Konsep Update Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
Update data Emis di semester genap tahun pelajaran 2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari update data Emis pada semester ganjil yang lalu. Artinya, pusat data emis menggunakan kembali data hasil entri emis semester kemarin.
Data hasil semester ganjil tersebut dimunculkan kembali di laman upload emis online (http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617). Sehingga bagi lembaga yang pada semester ganjil kemarin telah mengupdate data dengan benar (tidak ada yang keliru) dan tidak mengalami perubahan data, maka operator RA/Madrasah tersebut cukup mengklik ulang tombol 'konfirmasi' di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617.
Intinya akan ada dua kelompok lembaga dengan status yang berbeda. Keduanya adalah :
1. Lembaga yang boleh langsung melakukan konfirmasi di emis online
Lembaga yang harus melakukan update data mulai dari awal, yakni mulai tahap pertama (entri Form Excel Emis), dilanjut tahap kedua, hingga tahap ketiga (Upload dan Konfirmasi Emis)
2. Lembaga yang Boleh Langsung Konfirmasi
Lembaga yang boleh langsung konfirmasi ini maksudnya adalah operator lembaga tersebut boleh untuk tidak melakukan tahapan-tahapan update emis sebelumnya. Tidak perlu melakukan entri data di Form Excel Emis, tidak perlu melakukan validasi (backup) dengan Aplikasi Desktop Emis, bahkan tidak perlu melakukan upload hasil backup emis.
Operator cukup login di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617 kemudian mengklik tombol "Konfirmasi". Ya, hanya mengklik tombol konfirmasi dan selesai.
RA dan Madrasah yang boleh seperti itu adalah lembaga yang memenuhi kedua kriteria berikut ini :
Data semester genap sama dengan semester ganjil, alias tidak ada perubahan
Tidak termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota). Lembaga yang Harus Update Emis dari Awal
Kondisi berbeda harus dijalani oleh lembaga dengan kriteria berikut ini :
Data semester genap mengalami perubahan. Baik perubahan data lembaga, data siswa, data lulusan, maupun data personal.
Termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota)
Lembaga ini harus melakukan update data emis seperti biasa yaitu melewati tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Entri offline melalui Form Excel Emis
2. Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis
3. Upload Emis dan Konfirmasi data secara online
4. Upload Hanya Data yang Salah Bagi lembaga yang harus melakukan update data emis dari tahap awal (entri form excel), saat melakukan upload file hasil validasi (backup) tidak harus mengupload seluruh hasil backup. Cukup pada bagian yang salah atau berubah saja.
Semisal sebuah lembaga mengalami perubahan data siswa sedangkan data lainnya (data lembaga, data personal, dan data lulusan) tidak berubah dan tidak salah, maka yang diupload cukup file backup siswa saja.
Belum ada Komentar untuk "Konsep Update Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017"
Posting Komentar