Latihan Meningkatkan Kemampuan Dribbling Bola Basket

Bentuk-bentuk latihan dribbling  dalam bermacam-macam situasi seperti dribbling dengan bertukar tangan , dribbling beranting (estafet), pergantian tempat dan sebagainya. Latihan ini diutamakan pemain tidak mengarahkan pandangannya ke bola, sehingga dalam permainan yang sesungguhnya pemain bisa melihat dengan lebih baik dengan bebas atau lawan yang muncul dengan tidak terduga. Penting pula disini bahwa pada saat dribbling, bola harus selalu dilindungi  dari kemungkinan sergapan lawan, bola dilindungi oleh tubuh dan mata tidak memandang kea rah bola, sehingga dengan begitu ia bisa memperhatikan situasi permainan dengan lebih baik. Untuk meningkatkan kemampuan dribbling pemain bola basket dapat melalui latihan-latihan sebagai berikut.

1. Latihan Dribbling  segi empat

Sekelompok pemain beriringan membawa bola  dengan tangan kanan mengelilingi ruangan. Setelah satu putaran arah dribbilg berbalik dan bola dibawa dengan tangan kiri. Tujuan latihan dribbling segi empat adalah agar pemain bola basket dapat menguasai dribbling dengan tangan kanan dan kiri.

2. Latihan Dribbling sambil melingkar

Secara berturut-turut para pemain membawa bola dengan tangan kanan, berputar mengelilingi petak tembakan bebas dan lingkaran tengah. Pada saat berputar, muka menghadap ke tengah lingkaran. Setelah itu  dribbling dilakukan dengan tangan kiri. Berputar mengikuti arah jarum jam.
Tujuan latihan dribbling sambil melingkar adalah melatih agar para pemain mempunyai kemampuan medribbling bola basket sambil melingkar.  Latihan mula-mula dilakukan dengan tangan kanan kemudian ganti dengan tangan kiri.

3. Latihan dribbling dengan pola slalom

Sebelum latihan dimulai, buatlah beberapa rintangan misalnya kursi ditata berjejer seperti lawan yang sedang mencegat. Karena itu dribbling dilakukan dengan berganti-ganti tangan sambil berusaha latihan melindungi bola dengan tubuh dari kemungkinan direbut lawan. Latihan ini dapat dilakukan dalam bentuk perlombaan untuk menambah semangat para peserta latihan.
Tujuan latihan dribbling dengan pola slalom adalah untuk melatih kemahiran membawa bola dengan berganti-gantian dengan tangan kanan dan kiri. Membiasakan mendribbling bola tanpa melihat bola.

4. Latihan Dribling dengan lawan operan

Pemain 1 dan 2 lari bolak balik sambil saling mengoper bola. Sementara itu pemain tiga menempuh jarak sama dengan dribbling. Siapa lebih cepat kembali ke posisi semula. Pemain bertukar-tukar posisi sampai semua mendpat giliran satu kali dribbling.

Tujuan dribbling dengan lawan operan adalah latihan dribbling secar cepat sambil bergerak maju.

5. Latihan dribbling Beranting

Pemain dibagi dalam dua kelompok yang sama jumlahnya. Pemain pertama masing-masing kelompok membawa bola dengan tangan kiri. Penyerahan bola pada pemain berikut harus dilakukan di belakang garis start.

Cara melkukan latihan adalah pada saat meningggalkan start, dribbling dilakukn sambil mundur supaya diperoleh feeling terhadap bola. Kemudian pada waktu kembali ke tempat asal start, dribbling dilakukan dengan tangan yang kurang cekatan. Jadi pemain yang biasa menggunakan tangan kanan, pada waktu itu melatih tangan kiri. Sedangkan pemain kidal dribbling menggunakan tangan kanan.
Latihan dribbling beranting bertujuan untuk melatih melatih kecepatan dribbling dengan tangan kanan dan kiri.

6. Latihan dribbling sambil menepis bola lawan

Kumpulkan pemain sebanyak mungkin di tempat latihan. Masing-masing dengan sebuah bola. Semua melakukan dribbling secara serempak sambil menepiskan bola pemain lain. Tetapi gerakan dribbling tidak boleh sampai terputus. Pemain yang bolanya berhasil ditepiskan oleh pemain lain, harus berhenti bermain. Ruangan latihan dipersempit apabila jumlah pemain semakin berkurang. Dalam latihan ini dapat dipergunakan bola lain.

Tujuan latihan dribbling sambil menepis bola lawan adalah melindungi bola yang dibawa dengan tubuh. Melepaskan pandangan dari bola untuk memperhatikan situasi permainan.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Meningkatkan Kemampuan Dribbling Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel