CARA MEMBUAT WATERMARK DI PHOTOSHOP

Kali ini kita akan Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop pada gambar atau foto menggunakan 2 cara yaitu memanfaatkan Brush tool dan Pattern tool sebagai alat otomatis yang akan menyimpan file watermark kita. sebelumnya, bagi anda yang belum tahu apa itu Watermark dan fungsinya, maka saya akan jelaskan.

Watermark itu apa ya ??

Watermark jika diartikan kedalam bahasa indonesia adalah tanda air. maksudnya air disini adalah transparan atau bening sesuai sifatnya. jadi bisa dikatakan bahwa watermark adalah tanda yang samar melekat pada suatu gambar atau foto yang memiliki hak cipta.

Mengapa Harus pake watermark ? apa tidak mengurangi kualitas gambar ?

Bagi seorang Desainer grafis maupun Fotografer, watermark adalah sesuatu yang sangat penting dalam dunia publikasi, apalagi sekarang internet sudah merajai dunia karena dengan menambahkan watermark pada karya kita, akan menandakan kepada setiap khalayak yang melihatnya bahwa ini adalah milik kita, jadi sifat plagiat orang mungkin akan hilang sebab kita sudah membuat tanda hak milik didalamnya. dan ketika karya kita tetap di copy bebas oleh orang lain dan tanpa persetujuan maka kita berhak menuntut orang itu berdasarkan karya asli yang kita miliki.

Untuk masalah kualitas, memang akan terlihat mengganggu ketika kita tempelkan sesosok watermark ke dalam gambar. namun ada sebagian orang membuat watermark yang begitu transparan, sehingga sekilas seperti tidak ada apa - apa,jadi tidak begitu mengganggu keindahan gambar kita. sebenarnya semua tergantung dari anda, apakah ingin karya kita digunakan bebas di internet atau bahkan diperjual belikan tanpa ijin kita atau memberikan watermark sebagai tanda kepemilikan.

Berikut contoh gambar yang memiliki watermark, terdapat watermark di sebelah kiri bawah.
Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop CARA MEMBUAT WATERMARK  DI PHOTOSHOP
Gambar ini adalah milik keluarga besar S1-Arsitektur Universitas Haluoleo Kendari.
Sayapun sebagai penulis artikel jenis Tutorial selalu menggunakan teknik ini untuk menjaga kualitas blog agar tidak terdapat copian dari isi blog saya di blog lain tanpa persetujuan sumber link.

Untuk pembuatan Watermark di photoshop kali ini, saya akan memberikan 2 Cara ,yaitu melalui BRUSH dan PATTERN. silahkan ikuti baik - baik langkah - langkah di bawah.

Cara Membuat Watermark di Photoshop | Menggunakan Brush Tool 

#Pertama

Buatlah lembar baru dengan ukuran memanjang, karna kita akan menggunakan kata sebagai watermark. saya gunakan ukuran 450 x 80 pixel.
Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop CARA MEMBUAT WATERMARK  DI PHOTOSHOP

 #Kedua

Buatlah tulisan yang anda banggakan sebagai tanda kepemilikan. dibawah saya menggunakan nama web saya. usahakan layer yang ada hanya satu, jika background masih ada maka hapuslah.
Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop CARA MEMBUAT WATERMARK  DI PHOTOSHOP

 #Ketiga

Pergi ke Edit - Define brush preset. beri nama pada brushnya dan tekan OK.
sekarang watermark kita sudah siap pakai kapanpun kita mau.
Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop CARA MEMBUAT WATERMARK  DI PHOTOSHOP

 #Keempat

Buka;ah gambar yang ingin diberi watermark. lanjutkan tekan B untuk memanggil Brush tool. Beri opacity 50% "tergantung keinginan kita"pada brush agar terlihat transparan, klik kanan untuk memilih besar kecilnya. klik satu kali pada gambar dan lihat hasilnya.
- jadi setiap anda menginginkan watermark cukup gunakan Brush tool. gampang kan.

Cara Membuat Watermark di Photoshop | Menggunakan Pattern 

#Pertama

Buat lembar baru dengan ukuran 450 x 100 pixels. mengapa harus berukuran kecil ? karena kita hanya membuat pattern teks yang akan menghiasi gambar, sesuai kalimat yang di inginkan. watermark jenis ini paling baik untuk menjaga privasi. orang yang melihat langsung bisa mendapatkan informasi dengan membaca watermark teks pada gambar.
Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop CARA MEMBUAT WATERMARK  DI PHOTOSHOP

#Kedua 

Buat kalimat anda. setelah itu kita akan menggunakan kemiringan pada huruf dengan menekan CTRL T lalu miringkan gambar. ini hanyalah teknik photoshop tambahan saja.

#Ketiga

Pergi ke Edit - Define Pattern. kemudian isikan nama pattern. klik OK. maka pattern kita sekarang sudah jadi dan tersimpan di cache photoshop.

 #Keempat

Untuk penerapannya pada gambar, cukup Pergi ke Layer - New Fill layer - Pattern. maka akan muncul pengaturannya. cari pattern anda. skalakan pattern nya sesuai keinginan lalu klik OK. maka gambar langsung diselimuti watermark secara keseluruhan.
Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop CARA MEMBUAT WATERMARK  DI PHOTOSHOP

Agar tidak terlalu mengganggu penampilan gambar, silahkan buat watermark transparan. untuk membuatnya transparan, cukup kurangi Opacitynya pada Layer panel. selesai.

Belajar Cara Membuat Watermark di Photoshop CARA MEMBUAT WATERMARK  DI PHOTOSHOP

Selamat mencoba, semua itu adalah keperluan yang harus kita tahu dalam rangkan menjaga hasil karya seni kita.

Baca juga :; Cara membuat teks jadi brush photoshop

Semoga tutorial Cara Membuat  Watermark di photoshop kali ini bisa membuat kawan - kawan lebih berhati - hati untuk publikasikan hasil karyanya. terima kasih sudah berkunjung SAFRI ST mengucapkan Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT WATERMARK DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel