat Eefek Kain Kusut Di Photoshop.

Step 1

Buat lembar kerja baru dengan ukuran 1000 x 1000 pixel.


Step 2

Usahakan Foreground dan Background anda Hitam putih dengan menekan D
Tekan G untuk mengaktifkan Gradient Tool atau bisa pilih ikonnya disebelah kiri toolbar. lalu gunakan gradient hitam ke putih, Mode pakai Diffence, lihat gambar dibawah.


Step 3

Sekarang tarik Miring untuk membuat gradient.
::Tips - tarik miring pulang balik sampai terbentuk pola seperti dibawah.
model yang kita hasilkan akan berbeda jadi, buatlah sesuai keinginan anda.

Step 4

Sekarang kita akan menghaluskan Gradient yang sudah kita buat tadi menggunakan metode Blurring.
Pergi ke Filter - Blur - Gaussian Blur, atur radiusnya 2. klik OK.
lanjutkan Pergi ke Filter - Blur - Surface Blur, atur Radius 25 dan Tresshold 45. ingat jika anda belum puas dengan pengaturan ini maka gunakan pengaturan anda sendiri. karna disini kita hanya menginginkan degradasi warna terlihat halus. Klik OK.

 Step 5

Membuat kapasitas warna Hitam, berkurang sedikit dan menambah kapasitas warna abu - abu.
Pergi ke Layer - New adjusment Layer - Levels, atur sesuai gambar dibawah.


Step 6 

Memberikan warna apapun yang kita mau pada Gradient kita tadi.
Pergi Layer - New Adjusment Layer - Color Balance.


Disini saya menginginkan gambar saya tadi berwana Ciant, jadi Pilihan pada tone berupa Shadows, Midtones dan Highlight saya geser ke Ciant. lihat gambar dibawah. jika ingin warna merah cukup geser ke merah semua pilihan.
Jika sudah sekarang anda bisa melihat hasilnya. dan susunan Layer akan terlihat seperti gambar dibawah ini. kapan pun anda bisa mengatur ulang Levels dan Color Balancenya dengan klik dua kali pada Layer Thumbnail.

Nah sekarang sobat sudah bisa membuat efek kain kusut sendiri di photoshop dan bisa menjadi tekstur pula. Semoga pertemuan kali ini akan menambah wawasan kita untuk lebih imajinatif dalam membuat hal baru pada Photoshop. jangan lupa share.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT EFEK KAIN KUSUT DENGAN PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel