Perbedaan Ukuran Kertas A3+ (plus) Dan A3 Biasa

Assalamualaikum. Kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Ukuran Kertas A3+ (plus) Dan A3 Biasa, agar sobat bisa membedakannya. jangan sampai suatu saat berhadapan dengan kertas ukuran seperti, lalu menyangkanya benar dan akhirnya salah mencetak. misalnya mengira ini ukuran A3 ternyata adalah A3+.

Setelah sebelumnya saya sudah memeberikan referensi tentang "Ukuran Standar Kertas Dalam cm, inchi dan pixels". maka kali ini, adalah pembahasannya yang lebih menjurus, yakni perbedaan A3 dan A3+. berikut contoh gambarnya.
 jangan sampai suatu saat berhadapan dengan kertas ukuran seperti Perbedaan Ukuran Kertas A3+ (plus) Dan A3 Biasa
Ukuran Kertas A3 dan A3+
Gambar diatas sudah cukup untuk menjelaskan perbedaan ukuran kertas A3 dan A3+. namun lebih baiknya, baca beberapa informasi dibawah sebagai tambahan referensi.

Ukuran Kertas A3 + A4

Kertas ukuran A3 merupakan ukuran kertas yang sering digunakan oleh Arsitek, Kontraktor, Desainer Grafis, dan lain-lain untuk mencetak hasil pekerjaan mereka. yang paling sering saya lihat dipakai untuk mencetak Gambar Teknik dalam dunia konstruksi ataupun arsitektur. dengan ukuran A3 kita lebih mudah membaca gambar yang ada didalamnya.

Ukuran Kertas A3 adalah 29.7 x 42 cm, jika di konversikan kedalam Inchi : 11.69 x 16.54 Inchi. sedangkan ukuran kertas A3 dalam pixels adalah 3510 x 4960 pixels (300 dpi), pakai ukuran tersebut jika ingin mendesain dengan photoshop ataupun aplikasi grafis lainnya.

Ukuran Kertas A3+ (plus)

Seiring berkembangnya teknologi dan dunia digital printing, maka diproduksilah ukuran kertas A3+ yang lebih besar dari ukuran A3 standar. banyak dipakai pada industri grafika atau dunia percetakan.

Mengapa harus dibuat ukuran A3+ ? ukuran ini sangat berguna bagi kalangan desainer dalam dunia desain grafis selebihnya lihat contoh kasus dibawah.

Ukuran Kertas A3+ adalah 32 x 48 cm, dalam inchi 12.6" x 18.9", sedangkan dalam pixels adalah 3780 x 5669 pixels (300 Dpi).

Fungsi Kertas A3+

Dalam dunia desain grafis, pastilah desainer akan berhadapan dengan cetak-mencetak hasil desain. misalnya dalam pembuatan brosur ataupun flyer. 

Contoh kasus :

Ketika membuat desain brosur pada photoshop menggunakan ukuran A3, semua bagian pada lembaran diberikan warna ataupun desain. jadi ketika di cetak menggunakan printer, maka kertas harus dipenuhi dengan tinta. jika sobat menggunakan kertas ukuran A3 standar, maka printer akan sulit menjangkau bagian pinggir kertas, ada juga yang bisa tapi tidak baik kualitasnya.

Maka dari itu, dengan adanya kertas A3+, hasil cetakan masih ada bagian yang kosong dipinggirannya, dan kualitas cetakan tidak terganggu. finishingnya bisa memotong bagian pinggir  kertas tersebut dengan gunting maupun alat pemotong lainnya.

Kalau jalan-jalan di tempat produksi flyer dan brosur, pasti akan terlihat banyak potongan kertas persegi panjang. sebagian dari itu adalah sisa pinggiran kertas A3+ maupun A4+.

:: Contoh ini adalah sebagian dari fungsi kertas A3+, sebenarnya masih banyak lagi
.

Bagamana membedakan kertas A3+ dan A3 biasa

Jika suatu saat berhadapan dengan salah satu kuran kertas tersebut, maka buktikan dulu apakah ukurannya sudah pas atau tidak. 

Misalnya ragu ketika mendapat satu lembar ukuran kertas A3, kemudian teman kalian mengatakan itu adalah A3+. cobalah mencari kertas ukuran A4 2 lembar, kemudian jejerkan. lalu taruhlah 2 kertas tersebut diatas kertas A3, kalau ukurannya sama berarti itu adalah A3 biasa, jika ukurannya lebih besar maka itu adalah ukuran A3+.

Selebihnya bisa menggunakan mistar untuk mengukurnya, sesuaikan dengan ukuran standar masing-masing kertas tersebut.
Sekian dulu yah pertemuan hari ini, semoga perbedaan ukuran kertas A3+ dan A3 diatas bisa membantu kalian. terima kasih - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Ukuran Kertas A3+ (plus) Dan A3 Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel