CONTOH LAPORAN PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA 2019

Download Laporan Program Induksi Guru Mata Pelajaran dan Guru Bimbingan dan Konseling - Hal ini wajib dilaksanakan bagi Guru Pemula atau CPNS yang ingin menuju PNS. Sebagai syarat mutlak maka saya akan memberikan pengalaman saya terkait CPNS Guru Induksi Pemula. Terkait dengan laporan memang banyak versi namun pada intinya sama. Sebelum kalian download filenya kita bahas dulu apa itu Program Induksi.

Jadi Program Induksi Guru Pemula (PIGP) adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan  berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran/bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada sekolah/madrasah di tempat tugasnya. Guru pemula adalah guru yang baru pertama kali ditugaskan melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah  daerah, atau masyarakat.
Download Laporan Program Induksi Guru Mata Pelajaran dan Guru Bimbingan dan Konseling CONTOH LAPORAN PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA 2019

A. Tujuan PIGP
Pelaksanaan PIGP bertujuan untuk  membimbing guru pemula agar dapat:
a) beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah; dan
b) melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah.

B.   Manfaat PIGP Terkait dengan Status Kepegawaian
Program induksi dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan fungsional guru bagi guru pemula yang berstatus calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS) mutasi dari jabatan lain.  Bagi guru pemula yang berstatus bukan PNS, PIGP dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan guru tetap. 

C. Prinsip Penyelenggaraan PIGP
Program induksi guru pemula diselenggarakan berdasarkan prinsip:
  1. keprofesionalan: penyelenggaraan program yang didasarkan pada kode etik profesi,   sesuai bidang tugas;
  2. kesejawatan: penyelenggaraan atas dasar hubungan kerja dalam tim;
  3. akuntabel: penyelenggaraan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik; dan
  4. berkelanjutan: dilakukan secara terus menerus dengan selalu mengadakan perbaikan atas hasil sebelumnya.

D. Peserta PIGP
Peserta PIGP adalah:
a) guru pemula berstatus CPNS yang ditugaskan pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pemerintah  daerah;
b) guru pemula berstatus PNS mutasi dari jabatan lain; atau
c) guru pemula  bukan PNS yang ditugaskan pada sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat.

D. Hak Guru Pemula
Guru pemula berhak:
  1. memperoleh bimbingan dalam hal:
  2. perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses dan hasil pembelajaran, bagi guru kelas dan guru mata pelajaran;
  3. perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil proses bimbingan dan konseling, bagi guru bimbingan dan konseling;
  4. pelaksanaan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
  5. memperoleh salinan lembar hasil observasi pembelajaran yang telah ditandantangani oleh      pembimbing atau kepala sekolah dan pengawas sekolah.
  6. memperoleh dukungan dari sekolah dalam meningkatkan kompetensi dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  7. memperoleh laporan hasil penilaian kinerja guru pemula;
  8. memperoleh sertifikat bagi guru pemula yang telah menyelesaikan PIGP dengan nilai kinerja paling kurang kategori baik.

E. Kewajiban Guru Pemula
Guru pemula memiliki kewajiban:
  1. merencanakan, melaksanakan pembelajaran/bimbingan dan konseling yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran/bimbingan dan konseling, serta melaksanakan perbaikan dan pengayaan;
  2. melaksanakan pembelajaran antara 12 (dua belas) hingga 18 (delapan belas) jam tatap muka per minggu bagi guru mata pelajaran/guru kelas, atau beban bimbingan antara 75 (tujuh puluh lima) hingga 100 (seratus) peserta didik bagi guru bimbingan dan konseling.

F. Tempat dan Waktu Pelaksanaan 
Program Indiksi guru pemula dilaksanakan di satuan pendidikan tempat guru pemula bertugas selama 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang paling lama 1 (satu) tahun.

G. Tanggung Jawab Pihak Terkait dalam PIGP
Pihak yang terkait dalam pelaksanaan PIGP adalah guru pembimbing, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.


H. Sistematika Laporan PIGP

Laporan hasil pelaksanaan program induksi yang di susun oleh kepala sekolah/madrasah meliputi :

1. Data sekolah/madrasah dan waktu pelaksanaan program induksi;
a. Identitas Sekolah
b. Waktu Pelaksanaan Program Induksi

2. Data guru pemula peserta program induksi;
Identitas Guru Pemula

3. Deskripsi pelaksanaan pembimbingan oleh pembimbing;
Mendeskripsikan proses pembimbingan oleh pembimbing yang secara reguler dilakukan dari bulan ke-2 sampai bulan ke-9 minimal sebanyak 6 kali, yang meliputi : 
a. Tahap  Persiapan Pembimbingan
Mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan guru pembimbing pada tahap persiapan dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:
1)  Silabus / Assesment (Bimbingan dan Konseling)
2)  RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) / RPLBK (Bimbingan dan Konseling)
3)  Program Tahunan
4)  Program Semesteran
5)  Pelaksanaan proses pembelajaran
6)  Penilaian hasil pembelajaran
7)  Pengawasan proses pembelajaran 
b. Tahap Proses Observasi Pembelajaran
Mendeskripsikan Proses Observasi Pembelajaran yang dilakukan seminggu sekali selama 9 bulan (. Proses  observasi  yang digambarkan meliputi;  kegiatan pra  observasi,  kegiatan observasi dan kegiatan pasca observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;
1) Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah Lembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
2) Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah Lembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
3)  catatan dan rekomendasi guru pembimbing pasca observasi

4. Deskripsi pelaksanaan pembimbingan oleh kepala sekolah dan pengawas;
a) Tahap  Persiapan Pembimbingan
Deskripsikan kegiatan yang dilakukan kepala sekolah pada tahap persiapan dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:
1) Silabus
2) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3) Program Tahunan
4) Program Semesteran
5) Pelaksanaan proses pembelajaran
6) Penilaian hasil pembelajaran
7) Pengawasan proses pembelajaran 
b) Tahap Proses Observasi Pembelajaran
Deskripsikan tahapan Proses Observasi Pembelajaran yang meliputi;  kegiatan pra  observasi,  kegiatan observasi dan kegiatan pasca observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;
1) Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah dan Lembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
2) Dokumen Lembar penilaian Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah dan Lembar Refleksi Pembelajaran   yang digunakan oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
3)  catatan dan rekomendasi kepala  sekolah/madrasah pasca observasi
4)  persetujuan Kepala sekolah/madrasah dan guru pemula yang dibuktikan dengan petandatangan persetujuan kedua belah pihak. 

5. Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula yang menyatakan kategori Nilai Kinerja Guru Pemula (Amat Baik, Baik, Cukup, Sedang dan Kurang), ditandatangani Kepala Sekolah/Madrasah dan pengawas sekolah/madrasah; 

Silahkan Klik di bawah ini Contoh Laporan Program Induksi
>>DOWNLOAD INDUKSI GURU MAPEL<<
>>DOWNLOAD INDUKSI GURU BK<<

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Belum ada Komentar untuk "CONTOH LAPORAN PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel