Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru
Selain Guru dan Kepala Sekolah, peserta SIM PKB juga mencakup para Pengawas Sekolah. Mereka juga harus mengikuti setiap kegiatan dalam PKB.
Salah satunya dengan ikut serta dalam Pre Test PKB. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua peserta program SIM PKB.
Untuk membantu anda dalam mengerjakan soal, berikut ini kami bagikan informasi mengenai Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru. Silahkan baca baik-baik ya:
Salah satunya dengan ikut serta dalam Pre Test PKB. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua peserta program SIM PKB.
Untuk membantu anda dalam mengerjakan soal, berikut ini kami bagikan informasi mengenai Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru. Silahkan baca baik-baik ya:
DIMENSI SUPERVISI MANAJERIAL
Kompetensi
Menguasai metode, teknik dan prinsip- prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolahIndikator
- Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
- Menerapkan metode supervisi manajerial
- Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
- Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Kompetensi
Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di sekolahIndikator
- Menganalisis kebutuhan program kepengawasan supervisi manajerial
- Membagankan program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
- Merancang program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
Kompetensi
Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan disekolahIndikator
- Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
- Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
- Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
- Menyusun instrument kepengawasan
- Mengunakan insrumen kepengawasan
Artikel Terkait: Kisi-kisi pre test PKB untuk Kepala Sekolah
Kompetensi
Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di sekolahIndikator
- Menganalisis hasil supervisi manajerial
- Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
- menyusun program tindaklanjut hasil kepengawassan
Kompetensi
Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolahIndikator
- Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
- Melaksanakan pembinaan dalam penyusunan administrasi sekolah
Kompetensi
Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolahIndikator
- Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
- Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
Kompetensi
Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolahIndikator
- Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi terhadap tugas pokoknya
- Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
Kompetensi
Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolahIndikator
- Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
- Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP
DIMENSI SUPERVISI AKADEMIK
Kompetensi
Menyusun rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana pengawasan bimbingan konseling (RPBK)Indikator
- Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
- Merumuskan tujuan supervisi akademik
- Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
Kompetensi
Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.Indikator
- Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
- Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Kompetensi
Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaranIndikator
- Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
- Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Kompetensi
Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.Indikator
- Membimbing guru menganalisis SK dan KD
- Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
- Membimbing guru dalam menentukan materi pelajaran.
- Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.
Kompetensi
Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.Indikator
- Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa
- Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
Kompetensi
Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.Indikator
- Membimbing guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
- Membimbing guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran
- Mengarahkan guru dalam menyusun materi pembelajaran
- Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran
- Membimbing guru menentukan sumber belajar
- Membimbing guru merancang penilaian hasil belajar.
Kompetensi
Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator
- Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
- Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
Kompetensi
Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.Indikator
- Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas pembelajaran.
- Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
- Membimbing guru menemukan media pembelajaran
Kompetensi
Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.Indikator
- Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
- Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
DIMENSI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
Kompetensi
Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
Indikator
- Membandingkan karakteristik berbagai pendekatan dalam penelitian
- Mengklasifikasi berbagai jenis penelitian
Kompetensi
Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawasIndikator
- Melatih kepala sekolah dalam mengidentifikasi masalah penelitian pendidikan
- Merumuskan masalah penelitian pendidikan
Kompetensi
Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatifIndikator
- Mencerahkan tujuan penelitian
- Menyusun landasan teori
- Menentukan metodologi penelitian
Kompetensi
Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnyaIndikator
- Memilih dan Mengembangkan instrumen penelitian
- Mengumpulkan data
Kompetensi
Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatifIndikator
- Mentabulasi data hasil penelitian
- Menganalisis data penelitian
- Menginterpretasikan data hasil penelitian
Kompetensi
Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikanIndikator
- Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
- Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) non hasil penelitian
- Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk perbaikan mutu pendidikan
Kompetensi
Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di sekolahIndikator
- Menyusun buku pedoman tugas kepengawasan
- Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
Kompretensi
Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruanIndikator
- Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
- Menemukan topik/judul PTK
Kompetensi
Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruanIndikator
- Merumuskan masalah penelitian PTK
- Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
- Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori yang berhubungan dengan topik penelitian
- Mencerahkan guru tentang tahapan siklus dalam PTK
DIMENSI EVALUASI PENDIDIKAN
Kompetensi
Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevanIndikator
- Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar
- Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran
Kompetensi
Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevanIndikator
- Membimbing guru dalam membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik peserta didik
- Membimbing guru dalam mengkategorikan aspek-aspek penilaian yang sesuai dengan tuntutan pencapaian kompetensi dasar
- Melatih guru dalam menentukan aspek-aspek penting yang dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran/ bidang pengembangan
Kompetensi
Menilai kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaranIndikator
- Menentukan aspek-aspek penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
- Memilih perangkat penilaian yang tepat digunakan untuk menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
- Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya
Kompetensi
Memantau pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaranIndikator
- Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
- Menyimpulkan hasil pemantauan kinerja guru dalam pembelajaran
- Menilai tingkat kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran
Kompetensi
Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevanIndikator
- Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
- Mengarahkan guru dalam memanfaatka hasil analisis untuk menyusun program tindaklanjut
Kompetensi
Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolahIndikator
- Menyeleksi data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
- Menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
- Menyusun program tindak lanjut dalam rangka perbaikan kinerja yang bersangkutan
Belum ada Komentar untuk "Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru"
Posting Komentar