Pendidikan Indonesia, Belajar Arkeologi Serta Keragaman Budaya Melalui Tempat Tinggal Peradaban

Intipendidikan.com - temuan-temuan arkeologi mempunyai nilai-nilai krusial peradaban masa lalu.  Peradaban masa kemudian merupakan akar budaya bangsa sebagai kapital pemahaman akan kebinekaan buat  memperkuat karakter bangsa. Arkeologi pun mampu sebagai bahan ajar yg menarik bagi siswa. Karena itu kementerian pendidikan serta kebudayaan (kemendikbud) mengaktualisasikan I sebagai materi ajar melalui tempat tinggal   peradaban.



Ketua sentra penelitian arkeologi nasional (puslitarkenas), i made geria berkata, tempat tinggal   peradaban artinya keliru satu cara kemendikbud dalam mengaktualisasikan hasil-yang akan terjadi penelitian arkeologi untuk penguatan karakter bangsa. “karakter keragaman bangsa indonesia dengan akulturasi dan  toleransi terbentuk bertenaga sejak dulu. Tinggal bagaimana kita mengaktualisasikannya menjadi materi ajar,” ungkapnya dalam seminar nasional pendidikan dan  kebudayaan pada kantor kemendikbud, jakarta, (23/lima/2017).

Rumah peradaban adalah sarana edukasi serta pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi buat memberikan pemahaman wacana sejarah dan  nilai budaya masa lampau pada upaya melek budaya, pencerdasan bangsa, penumbuhan semangat kebangsaan, dan  asal inspirasi bagi pengembangan budaya yang berkepribadian. Peserta didik serta guru dapat mengakses rumah peradaban secara daring (online) di halaman http://rumahperadaban.Kemdikbud.Go.Id .

I made geria menuturkan, tempat tinggal   peradaban adalah media hubungan dan  edukasi, dimaksudkan buat mewujudkan literasi budaya, menumbuhkan  semangat kebangsaan serta kebhinekaan, menaikkan kecerdasan  bangsa, dan  menjadi sumber inspirasi   bagi pengembangan budaya yg berkepribadian indonesia. Aktivitas rumah peradaban keliru satunya merupakan kunjungan lapangan bagi anak didik-anak didik sekolah di situs-situs arkeologi.

Melalui kunjungan lapangan itu, mereka mampu belajar memaknai  nilai-nilai kehidupan masa lampau, menggunakan dipandu para peneliti arkeologi atau sejarawan.

“kunjungan lapangan ke situs-situs arkeologi ialah wujud berasal destinasi pendidikan. Kegiatan tersebut dibutuhkan dapat menumbuhkan toleransi di siswa,” ungkap i made geria.

Aktivitas lainnya dalam tempat tinggal   peradaban adalah diversifikasi media, yaitu media peraga pendidikan (tiruan dari benda-benda arkeologi) yang dibagikan ke sekolah serta menyusun buku pengayaan buat peserta didik.  Alternatif buat mengaktualisasikan hasil-hasil penelitian arkeologi artinya dengan improvisasi, yakni mengaktualisasikan budaya masa lalu buat desain batik.

Mengaktualisasikan arkeologi menjadi materi ajar menggunakan gaya populer tidak hanya dilakukan kemendikbud. Narasumber lain dalam seminar nasional pendidikan serta kebudayaan, mahandis  yoanata thamrin, editor national geographic magazine dan  national geographic traveler indonesia berkata, arkeologi artinya topik yang diminati pembaca.

Pada pandangan national geographic magazine, indonesia bagaikan harta karun menyimpan poly budaya yang belum tersibak misalnya tentang insan masa kemudian yang relevan dengan masa sekarang. “penyajiannya pada bentuk feature pendekatan menggunakan bercerita,” istilah mahandis. Dia berkata, bertutur di era visual ini jua mampu dilakukan dengan memuat foto yang bisa bercerita dan  ditampilkan pada media. Dibutuhkan, penyajian topik ihwal arkeologi  bisa disampaikan pada para pendidik dengan bahasa yg simpel dipahami pendidik serta siswa.

Sumber https://www.intipendidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "Pendidikan Indonesia, Belajar Arkeologi Serta Keragaman Budaya Melalui Tempat Tinggal Peradaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel