Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru

Selain Guru dan Kepala Sekolah, peserta SIM PKB juga mencakup para Pengawas Sekolah. Mereka juga harus mengikuti setiap kegiatan dalam PKB.

Salah satunya dengan ikut serta dalam Pre Test PKB. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua peserta program SIM PKB.

 peserta SIM PKB juga mencakup para Pengawas Sekolah Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru


Untuk membantu anda dalam mengerjakan soal, berikut ini kami bagikan informasi mengenai Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru. Silahkan baca baik-baik ya:

DIMENSI SUPERVISI MANAJERIAL

Kompetensi

Menguasai metode, teknik dan prinsip- prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah

Indikator

  • Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
  • Menerapkan metode supervisi manajerial
  • Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
  • Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah

Kompetensi

Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di sekolah

Indikator

  • Menganalisis kebutuhan program kepengawasan supervisi manajerial
  • Membagankan program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
  • Merancang program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah

Kompetensi 

Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan disekolah

Indikator

  • Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
  • Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
  • Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
  • Menyusun instrument kepengawasan
  • Mengunakan insrumen kepengawasan


Artikel Terkait: Kisi-kisi pre test PKB untuk Kepala Sekolah

Kompetensi

Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di sekolah

Indikator

  • Menganalisis hasil supervisi manajerial
  • Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
  • menyusun program tindaklanjut hasil kepengawassan

Kompetensi

Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah

Indikator 

  • Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
  • Melaksanakan pembinaan dalam penyusunan administrasi sekolah

Kompetensi

Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah

Indikator

  • Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
  • Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling

Kompetensi

Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolah

Indikator

  • Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi terhadap tugas pokoknya
  • Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah

Kompetensi

Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah

Indikator

  • Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
  • Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP

DIMENSI SUPERVISI AKADEMIK

Kompetensi

Menyusun rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana pengawasan bimbingan konseling (RPBK)

Indikator

  • Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
  • Merumuskan tujuan supervisi akademik
  • Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK

Kompetensi

Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.

Indikator

  • Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
  • Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran

Kompetensi 

Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran

Indikator

  • Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
  • Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran

Kompetensi

Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.

Indikator

  • Membimbing guru menganalisis SK dan KD
  • Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
  • Membimbing guru dalam menentukan materi pelajaran.
  • Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.

Kompetensi

Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.

Indikator

  • Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa
  • Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.

Kompetensi

Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.

Indikator

  • Membimbing guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
  • Membimbing guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran
  • Mengarahkan guru dalam menyusun materi pembelajaran
  • Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran
  • Membimbing guru menentukan sumber belajar
  • Membimbing guru merancang penilaian hasil belajar.

Kompetensi

Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.


Indikator

  • Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
  • Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur

Kompetensi

Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.

Indikator

  • Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas pembelajaran.
  • Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
  • Membimbing guru menemukan media pembelajaran

Kompetensi

Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.

Indikator

  • Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
  • Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

DIMENSI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

Kompetensi

Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan


Indikator

  • Membandingkan karakteristik berbagai pendekatan dalam penelitian
  • Mengklasifikasi berbagai jenis penelitian

Kompetensi

Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas

Indikator

  • Melatih kepala sekolah dalam mengidentifikasi masalah penelitian pendidikan
  • Merumuskan masalah penelitian pendidikan

Kompetensi

Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif

Indikator

  • Mencerahkan tujuan penelitian
  • Menyusun landasan teori
  • Menentukan metodologi penelitian

Kompetensi

Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya

Indikator

  • Memilih dan Mengembangkan instrumen penelitian
  • Mengumpulkan data

Kompetensi

Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif

Indikator

  • Mentabulasi data hasil penelitian
  • Menganalisis data penelitian
  • Menginterpretasikan data hasil penelitian

Kompetensi

Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan

Indikator

  • Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
  • Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) non hasil penelitian
  • Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk perbaikan mutu pendidikan

Kompetensi

Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di sekolah

Indikator

  • Menyusun buku pedoman tugas kepengawasan
  • Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan

Kompretensi

Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan

Indikator

  • Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
  • Menemukan topik/judul PTK

Kompetensi

Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan

Indikator

  • Merumuskan masalah penelitian PTK
  • Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
  • Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori yang berhubungan dengan topik penelitian
  • Mencerahkan guru tentang tahapan siklus dalam PTK

DIMENSI EVALUASI PENDIDIKAN

Kompetensi

Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan

Indikator

  • Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar
  • Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran

Kompetensi

Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan

Indikator

  • Membimbing guru dalam membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Membimbing guru dalam mengkategorikan aspek-aspek penilaian yang sesuai dengan tuntutan pencapaian kompetensi dasar
  • Melatih guru dalam menentukan aspek-aspek penting yang dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran/ bidang pengembangan

Kompetensi

Menilai kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran

Indikator

  • Menentukan aspek-aspek penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
  • Memilih perangkat penilaian yang tepat digunakan untuk menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
  • Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya

Kompetensi

Memantau pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran

Indikator

  • Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
  • Menyimpulkan hasil pemantauan kinerja guru dalam pembelajaran
  • Menilai tingkat kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran

Kompetensi

Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan

Indikator

  • Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
  • Mengarahkan guru dalam memanfaatka hasil analisis untuk menyusun program tindaklanjut

Kompetensi

Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah

Indikator

  • Menyeleksi data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
  • Menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
  • Menyusun program tindak lanjut dalam rangka perbaikan kinerja yang bersangkutan
Demikianlah informasi mengenai Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber https://www.panduandapodik.id/

Belum ada Komentar untuk "Kisi-kisi Pre Test PKB untuk Pengawas Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel