Pengertian Advertising, Jenis Dan Perkembangan Iklan Dunia

Pengertian Advertising Beserta Jenisnya - Assalamualaikum. salam sejahtera sobatku semua. kali ini saya akan membahas tuntas tentang Iklan dalam dunia bisnis, serta bagaimana mereka bisa tumbuh begitu pesat di era digital sekarang ini. pasti sobat pernah mengeluh ketika membuka blog yang memiliki banyak iklan, atau menonton TV yang banyak iklannya. 
 kali ini saya akan membahas tuntas tentang Iklan dalam dunia bisnis Pengertian Advertising, Jenis Dan Perkembangan Iklan Dunia

Dalam dunia bisnis,pasti selalu ada persaingan antara perusahan satu dengan lainnya. semakin berkembangnya jaman, maka timbullah beberapa ide untuk mempromosikan produk mereka, yaitu dengan iklan. sampai akhirnya muncullah perusahaan yang bekerja khusus dibidang periklanan tersebut. jangan ditanya lagi, bisnis advertising memang sangat tinggi omsetnya. contohnya periklanan milik Google, yaitu Google adword dan Adsense.

Apa itu Advertising ?

Advertising (Periklanan) adalah aktifitas atau profesi yang menghasilkan informasi untuk mempromosikan penjualan produk ataupun jasa dari perusahaan maupun perseorangan. Sedangkan menurut Wikipedia, Advertising adalah bentuk audio atau visual untuk komunikasi penjualan yang disponsori, pesan umum untuk mempromosikan atau menjual produk, ide dan layanan.

Publisher dan Advertiser

Dalam dunia periklanan, sobat harus mengetahui 2 istilah utama ini, karena inilah faktor terjadinya aktifitas periklanan.

Publisher dalam bahasa indonesia Penerbit, jadi definisinya bisa sangat luas. namun kalau dalam dunia periklanan, Publisher adalah jasa yang mampu menerbitkan iklan kepada khalayak.

Advertiser ( Pemasang iklan) adalah kliken atau orang yang akan memasarkan produknya menggunakan jasa publisher diatas.
Jadi tanpa Advertiser, publisher tidak akan bisa ada begitupun sebaliknya. keduanya adalah hal yang tidak bisa dipisahkan.
Contohnya : saya mempunyai produk makanan ringan (kerupuk). lalu ingin mempublikasikan melalui tv tentang, agar orang bisa sadar bahwa "ternyata ada kerupuk enak disana". sayapun pergi ke tono yang bisa menerbitkannya. alhasil, seminggu kemudian iklan saya bisa tampil pada televisi. 

Dari contoh diatas, bisa disimpulkan bahwa saya adalah advertisernya dan tono adalah publishernya.

Perkembangan Iklan Seluruh Dunia

Sejak dahulu iklan sudah digunakan, namun masih dalam kesadaran terbatas. dimana setiap orang pasti akan membiasakan dirinya untuk mempelajari sesuatu. dengan sadarnya pihak tertentu akan dampak dari iklan, maka timbullah inisiatif untuk mempromosikan barang ataupun jasa mereka melalui jasa periklanan (advertising). 

Di era digital sekarang ini, perkembangan dunia periklanan sudah bisa dirasakan sekali. soalnya, mulai dari iklan audio, media cetak dan online sampai versi mobile (hand phone) sudah bisa didapatkan. namun apakah sobat tahu, jenis iklan apa yang paling banyak digunakan didunia ? berikut saya lampirkan tabel tentang perbandingannya. 
 kali ini saya akan membahas tuntas tentang Iklan dalam dunia bisnis Pengertian Advertising, Jenis Dan Perkembangan Iklan Dunia
en.wikipedia.org/wiki/Advertising

Dari gambar tabel diatas, periklanan televisi menduduki peringkat pertama dengan nilai 34% dari seluruh iklan yang ada didunia.

Perlu diketahui bahwa, iklan televisi memang banyak namun mengalami penurunan sejak tahun 2015. sama seperti iklan online jenis dekstop yang berkurang sekitar 1%. 

Pelakunya adalah Periklanan Mobile, dimana populasi pengguna Smartphone sudah semakin banyak. sejalan dengan itu, periklanan online juga memang menjadi surga bagi pemasang iklan, karena setiap orang bisa bermain denga handphone -nya 5 jam perhari.

Jenis Iklan Media

Iklan juga dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, seperti berikut :

Iklan Media Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang dibuat menggunakan teknik cetak. pembuatannya biasa mengunakan teknik cetak sablon, inkjet, letterpres, laser dan lain-lain. adapun alat yang digunakan adalah printer, mesin foto copy, mesin laser dan sebagainya.

Bentuk dari iklan media cetak bisa berupa koran, baliho, billboard, majalah, spanduk, poster, dll. berdasarkan luasan iklan (space), dapat dibedakan lagi menjadi 3, yaitu :
  • Iklan baris, yang isinya hanya berupa teks denga batas baris yang ditentukan. biasanya 3 - 12 baris. paling banyak terdapat pada koran harian. 
  • Iklan kolom memiliki luasan lebih besar dari pada iklan baris dan juga bisa menampilkan gambar.
  • Iklan Display merupakan iklan yang paling besar dari 2 jenis diatas. biasanya dipakai untuk premium atau lebih mahal bayarannya. seperti pada majalah satu halaman.

Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah iklan yang promosinya menggunakan alat-alat elektronik. iklan ini juga bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni:

1. Iklan Radio

Iklan ini bentuknya audio, tidak bisa dilihat melainkan cuma di dengar. iklan audio ini harus dibuat sebaik dan seimajinatif mungkin, agar pendengar bisa membayangka produk yang disampaikan tersebut.

Iklan Radio dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  • Ad lib - iklan yang disampaikan langsung oleh penyiar radio. rata-rata durasi iklannya maksimal 60 detik.
  • Spot - iklan disampaikan dengan teknik rekaman. jadi prosesnya harus dibuat matang terlebih dahulu kemudian hasil rekamannya akan disiarkan melalui radio.
  • Sponsor Program - pesan yang disampaikan langsung oleh sponsor. 
2. Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan yang ditampilkan pada siaran tv. bentuk iklannya berupa perpaduan gambar, suara, gerakan yang menghasilkan video. iklan TV masih menjadi yang terpopuler hingga saat ini, melihat target penonton yang tidak ada henitnya.

Iklan televisi juga dapat dibagi menjadi 13 jenis, sebagai berikut:
  • Live Action - Video klip hasil perpaduan gambar, gerak dan suara secara serempak.
  • Animation (animasi) - iklan yang dibuat berdasarkan bentuk 2d dan 3d yang menghasilkan kartun. biasanya targetnya untuk produk anak.
  • Stop Action - iklan ini memiliki efek dramatik, membuat penonton penasaran terhadap alur ceritanya. dibuat dengan perpaduan live action dan teknik animasi.
  • Superimposed - iklan yang ditampilkan pada bagian pojok, jadi acara tetap berjalan seiring iklan muncul pada layar.
  • Musik - promosi yang dibuat dalam bentuk lagu atau alunan musik untuk memperkuat pesan dari iklan.
  • Sponsor program - iklan tv yang disiarkan pada program tertentu, dimana pengiklan membayar agar iklannya ditampilkan pada acara pilihannya. sering terlihat pada acara favorot televisi.
  • Running text - iklan berjalan, isinya hanya berupa teks yang berjalan dari kanan ke kiri pada bagian bawah layar, sementara acara masih tetap berjalan.
  • Caption - iklan yang hampir sama denga superimposed, namun bentuknya hanya berupa teks saja. biasanya digunakan untuk mendukung iklan property.
  • Property edorsement - iklan ini berwujud konsultasi langsung pada acara televisi, menggunakan model artis. misalnya memberikan pertanyaan dan jawabanya adalah pesan yang berisi iklan.
  • Backdrop - iklan yang ditampilkan dalam bentuk latar belakang pada sebuah acara. 
  • Credit title - iklan yang ditampilkan ketika acara tv sudah selesai, denga judul sponsor atau lainnya.
  • Ad lib - iklan televisi yang disampaikan langsung oleh pembawa acara.
  • Promo ad - iklan dibuat untuk mempromosikan acara-acara tertentu pada siaran tv. iklan ini dibuat oleh pengelola televisi itu sendiri. tujuannya agar acaranya bisa dilihat oleh lebih banyak penonton lainnya.
3. Iklan Film

Iklan film adalah iklan yang ditampilkan pada trailer film sebelum di rilis. kebanyakan iklan yang tampil adalah berupa film yang mau tampil selanjutnya. misalnya pada trailer film "Headshot", maka dibagian akhirnya juga terdapat kalimat. "tunggu juga kehadiran headshot 2".

4. Iklan Online (media digital)

Iklan online merupakan iklan populer di era digital ini. soalnya walapun menggunakan hp android, kita juga akan mendapatkan iklan terselip pada aplikasi. iklan ini juga bisa dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain:
  • Website - Iklan yang berbentuk website, dimana semua unsur yang ada merupakan bagian dari iklan. biasanya digunakan oleh perusahaan tertentu untuk lebih muda dihubungi, misalnya profile perusahaan.
  • Banner dan Tombol - iklan yang ditampilkan pada blog maupun website tertentu. biasanya penempatan iklan ditaruh sesuai tempat terbaik pada template situs, agar pengunjung mudah melihatnya.
  • Sponsorship - iklan yang ditampilkan pada sebuah website sesuai perjanjian denga sponsornya. 
  • Classified ads - iklan yang berwujud teks seperti iklan baris, namun kebanyakan isinya lebih singkat lagi. ketika di klik akan langsung mengarah ka halaman tujuan.
  • E-mail - iklan yang berbentuk email. iklan ini paling banyak menimbulkan spam pada dashboard email kita.
5. Iklan Luar Ruangan ( Out Door )

Iklan out door jenis elektronik adalah iklan yang targetnya berada diluar ruangan. iklan ini merupakan inovasi dari media cetak out door pada era digital. perkembangannya memang sudah sangat pesat, namun hanya terdapat pada negara-negara berkembang dan maju, dikarenakan menggunakan listrik dan teknologi terbaru. ada beberapa jenis iklan luar ruangan, yaitu :
  • Display - iklan ini terdapat pada layar-layar di luar ruangan. misalnya 
  • Mobile billboard - perpaduan antara iklan billboard tradisional dan transit.
  • Iklan transit - iklan yang ditampilkan dengan memanfaatkan sarana umum masayarakat, misalnya kereta api, bus dan lain-lain. selain itu juga terdapat pada halte, stasiun, terminal dan bandara. bentuknya bisa berupa balihon elektronik besar, yang bisa menampilkan lebih dari satu iklan bentuk video.
Sekian dulu pertemuan hari ini, semoga pembahasan tentang advertising ini bisa menambah wawasan sobat semua. terima kasih sudah mampir - Assalamualaikum.

Baca juga:


Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Advertising, Jenis Dan Perkembangan Iklan Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel