Cara Membuat Efek Foto Kristal Di Photoshop

Salam sobat semua. pertemuan ini kita akan membahas tutorial mengenai cara membuat efek foto kristal di photoshop. dengan efek photoshop ini, gambar / foto akan termanipulasi menjadi susunan kristal. seperti kita ketahui bersama, bentuk dari kristal ialah bersegi banyak dengan lebih dari 4 sisi. kelebihan dari efek kristal memang akan membuat foto unik.

Agar sobat bisa lebih semangat, maka lihatlah dulu foto hasil dari tutorial photoshop kali ini. 

Setelah menguasai teknik membuat kristal di photoshop, saya yakin sobat akan membuat karya efek foto kristal yang lebih inspiratif lagi. pembelajaran hanyalah dasar untuk melaju ke tingkat yang lebih tinggi. 

Cara Membuat Efek Foto Kristal Di Photoshop

Langkah 1 | Buka Foto Di Photoshop

Buka photoshop, lalu pergi ke Menu File - Open dan carilah foto sobat yang ingin di edit. bisa juga tekan CTRL O. disini saya menggunakan foto sendiri yang di jepret oleh kamera hanphone.


Langkah 2 | Berikan Efek Find Edge

Duplikat layer foto dengan menekan CTRL J. lalu pastikan sedang bekerja pada layer duplikat. pergi ke Filter - Stylize - Find Edges. ganti Blend mode nya menjadi Linear Burn. Ganti nama layer menjadi Edges.


Langkah 3 | Berikan Efek Crystalize Photoshop

Duplikat lagi layer yang paling bawah dan taruhlah dia ke paling atas, dengan cara klik lalu drag ke atas. Pergi Filter - Pixelatte - Crystalize. berikan nilai 25 pada Cell size. Ok
Pengaturan Nnilai Cell size sebenarnya tergantung kualitas foto, jadi sobat berikan nilai sesuai selera. yang penting bentuk kristalnya tidak terlalu kecil.


Langkah 4 | Buat Bagian Utama Terlihat Jelas

Sekarang ubah nama layer paling atas menjadi Kristal. lanjutkan dengan mengganti Blend mode menjadi Lighten.

Aktifkan Erase Tool (E), Pilih ukuran penghapus dan berikan hardness 0 - 5 %. kemudian mulailah menghapus bagian yang ingin di perlihatkan secara jelas. contohnya bagian wajah. tetaplah hati hati agar gambar tetap alami. 

Langkah 5 | Tambahkan Efek Crosshatch Photoshop

Sekarang kita akan membuat bagian kristal lebih tajam lagi  dengan membuat sudutnya tambah kental. Pergi ke Filter - Brush Strokes - Crosshatch. berikan nilai :

  • Stroke length = 9
  • Sharpness = 6
  • Strength = 1, Ok.



Selesai

Nah sekarang foto kita sudah menjadi efek kristal. lumayanlah bagi pemula. walaupun teknik menggunakan efek photoshop sederhana namun hasilnya berkualitas.


Saran dari saya, jangan berhenti belajar ketika sudah mengetahui cara membuat efe foto kristal photoshop. silahkan perbanyak trik sobat dengan mengikuti tutorial dibawah ini :


Mungkin cuma itu yang bisa disampaikan kali ini. semoga tutorial photoshop tentang "cara membuat efek kristal di photoshop" bisa menambah inspirasi sobat semua. jika tutorial ini bermanfaat, apa salahnya untuk Share ke teman lainnya. Safri ST mengucapkan terima kasih - Assalamualaikum.


Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Efek Foto Kristal Di Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel