Instrumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK 2017/2018

Instrumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK 2017/2018 ini merupakan perangkat akreditasi yang resmi dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional untuk Sekolah dan Madrasah untuk jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK. Dalam Instrumen Akreditasi 2017 ini berisi panduan umum untuk semua dokumen penting yang berkaitan dengan akreditasi sekolah sebagai langkah awal dalam mempersiapakn Akreditasi 2018.

Dalam Instrumen Akreditasi ini berisi Petunjuk Umum Akreditasi, Pernyataan Kepala Sekolah/ Madrasah dari sekolah yang akan diakreditasi, Data Identitas Sekolah/ Madrasah lengkap, Instrumen Isian yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yakni Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Penilaian.

 ini merupakan perangkat akreditasi yang resmi dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional  Instrumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK 2017/2018

Instrumen Akreditasi 8 Standar Nasional Pendidikan


Dari 8 SNP tersebut juga diberikan penjelasan mengenai bukti fisik untuk setiap standar yang terbagi kedalam 119 Instrumen untuk jenjang SD/MI, 124 Instrumen untuk SMP/MTs, 129 untuk Instrumen SMA/MA dan 133 Instumen untuk SMK. 



Dalam persiapan akreditasi sekolah bayak sekali yang harus dikerjakan mulai dari persiapan dokumen bukti fisik, keuangan, Tim, dll yang secara rinci dapat anda baca dibawah ini.
  1. Kepala sekolah/madrasah membentuk tim akreditasi yang terdiri atas kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah/ madrasah.
  2. Kepala sekolah/madrasah melakukan sosialisasi kegiatan akreditasi kepada seluruh warga sekolah.
  3. Tim akreditasi mempelajari dan menelaah seluruh butir instrumen akreditasi, instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung, serta petunjuk teknis pengisian instrumen.
  4. Tim akreditasi mengelompokkan dan mengklasifikasikan data dan dokumen masing-masing standar. 
  5. Tim akreditasi mengisi instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung, berdasarkan data dan dokumen sesuai dengan kondisi terkini sekolah/madrasah.
  6. Tim akreditasi mengisi instrumen akreditasi sesuai dengan petunjuk teknis pengisian instrumen berdasarkan data dan informasi pendukung yang ada di langkah 5 [sebelumnya].
  7. Tim akreditasi memindahkan hasil isian Instrumen Akreditasi dalam bentuk Format 3.1. sesuai dengan langkah 6 [sebelumnya].
  8. Kepala sekolah/madrasah menandatangani surat pernyataan akreditasi, yang terdapat pada Perangkat Akreditasi.
  9. Kepala sekolah/madrasah mengirimkan hasil isian Instrumen Akreditasi kepada BAP-S/M secara langsung atau melalui email, jasa pengiriman, dan UPA-S/M
  10. BAP-S/M menerima hasil isian Instrumen Akreditasi.
  11. BAP-S/M memberitahukan kepada sekolah/madrasah bahwa hasil isian Instrumen Akreditasi sudah diterima.

Semoga Instrumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK 2017/2018 ini dapat berguna bagi anda guru yang belum memiliki file ini. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD/ Mi, SMP/ Mts, dan SMA/ SMK/ MA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

Sumber http://www.rppkurikulum2013sdsmpsma.com/

Belum ada Komentar untuk "Instrumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK 2017/2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel