Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik

Kontras warna dianggap akan menimbulkan efek berbeda dari setiap objek yang diambil melalui kamera digital. Sebagian fotografer menganggap bahwa semakin banyak kontras warna yang dihadirkan pada foto tentu saja menampilkan konsep yang sangat menarik. Namun, ada juga fotografer yang menganggap bahwa sebuah foto juga bisa memilki hanya 2 warna saja, yaitu hitam dan putih. Konsep foto black and white atau sering disebut dengan BW dianggap bisa terlihat sangat dramatis. Hal ini juga yang membuat beberapa fotografer membuat story atau konsep human interest dengan menggunakan teknik ini.

Beberapa profesi yang melibatkan fotografer seperti jurnalis memang sering menjadikan teknik foto ini menjadi pilihan utama. Foto-foto yang biasanya terlihat sangat sederhana akan memiliki detail cerita yang berbeda bila tampil dengan hitam dan putih. Namun, anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal untuk mendapatkan hasil foto yang diinginkan. Apalagi beberapa fotografer juga menawarkan tips memotret hitam putih untuk memudahkan proses pengambilan gambar.

6 tips memotret hitam putih dengan mudah


1. Mulailah dengan pengaturan mode warna

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan efek berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik
Tips memotret hitam putih dimulai dengan mengambil objek melalui pengaturan mode warna. Sebaiknya hindari pengambilan gambar pertama kali dengan mode Black and White. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan warna aslinya terlebih dahulu. Bila anda mengambil gambar dengan mode BW secara langsung biasanya akan mengganggu titik fokus hingga menghalangi anda mendapatkan komposisi yang ideal. Pengaturan mode warna ini akan menggunakan detail RGB atau Red, Green and Blue. Beberapa kamera digital juga sudah memiliki fitur untuk melakukan pengaturan ini.

Keuntungan lain dalam memulai pengambilan gambar dengan mode warna adalah stok foto yang bisa dikonversi. Anda akan mendapatkan banyak stok foto dengan detail warna dan mudah untuk menerapkan evaluasi. Untuk memudahkan konversi dari foto bewarna menjadi black and white lakukan pengaturan RAW pada file. Settingan file seperti ini dianggap akan memberikan kemudahan untuk melakukan perubahan format warna.

2. Perhatikan pengaturan ISO

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan efek berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik
Anda harus tahu bahwa penggunaan mode hitam putih atau BW pada pengambilan gambar melalui kamera digital biasanya cenderung memiliki noise yang tinggi. Distorsi seperti ini biasanya tampil dengan banyak bintik atau dot dengan skema hitam putih. Bahkan, bintik atau dot yang muncul biasanya lebih banyak dibandingkan dengan format full color pada mode normal. Hal ini terjadi karena adanya integrasi warna asli dengan pengaturan pada kamera yang tidak sesuai. Itu akan membuat hasil foto terlihat sangat buruk.

Untuk meminimalisir bintik hitam putih yang muncul sebaiknya lakukan pengaturan ISO pada kamera. Beberapa fotografer menyarankan untuk menggunakan ISO yang sangat rendah untuk menghindari distorsi atau kemunculan dot berlebihan. Semakin rendah pengaturan ISO yang anda gunakan akan mengurangi bintik hitam putih. Namun, hal ini juga disesuaikan dengan kondisi objek utama yang anda ambil.

Pada beberapa kondisi, kemunculan dot atau bintik hitam putih pada foto memang disengaja. Hal ini sering dilakukan oleh para fotografer jurnalistik. Kesan dramatis akan menjadi bagian penting dari konsep foto human interest. Biasanya foto ini juga dilengkapi dengan story dari latar belakang pada foto itu.

3. Andalkan pencahayaan ideal

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan efek berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik
Pencahayaan mengambil peran aktif dalam tips memotret hitam putih. Anda bisa mendapatkan hasil foto yang sangat mengesankan tentu saja dengan penggunaan pencahayaan yang ideal. Meskipun pengambilan gambar ini menggunakan konsep hitam putih, sebenarnya pencahayaan sangat dibutuhkan. Namun, detail pencahayaan seperti ini biasanya disesuaikan dengan komposisi yang anda gunakan.

Kesan menarik dan dramatis dari sebuah foto hitam dan putih atau BW akan membutuhkan pencahayaan dari samping. Pengaturan ini sering disebut dengan sidelighting. Beberapa fotografer mencoba untuk menampilkan sisi yang lebih gelap dari objek dengan menempatkan pencahayaan tambahan di sisi lainnya. Mode pencahayaan ini biasanya lebih mudah dilakukan di dalam studio. Namun, bila anda akan melakukan pengambilan luar ruang cobalah pada waktu siang dan sore hari. Pencahayaan pada waktu itu sangat ideal dan memudahkan pengambilan posisi dari objek utama.

4. Gunakan banyak komposisi

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan efek berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik
Komposisi juga mengambil peranan penting dari hasil foto black and white. Biasanya rekomendasi seperti ini memberikan peluang yang cukup besar bagi anda untuk menentukan objek ideal. Ada banyak detail komposisi yang bisa anda gunakan. Namun, penerapan komposisi seperti ini juga disesuaikan dengan detail objek yang digunakan. Komposisi yang paling mudah anda gunakan biasanya saat mengambil gambar landscape. Objek yang ditampilkan akan didukung dengan latar belakang yang menarik. Namun, kesan yang ditimbulkan biasanya tidak terlalu dramatis.

Eksperimen lain yang bisa anda gunakan dalam detail komposisi seperti ini tentu saja berlaku untuk objek lainnya. Misalnya saja anda menggunakan konsep human interest dengan objek manusia di satu lokasi. Gunakan komposisi framing yang melibatkan beberapa detail objek lain di sekitar objek utama. Detail seperti ini juga akan menampilkan tekstur black and white yang sangat ideal. Biasanya pengambilan gambar ini memberikan sisi yang lebih gelap. Warna yang menonjol itu membuat detail foto lebih hidup.

5. Perhatikan kondisi sekitar objek

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan efek berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik
Kondisi dari sekitar objek juga bisa mempengaruhi hasil foto black and white. Konsep dari foto yang dihadirkan menjadi bagian penting terhadap detail yang diinginkan. Pada saat anda melakukan pemotretan di luar ruang sebaiknya gunakan waktu yang ideal. Biasanya beberapa fotografer selalu mengambil foto BW dengan memanfaatkan situasi mendung. Detail foto ini bisa dilakukan pada objek landscape. Kesan mendung menambah cerita dramatis untuk objek yang diambil. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan waktu saat matahari terbit dan terbenam agar detail BW menjadi lebih maksimal.

Tips memotret hitam putih lainnya adalah dengan menggunakan objek yang berbeda untuk pengambilan gambar di studio. Objek seperti ini biasanya memiliki desain atau ukuran yang unik. Bahkan, anda juga bisa menggunakan model di studio agar mendapatkan hasil foto BW yang lebih baik. Detail pemotretan ini akan membutuhkan pencahayaan. Anda bisa menggunakan pengaturan lighting tambahan yang ditempatkan di salah satu sisi studio.

6. Konsep human interest selalu menarik

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan efek berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik
Untuk mendapatkan cerita foto Black and White yang lebih baik tentu saja anda harus menggunakan konsep yang ideal. Konsep foto seperti ini tidak bisa menggunakan konsep yang umum. Salah satu konsep yang selalu disarankan biasanya dengan mengambil cerita human interest. Biasanya objek yang akan anda dapatkan berkaitan dengan tradisi, budaya hingga sosial. Konsep seperti ini memang sering menjadi pilihan utama dari fotografer profesional. Anda juga bisa mencoba untuk melakukan pengambilan gambar seperti ini. Buatlah konsep yang matang untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Lakukan riset pada objek utama yang akan anda ambil.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Tips memotret hitam putih agar terlihat sangat menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel