Prosedur Pendataan Emis Onlin Semester Ganjil 2018/2019
Adapun hal-hal yang perlu disiapkan dalam pendataan EMIS Online , antara lain :
A. BERKAS/DATABASE SISWA
- Berkas siswa meliputi fotokopi : KK, SKHUN, Ijazah, Akte Kelahiran, KKS/KPS, PKH, KIP, dll (Siapkan Scan berkas Asli berwarna bila perlu)
- Urutkan data berdasarkan Rombel dan No Absen di RA/Madrasah saat ini
- Cek NIS Lokal atau NISM, pastikan sudah sesuai antara absensi, leger, buku induk dan EMIS online yang sudah pernah terdata.
- Cek NISN online pada laman di sini)
- Input point 1-4 pada excel dengan format emis lama (contoh: RA, MI, MTs, MA) untuk dijadikan dasar sebagai database dan kelengkapan kearsipan Kesiswaan RA/Madrasah
- Tandai siswa yang mutasi masuk atau mutasi keluar, agar mempermudah dalam pencarian datanya,
- Tambahkan kolom pada formulir Excel Siswa: NPSN dan Nama Sekolah Asal/Sekolah Tujuan, NIS Lokal/NISM Sekolah Asal (bila dari Madrasah), Tanggal Mutasi, dan Alasan Mutasinya, lalu laporkan data tersebut ke Seksi Pendma
- Siapkan administrasi selengkap mungkin, bila ada siswa mutasi masuk/keluar (tata cara/prosedur di sini)
- Untuk siswa pindahan dari Luar Negeri diharapkan melakukan penyetaraan dan mengurus NISN melalui KBRI/DUBES
B. BERKAS/DATABASE PTK
- Fotokopi dan/atau scan asli berwarna Ijasah SD/MI s.d. Terakhir
- Fotokopi dan/atau scan asli berwarna KK terbaru
- Fotokopi dan/atau scan asli berwarna SK Pertama s.d Terakhir
- Fotokopi dan/atau scan asli berwarna SK PBM beserta lampirannya
- Fotokopi dan/atau scan asli berwarna Sertifikat Diklat 3 Tahun terakhir (bila ada)
- Fotokopi dan/atau scan asli berwarna Sertifikat Toefl atau Tes kebahasaan (bila ada)
- Fotokopi rekening dan bukti penerimaan tunjangan profesi 3 Tahun terakhir (bagi sergur)
- Fotokopi rekening dan bukti penerimaan tunjangan fungsional/insentif 3 Tahun terakhir (bagi non sergur yang pernah menerima)
- Input point 1-8 pada excel dengan format emis lama (contoh di sini) untuk dijadikan dasar sebagai database dan kelengkapan kearsipan PTK RA/Madrasah
- Bila ada Mutasi PTK/Pindah Satminkal, maka siapkan Surat Keterangan Mutasi, baik mutasi masuk maupun mutasi keluar
- Tambahkan kolom pada formulir Excel PTK: NPSN dan Nama Sekolah Asal/Sekolah Tujuan, NIGNP Sekolah Asal (bila dari Madrasah), Tanggal Mutasi, dan Alasan Mutasinya
C. BERKAS/DATABASE KELEMBAGAAN
- Formulir emis lama di sini
- Kondisi Bangunan/Ruang yang perlu dilaporkan, meliputi : Pondasi, Slop Kolom Balok, Plester Struktur, Kuda-kuda Atap, Kase Atap, Reng Atap, Atap/List Plang/Talang, Rangka Plafon, Bata/Dinding, Daun Jendela, daun Pintu, Kusen, Tutup Lantai, Instalasi Listrik, Instalasi Air, Drainase, Finishing Struktur, Finishing Plafon, Finishing dinding, Finishing Kusen
LANGKAH-LANGKAH PENGERJAAN EMIS
A. SISWA
B. PTK
LAIN-LAIN :
- Buat rombel kelas sesuai jumlah yang ada pada lembaga
- Pastikan nama dan jumlah siswa yang ada pada aplikasi emis sesuai dengan database excel yang sudah dipersiapkan
- Pastikan ejaan nama siswa, tempat tanggal lahir, nama orang tua, dan nisn sudah valid
- Masukkan siswa madrasah dengan menu siswa baru (madrasah)
- Masukan siswa dari sekolah diknas dengan csv/ menu siswa baru ( umum)
- Cek siswa baru pada siswa aktif apakah sudah masuk atau belum
- Pindahkan siswa sesuai rombel terbaru saat ini
- Mutasikan siswa sesuai prosedur :
- Pilih siswa -> klik siswa bersangkutan -> klik aksi -> mutasi -> isi NPSN, Nama Madrasah tujuan, Tanggal pindah, dan Alasan
- Cetak surat mutasi lalu serahkan ke Seksi Pendma
"segala edit data siswa harus dilaporkan ke kabupaten, maka hindari input data secara sembarang atau asal masuk, bila ada kesalahan/perbaikan lebih dari 3x, maka system EMIS akan memblokir"
B. PTK
- Gambaran pengerjaan EMIS PTK Online Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 lihat di sini
- Cek dan isikan detail isian ruang (termasuk yang ada di dalam sub menu)
- Lengkapi/update isian ruang yang ada saat ini, karena bila tidak diisi lengkap, maka data emis tidak bisa sinkron dengan SIM/Aplikasi online lainnya
LAIN-LAIN :
- Setelah Proses Siswa/PTK (Aktifasi, Mutasi, Non Aktif) segera laporkan ke Pendma untuk mendapat persetujuan
- Siapkan mental yang baik dan kondisi badan dengan stamina yang cukup baik, jangan paksakan bila kondisi semakin memburuk
- Sebaiknya buat TIM dalam persiapan dan pengerjaan EMIS (tidak sendiri)
- Sebaiknya menggunakan jaringan internet dengan bandwidth yang tinggi (10 MBPS atau di atasnya lebih baik) dan Laptop/PC tanpa virus (Processor Core i3 atau di atasnya, RAM 4GB atau di atasnya lebih baik)
- Perbanyak DO'A dan ISTIGHFAR
- Semoga Sukses,, Aaamiin..
Belum ada Komentar untuk "Prosedur Pendataan Emis Onlin Semester Ganjil 2018/2019"
Posting Komentar