Teknik fotografi bokeh atau blur yang bisa dicoba dengan mudah

Ada banyak teknik fotografi yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto menarik. Bahkan, teknik ini juga bisa diterapkan untuk berbagai jenis kamera. Salah satu teknik fotografi yang bisa anda gunakan seperti bokeh atau efek blur. Teknik ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna sosial media seperti Instagram. Efek yang ditimbulkan akan membuat orang lain terpesona. Apalagi bila anda menerapkan titik fokus dari salah satu objek yang cukup unik. Hal itu akan membuat foto terlihat sangat mengesankan. Untuk memaksimalkan teknik fotografi bokeh atau blur sebaiknya pertimbangkan juga spesifikasi dan jenis kamera yang digunakan.

Sebelum anda menggunakan teknik fotografi bokeh atau blur sebaiknya kenali dulu defenisi dari teknik ini. Bokeh merupakan asal kata yang berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti membuat menjadi kabur. Defenisi ini yang membuat banyak fotografer profesional atau pemula menggunakan efek blur yang akan menampilkan titik fokus terlihat sangat tajam. Bahkan, konsep blur juga bisa menjadi background tanpa harus menghilangkan berbagai sisi warna dan elemen. Hal lain yang harus anda ingat adalah efek dari bokeh sendiri berasal dari penggunaan lensa. Ini yang membuat banyak vendor smartphone merilis produk terbaru dengan kamera ganda yang mendukung fitur bokeh. Jangan khawatir, karena teknik seperti ini juga bisa anda gunakan untuk kamera digital profesional atau kamera saku.
 Ada banyak teknik fotografi yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto menarik Teknik fotografi bokeh atau blur yang bisa dicoba dengan mudah

Konsep sederhana untuk teknik fotografi bokeh atau blur

Penggunaan kamera digital profesional dianggap memudahkan anda untuk mendapatkan berbagai teknik yang menarik. Bahkan, anda juga bisa melakukan eksperimen untuk memaksimalkan efek melalui spesifikasi dan penggunaan lensa. Cara seperti ini dianggap akan menghasilkan foto yang sangat maksimal. Efek bokeh juga bisa anda dapatkan melalui penggunaan kamera digital profesional. Namun, ada beberapa pengaturan tambahan yang harus disesuaikan dengan fitur dari kamera itu. Anda tidak perlu khawatir karena pengaturan itu juga tidak terlalu sulit. Biasanya pengaturan ini juga disesuaikan dengan titik fokus atau objek utama yang anda gunakan. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan efek bokeh seperti:

1. Melakukan pengaturan mode

Teknik fotografi bokeh atau blur dimulai dengan melakukan pengaturan mode pada kamera. Anda harus menerapkan mode manual untuk kamera dsrl yang digunakan. Cara seperti ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan pengaturan fitur yang lebih baik. Bahkan, mode manual pada kamera juga akan memberikan keleluasaan pada detail lensa yang digunakan. Pengaturan ini bisa anda dapatkan dengan memilih setting aperture. Lakukan perubahan angka pada aperture yang lebih besar dan ukuran ikon F pada kamera yang lebih kecil.

2. Atur jarak antara objek dan latar belakang

Pengaturan jarak juga sangat dibutuhkan untuk mendapatkan efek bokeh. Biasanya pengaturan ini akan disesuaikan dengan menempatkan objek yang sesuai. Tentukan jarak ideal dengan melakukan perhitungan pada jarak di depan objek dengan jarak di belakang objek utama. Bisanya detail belakang objek utama akan menjadi background yang menarik. Bahkan, pengambilan jarak saat anda menggunakan kamera itu juga bisa memberikan pengaruh yang sangat besar pada hasil foto.

3. Gunakan lensa ideal

Penggunaan lensa memberikan pengaruh yang sangat besar untuk memaksimalkan efek bokeh. Cobalah menggunakan lensa yang memiliki penyesuaian aperture yang lebih besar. Biasanya beberapa fotografer mencoba untuk menggunakan lensa 55-200. Lensa seperti ini dianggap memiliki focal length yang cukup baik untuk menangkap objek dengan teknik bokeh. Selain itu, beberapa fotografer juga menyarankan untuk menggunakan fixed lens. Lensa seperti ini tidak memiliki pengaturan zoom. Sehingga memudahkan anda untuk menentukan jarak yang bisa disesuaikan dengan sangat mudah.

4. Pilih objek dengan kontras menawan

Anda harus tahu bahwa objek utama yang akan ditangkap kamera sebenarnya memiliki pengaruh yang sangat besar. Ada banyak pilihan objek yang bisa anda gunakan. Namun, sebaiknya pilih objek yang memiliki detail kontras lebih besar. Hal ini untuk membuat tampilan foto menarik saat bagian pada background dikaburkan. Bahkan, anda juga bisa menggunakan objek yang tidak memiliki warna sama dengan background.

Teknik fotografi bokeh atau blur dengan kamera saku biasa

Sebenarnya efek bokeh juga bisa anda dapatkan dari perangkat kamera lain yang cukup sederhana seperti kamera saku biasa. Beberapa kamera saku biasa saat ini juga sudah didukung dengan banyak fitur yang bisa disesuaikan untuk mendapatkan efek bokeh maksimal. Namun, anda juga harus memperhitungkan detail objek yang digunakan. Cara seperti ini dianggap akan memberikan hasil foto yang lebih baik. Beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk teknik fotografi bokeh atau blur pada kamera saku biasa seperti:

1. Menggunakan pilihan mode ideal

Beberapa kamera digital saku sederhana biasanya memiliki aperture priority. Pengaturan ini bisa anda gunakan untuk mendapatkan mode Macro atau Potrait. Pengaturan ini memudahkan anda agar bisa menangkap objek dengan detail yang lebih baik meskipun memiliki ukuran lebih kecil. Tentu saja detail ini juga harus disesuaikan dengan spesifikasi dari kamera saku itu.

2. Hindari penggunaan flash

Salah satu tips mudah yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan efek bokeh adalah menghindari penggunaan flash. Sebenarnya cara seperti ini untuk menangkap objek utama yang lebih baik dan membuat detail blur pada background terlihat sangat maksimal. Untuk memudahkan teknik seperti ini cobalah menggunakan tambahan alat seperti tripod. Hal ini agar pencahayaan dari background juga tidak terhalang.

3. Memilih objek

Objek utama yang anda gunakan tentu saja memberikan pengaruh terhadap hasil efek bokeh. Biasanya objek yang digunakan tidak akan memiliki kontras yang berlebihan dibandingkan dari background. Bahkan, anda juga bisa melakukan perubahan kontras melalui pengaturan diafragma hingga ISO dari kamera saku itu. Ini dilakukan agar jarak dari objek utama dengan background juga tidak terlalu jauh. Sehingga anda lebih mudah untuk menentukan posisi yang baik saat menangkap objek utama itu.

4. Mengatur jarak objek

Detail jarak pada objek utama dan background juga dianggap akan mempengaruhi hasil foto. Anda bisa menggunakan pengaturan tambahan pada objek utama. Biasanya ada perhitungan ideal yang bisa disesuaikan dari objek utama dengan background. Hal ini juga disesuaikan dengan ukuran dari objek utama. Bila anda menempatkan objek utama terlalu dekat dengan background biasanya akan membuat efek bokeh tidak tampil maksimal. Begitu juga sebaliknya hindari penempatan objek yang terlalu jauh dari background.

5. Memilih background yang ideal

Cobalah pilih background yang memilih tekstur dan kontras warna yang baik. Biasanya tekstur yang terlihat sangat mencolok akan memudahkan anda membuat tampilan objek utama sangat ideal. Efek blur yang anda gunakan pada background akan mendukung detail tekstur yang dimiliki pada objek utama.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Teknik fotografi bokeh atau blur yang bisa dicoba dengan mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel