Nilai UN SMA Tahun 2016 Kota Ini Anjlok


Kabar kurang mengenakkan datang dari pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA di Kota Malang. Bagaimana tidak? Nilai rata-rata UN siswa SMA di Kota Malang turun hingga 30 persen.
Diketahuinya turunnya nilai UN SMA di Kota Malang ini setelah Rabu sore (4/5) lalu, Dinas Pendidikan Kota Malang mengambil hasil ujian di Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kota Malang Siti Ratna Wati mengatakan, seluruh perwakilan dinas pendidikan daerah sekaligus ketua MKKS (musyawarah kerja kepala sekolah) dikumpulkan di dinas pendidikan provinsi. Ratna menjelaskan, setelah menerima nilai dari disdik provinsi, disdik kota sesegera mungkin mengumpulkan seluruh kepala sekolah.

”Ternyata nilainya memang anjlok rata-rata nasional 30 persen, termasuk di Kota Malang. Kepala sekolah akan tetap dikumpulkan walaupun tanggal merah,” papar Ratna saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.
Hal tersebut harus segera dilakukan mengingat seluruh siswa harus sudah menerima pengumuman kelulusan hari Sabtu besok (7/5). Pengumuman tersebut harus serentak dari siswa SMA/SMK, SMALB, dan paket C.

Tak tanggung-tanggung, malam hari setelah kembali dari Surabaya, dikmen langsung menginstruksikan kepada kepala sekolah untuk berkumpul di SMAN 5. Dia mengungkapkan, setiap sekolah, nantinya harus mengakumulasikan hasil UN dan ujian sekolah setiap siswa. Lantaran UN bukan lagi menjadi penentu kelulusan. Pihak diknas juga berkali-kali mengatakan jika Kota Malang bukan mencari nilai, melainkan tingkat kejujuran.

Terpisah, Kepala SMAN 9 Abdul Tedy mengatakan, nilai rata-rata siswa SMAN 9 memang menurun dari tahun sebelumnya, terutama di bidang mata pelajaran Biologi. Menurutnya, menurunnya nilai siswa itu bukan karena sekolah tersebut tahun ini baru menyelenggarakan UNBK (ujian nasional berbasis komputer).
”Tapi itu termasuk hal yang positif, karena anak-anak lebih jujur dan memang tidak ada peluang menyontek atau bahkan isu soal bocor,” papar Tedy.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Malang Tri Suharno mengatakan, secara nasional memang ada penurunan. ”Tapi belum dirilis secara resmi datanya dan berapa persentasenya, kami belum tahu,” jelasnya.


Menurut Tri, sementara ini angka pasti berapa penurunan yang terjadi di Kota Malang belum dia kantongi. Hal tersebut sejatinya bakal diumumkan bersamaan dengan pengumuman kelulusan. ”Kita tunggu saja rilis resmi dari disdik,” pungkasnya.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "Nilai UN SMA Tahun 2016 Kota Ini Anjlok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel