Cara Menyusun dan Menulis Teks Iklan, Slogan, dan Poster dengan Baik dan Benar Edisi Revisi 2016
IndoINT.com_ Teks iklan harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin. Tujuannya untuk mengarahkan perhatian sasaran iklan tertarik dengan produk barang, jasa atau acara yang ditawarkan; membuat sasaran iklan berhasrat memiliki produk yang ditawarkan; dan melakukan tindakan yang diharapkan. Teks iklan disusun tidak hanya berupa teks. Dengan semakin banyaknya media informasi, iklan kini sangat beragam, yaitu berupa gambar, audio, video, audio video, atau flash banner. Tujuan pemasangan iklan di media agar produk atau jasa tersebut dikenal, diminati, lalu dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara atau ketentuan dalam menulis iklan agar menarik minat sasaran iklan.
Berikut langkah-langkah tepat menyusun teks iklan
Berikut langkah-langkah tepat menyusun teks iklan
- Mendeskripsikan Objek Teks Iklan
Tentukan objek (barang, jasa, atau kegiatan) yang akan diiklankan, misalnya sepeda, rumah, komputer, lowongan pekerjaan, atau layanan masyarakat. Sebelum membuat teks iklan, deskripsikan terlebih dahulu objek yang akan diiklankan agar informasi yang disampaikan lengkap. Kamu juga harus mempelajari produk yang ingin diiklankandan mengetahui produk pesaingnya. Kemudian, kumpulkan ide-ide menarik dan kreatif. Kamu juga dapat menambahkan gambar-gambar hasil kreasi sendiri. Kamu dapat mengkreasikan hasil karyamu menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw, atau Corel Painter. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi menggambar online, seperti Sketchpad, PencilApp, AWW (A Ehiteboard Web), Sumopaint, Queeky Paint, Pencil Madness, Sketch and Paint, Draw Island, atau Slimber.
www.IndoINT.com
- Menentukan Media dan Bentuk Pemasangan Teks Iklan
Agar penyampaian iklan dapat mencapai sasarannya, pengemasan dan penyajian iklan harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti sasaran, media, tempatdan daya pemikat yang diusung oleh sebuah iklan. Pemasangan iklan itu sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk (langsung atau tidak langsung) dan dengan berbagai media (elektronik dan cetak). Pilihan bentuk dan media beriklan akan memengaruhi cara saji iklan serta biaya yang dikeluarkan. Semakin canggih mendia yang digunakan, semakin mahal biaya yang dibutuhkan, dan semakin tinggi pula kreativitas yang dituntut untuk membuat sebuah iklan.
- Mencatat Isi Pesan yang Ingin Disampaikan
- Menentukan Judul Teks Iklan
- Menyusun Kerangka Teks Iklan
- Membaca dan Meneliti Kembali Teks Iklan
Ada beberapa langkah dalam menyusun teks slogan sebagai berikut.
a. Menentukan fungsi teks slogan
Teks slogan berfungsi untuk mendidik masyarakat, memacu semangat, cita-cita, iklan komersial, atau propoganda politik.
b. Mengetahui secara pasti menjadi tujuan utama teks slogan
Teks slogan ditujukan untuk remaja, anak-anak. Atau orang dewasa. Syarat-syarat penulisan teks slogan sebagai berikut.
1) Jelas
Hubungan antara ungkapan yang dipilih dan objek yang dislogankan harus jelas. Teks slogan lampu merek Philips misalnya antara sifat lampu yang menerangi dan teks slogan ‘Terus terang, terang terus” memunyai hubungan dan kejelasan makna yang kuat.
2) Singkat
Kata-kata yang dipilih hendaknya singkat, tetapi mampu mengungkapkan pesan yang ingin di sampaikan.
3) Persuasif
Kata-kata yang digunakan dalam teks slogan hendaknya bersifat persuasif (mengajak/membujuk).
Langkah-langkah menyusun teks poster dengan baik sebagai berikut.
a. Menentukan jenis teks poster yang akan dibuat.
b. Memilih kata tepat dan unik untuk disusun menjadi kalimat menarik.
c. Menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat poster. Kalimat poster harus singkat, efektif, dan menarik sehingga mudah diingat.
d. Melengkapi kalimat tersebut dengan gambar menarik
Belum ada Komentar untuk "Cara Menyusun dan Menulis Teks Iklan, Slogan, dan Poster dengan Baik dan Benar Edisi Revisi 2016"
Posting Komentar