Pendidikan Indonesia Langkah-langkah Tarik Peserta Didik Online

Intipendidikan.com +Beberapa hari yang lalu Dapodik versi 2018 sudah dirilis dan sudah siap untuk diisi,  baik menginput siswa baru, menaikkan Kelas dan meluluskan siswa kelas 6 untuk Jenjang SD dan siswa kelas 9 untuk jenjang SMP.

Tidak seperti dulu,  kita menginput data dapodik untuk peserta didik baru secara manual,  tetapi sekarang karena semua jenjang sudah memiliki aplikasi Dapodik mulai dari PAUD sampai dengan tingkat SMA.


Hal ini sedikit membatu kita dalam memasukan siswa baru,  karena jika siswa kita sudah terdaftar di Aplikasi Dapodik PAUD,  kita tinggal menarik data peserta didik tersebut setelah  dikeluarkan dari aplikasi dalodiknya, hal ini hanya bisa kita lakukan secara online. Untuk cara lengkapnya simak ulasan dibawah ini.

Tarik Peserta Didik Online, selain mengurangi kekeliruan input data, juga meringankan pekerjaan operator sekolah. Hanya dengan beberapa klik saja data peserta didik berhasil dimutasikan ke sekolah tujuan. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1:
Silahkan login pada akun Operator Sekolah di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Pada halaman login pengguna dapodik, pilih login operator sekolah. Ketikkan username dan password sesuai aplikasi dapodik sekolah anda tanpa kode registrasi kemudian klik ikon "tanda panah warna putih" lingkaran merah.

Langkah 2:
Pada laman profil satuan pendidikan, klik tombol "tarik Peserta Didik". Masukkan alamat sekolah asal siswa Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Sekolah (bukan sekolah yang dituju)

Langkah 3:
Pada tabel peserta didik dibawahnya, masukkan salah satu data NISN/Nama Siswa/Nama Ibu Kandung dan selanjutnya klik tombol "CARI PESERTA DIDIK"

Langkah 4:
Klik tombol panah (Biru) agar data peserta didik masuk pada tabel konfirmasi. Selanjutnya klik tombol "Konfirmasi"

Langkah 5:
Terakhir lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik sekolah, maka secara otomatis data siswa baru akan terinput di aplikasi dapodik.

Gampangkan,  yang masih bingung untuk tarik peserta didik Online silahkan corat-coret di kolom komentar ya,  Demikian semoga membatu dan bermanfaat.

Jabat Erat Intipendidikan.com. 

Sumber https://www.intipendidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "Pendidikan Indonesia Langkah-langkah Tarik Peserta Didik Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel