Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik Benar

Contoh surat izin tidak masuk Sekolah menjadi perhatian besar bila ingin membuat dengan formal dan resmi dan contohnya yang menjadi referensi.


 menjadi perhatian besar bila ingin membuat dengan formal dan resmi dan contohnya yang men Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik  Benar


Langsung, pada pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan mengenai beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah. Tapi sebelumnya, kami memberitahukan terlebih yang pertama yaitu cara dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah.


Surat izin termasuk ke dalam salah satu jenis surat pribadi karena dibuat oleh individu yang bersangkutan ataupun orang tua. Tapi yang memberitahukannya untuk guru atau wali kelas sebaiknya dilakukan oleh orang tua.


Meskipun termasuk surat pribadi, surat izin mempunyai format penulisan tertentu. Admin akan membahas tuntas terkait format penulisan surat izin sekolah dan beberapa contohnya.


Surat izin tidak masuk sekolah ini tidak selalu harus dibuat oleh orang tua atau wali murid. Siswa juga bisa membuat surat izinnya sendiri. Nah, apakah Anda sudah bisa membuat surat izin Anda sendiri? Jika sudah maka dibawah ini setidaknya tidak perlu lagi. Jika belum, Anda perlu memperhatikan penjelasan berikut ini.


Hal-hal yang harus dperhatikan dalam membuat surat izin?


Ini cara dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah


Tujuan membuat surat izin tidak masuk sekolah adalah untuk memberikan pemberitahuan kepada pihak sekolah bahwa siswa yang tercantum dalam surat tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya. Siswa yang berhalangan hadir tersebut bisa disebabkan oleh sakit, ada urusan keluarga, atau yang lainnya. Sebelum memberikan beberapa dari contoh surat izin tidak masuk sekolah, Yuk simak hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat izin berikut ini.




  1. Pengirim Surat




Nama pengirim surat wajib dicantumkan dalam surat izin. Jika surat izin ditulis oleh orang tua atau wali muridnya, nama pengirim yang harus ditulis adalah nama orang tua. Jika Anda menulis sendiri surat izin Anda, berarti nama pengirimnya adalah naman Anda.




  1. Alasan Izin




Surat izin yang baik harus mengungkapkan kejelasan alasan mengapa seseorang tidak bisa masuk sekolah. Anda tidak boleh membuat alasan bohong. Guru atau wali kelas mungkin bisa mengetahui apakah siswanya benar-benar tidak bisa hadir karena alasan yang mendesak atau hanya mencari-cari alasan saja.




  1. Alamat Tujuan




Bagian ini berisi informasi tentang kepada siapa surat izin ini ditujukan. Pada umumnya, surat izin ditujukan untuk wali kelas atau guru yang mengajar pada kelas tersebut. Jarang sekali ada surat izin yang ditujukan langsung untuk kepala sekolah.




  1. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar




Meskipun termasuk surat tidak resmi, surat izin wajib menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menulis surat izin tidak seperti ketika Anda menulis surat untuk teman Anda. Bahasa yang digunakan harus efektif, tidak bertele-tele, dan mudah dipahami.




  1. Format penulisan surat izin




Surat izin tidak masuk sekolah juga memiliki format penulisan tertentu yang wajib Anda pahami. Format penulisan surat izin adalah sebagai berikut.



  • Tanggal surat

  • Alamat tujuan surat

  • Salam pembuka

  • Kalimat pembuka / isi surat

  • Inti surat / alasan / tujuan

  • Kalimat akhir / penutup

  • Salam penutup

  • Nama terang dan tanda tangan


Contoh surat izin tidak masuk sekolah


Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis surat izin, inilah beberapa contoh surat izin sekolah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Langsung saja simak contohnya berikut ini.




  1. Surat izin tidak masuk karena sakit




Jakarta, 15 Februari 17




 


Kepada Yth.


Bapak/Ibu Guru


SMA Pemuda Bangsa


di Jakarta


 


Dengan hormat,


Dengan surat ini, kami ingin memberitahukan bahwa putra kami yang bernama Hasanuddin Rumi, kelas XII IPA 2, pada Rabu, 15 Februari 2017 tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit. Putra kami harus beristirahat total selama tiga hari. Oleh karena itu, kami memohon izin kepada Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas XII IPS 2.


Demikian surat izin yang dapat kami sampaikan. Saya berharap Bapak/Ibu guru dapat memaklumi dan memberikan izin. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, kami mengucapkan terima kasih.


 


Hormat kami,


Orang Tua atau Wali Murid


(tanda tangan)


Firdaus Putra Ramadhan


Baca juga, artikel sudah ada: contoh surat sakit sekolah << DISINI




  1. Contoh surat izin tidak masuk karena pergi




Bekasi, 15 Februari 17


 


Kepada Yth.


Bapak/Ibu Guru Pengajar


SMA Putra Bangsa


di Bekasi


 


Dengan hormat,


Kami selaku orang tua atau wali murid dari:


 


Nama Siswa : Fitri Akhir Ramadhani


Kelas              : XI IPA 2


Alamat            : Jalan Jenderal Soedirman No. 123, Bekasi


 


ingin memberitahukan bahwa putri kami berhalangan hadir di sekolah dikarenakan pergi. Kami membawa putri kami mengunjungi neneknya yang sedang sakit. Oleh karena itu, saya berharap Bapak/Ibu Guru bisa memakluminya.


Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu Guru, kami mengucapkan terimakasih.


 


Hormat Kami,


Orang tua/Wali Murid


(tanda tangan)


 Suhartono Ramdhan




  1. Contoh surat izin tidak masuk karena urusan keluarga




Purwokerto, 15 Februari 2017


 


Kepada Yth.


Bapak/Ibu Guru


Kelas X IPA 2 SMA Pendidikan


di Purwokerto


 


Dengan Hormat,


Saya selaku wali murid dari Rudi Hartono ingin memberitahukan bahwa putra kami tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan ada pernikahan kerabat di Jakarta. Saya meminta izin untuk hari Rabu, 15 Februari 2017 sampai dengan hari Kamis, 16 Februari 2017. Oleh karena itu, saya sangat berharap Bapak/Ibu guru bisa memakluminya.


Demikian surat izin ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu Guru dan juga Wali Kelas X IPA 2 SMA Pendidikan, saya mengucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Wali Murid


(tanda tangan)


 Rusdi Hartono Wahid


Tiga contoh surat izin sekolah sebagai contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan berbagai izin surat yang sudah tertera di atas. Contoh surat izin tidak masuk sekolah ada sederhana dan tambahan penyampaian. Tentu, untuk buat surat izin tidak masuk sekolah haruslah dengan baik dan benar keadaan. Mulai sekarang, setiap kali Anda tidak masuk sekolah, usahakan selalu membuat surat izin. Terlalu banyak membolos dapat mempengaruhi nilai Anda di sekolah.


Itu saja yang dapat masukuniversitas.com informasikan. Demikian informasi dari contoh surat izin tidak masuk sekolah. Bila ada kekurangan kata serta kalimat dari tulisan ini mohon dengan sangat hormat maklum yah. Tentu, Admin menantikan saran baik dari pembaca sekalian.


Selamat beristirahat, beraktifitas dan selamat belajar.


 


Sumber:


sahabatnesia.com/contoh-surat-izin-tidak-masuk-sekolah/


ilmusiana.com/2016/03/4-contoh-surat-izin-tidak-masuk-sekolah.html


contohsuratmakalah.blogspot.co.id/2016/03/contoh-surat-izin-tidak-masuk-sekolah.html



Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel