Cara Latihan Operan Jarak Jauh Permainan Bola Basket

Untuk melakukan latihan shooting jarak jauh dapat dilakukan dengan latihan-latihan sebagai berikut:

1. Latihan  Operan Jarak Jauh

Pelaksanaan latihan: Bentuklah empat kelompok yang masing-masing menempati stu sudut lapangan permainan. Pemain 1 dari kelompok melakukan dribbling sampai garis tengah lapangan. Sementera pemain pertama dari kelompik dua berlari cepat digaris lemparan bebas yang di seberang menerima operan jauh dari pemain 1. Melakukan dribbling lalu melakukan  under the basket shoot. Begitu selesai pemain kelompok  tiga dan empat. Pemain tiga dan empat sama melakukan latihan  kea rah berlawanan, begitu seterusnya.

Tujuan latihan ini adalah melatih operan jauh secara tepat kepada teman seregu yang sedang berlari, sebagai persiapan untuk serangan cepat.

2. Latihan Operan Jarak Jauh Segitiga

Tiga regu diatur sesuai dengan diagram. Bola dioperkan dari satu garis ke tengah kemudian dilanjutkan ke sudut dua, dan dari sana kembali ke sudut satu. Pemain yang telah melakukan operan, langsung berpindah ke posisi paling belakang dalam deretannya. Segala jenis operan boleh dilakukan.
Tujuan latihan ini adalah agar pemain yang berdiri bebas mendapatkan operan jauh yang dilakukan dengan tepat.

3. Latihan Operan Jarak Jauh Tiga Lawan satu

Tiga pemain berdiri berjejer pada posisi garis akhir lapangan. Seorang pemain yang bertahan berdiri di garis tembakan bebas di seberang lapangan. Pemain yang menempati posisi tengah  dari barisan penyerang melakukan under the basket shoot atau mengoper bola lagi. Setiap serangan dimulai lagi ketika para pemain bertukar posisi. Sehingga masing-masing tengah sesekali menjadi pemai.
Tujuan latihan operan tiga lawan astu adalah untuk mengenali pemain mana yang berdiri bebas.

4. Latihan Operan Jarak Jauh Tiga Lawan Dua

Pelaksanaan seperti nomor tiga, tetapi sekarang regu penyerang menghadapi dua pemain yang bertahan  (defender). Pemain tengah melakukan dribbling sambil maju lalu mengoper ke samping pada saat disergap. Pemain sayap yang mendapatkan operan meneruskan bola pada pemain sayap yang satu lagi pada ia di serang oleh penjaga dua. Kalau tidak mendapat serangan ia sendiri yang melakukan shooting.

5. Latihan Operan Jauh

Pemain di bagi menjadi dua kelompok yang seimbang. Pemain pertama kelompok I mengoper pada pemain pertama kelompok II, yang pada saat itu menuju basket seberang. Setelah itu dengan membawa bola menggabungkan diri di belakang deretan kelompok I. Sedang pemain pertama dari kelompok yang tadi mengoper bola, mengabungkan diri di belakang derertan kelompok II dan seterusnya.
Tujuan latihan operan jauh adalah melatih operan jauh pemain yang yang sedang menerima operan sedang berlari cepat.

6. Latihan  Serangan Cepat Tanpa Pertahanan

Cara melakukan latihan adalah pemain (1) melakukan dribbling di tempat, melakukan operan jauh pada pemain (2) yang sedang berlari kea rah basket seberang. Pemain I lari sampai garis tengah, lalu berputar lari ke basket sendiri. Pemain (2) melakukan under the basket shoot, mengambil bola dan melakukan dribbling dua kali lalu mengoper bola jauh ke pemain (1) yang juga kemudian melakukan under the basket shoot. Pada saat pemain (2) melakukan tembakan, pasangan yang berikutnya sudah bergerak.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Cara Latihan Operan Jarak Jauh Permainan Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel