Macam-Macam Teknik Latihan Operan Bola Basket

Latihan dengan berbagia macam operan bola basket tujuannya adalah untuk menghadapi berbagai situasi dalam pertandingan. Latihan dilakukan dengan kondisi perminan yang sebenarnya. Tujuan latihan ini adalah agar operan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Kecepatan dalam merupakan dasar permainan bola basket yang paling sesensial.

Berikut ini macam-macam latihan operan bola basket:

1. Latihan operan bola basket teknik segi tiga

Tujuan latihan ini adalah melatih agar pemain dapat melakukan operan dengan cepat. Cara latihan adalah:

a. Para pemain dibagi menjadi dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari tiga orang.
b. Jarak masing-masing pemain 4 sampai 5 meter
c. Setiap kelompok memegang satu bola
d. Bola dioper dengan pola segi tiga

Pertama-tama yang dilakukan adalah latihan operan bola setinggi dada, kemudian dilanjutkan dengan operan pola setinggi kepala, dan operan dengan memantulkan bola ke lantai. Latihan dilakukan secara bergantian, begitu pula arah operan berganti ke kiri dan ke kanan. Teknik latihan operan segi tiga ini juga dapat dilakukan dengan perlombaan, kelompok mana yang paling banyak melakukan pengoperan dalam waktu satu menit misalnya.

2. Latihan operan dalam bentuk lingkaran

Tujuan latihan ini adalah melatih pengoperan secara cepat dan tepat dalam posisi berdiri di tempat dengan dihalang-halangi oleh seorang pemain lawan.

Bentuk latihan operan dalam bentuk lingkaran misalnya lima pemain berdiri membentuk lingkaran. Pemain ke enam berdiri ditengah lingkaran bertindak sebagai pemain lawan. Bola dioperkan secara menyilang. Apabila pemain di tengah yang bertindak sebagai lawan berhasil menyentuh bola. Maka ia berganti tempat dengan pemain yang melakukan kesalahan mengoper bola. Bola tidak boleh di teruskan ke pemain yang berada di sisi kiri atau kanan pemegang bola. Bentuk pengoperan adalah pengoperan tangkap dan pengoperan dengan satu tangan.

3. Latihan Operan Sambil Lari Menyilang

Tujuan melatih operand an menerima bola sambil bergerak menyilang.  Latihan dilakukan dengan tiga orang pemain. Pemain tengah mengoperkan bila ke pemain posisi kanan, lalau lari memotong di belakang penerima oeran, yang mengoper pada nomor satu lari menyilang di belakang nomor dua. Dan bbegitu eterusnya. Pola lari berjalin-jalin. Disini perlu diperhatikan bahwa pemain yang menerima operan harus bergerak maju sambil menyilang.  Jarak antara masing-masing pemain sekitar 3 meter.

4. Latihan mengoper dalam bentuk segi empat

Tujuan latihan ini adalah mengoper bola dengan cepat dan tepat. Menerima operan sambil bergerak. Dengan segera mengambil posisi bebas setelah melakukan pengoperan.
Pelaksanaan latihan :

  1. Delapan pemain berdiri dalam bentuk segi empat. Jarak masing-masing pemain 3 sampai meter. Pemain 2 dan 6 mendapat bola , mulai dengan memberikan aba-aba. Bola di operkan disamping dengan mengikuti arag jarum jam. Pemain dengan nomor urut genap setelah mengoper bola  langsung pindah ke posisi setelah pemain di depannya. Sedang pemain dengan nomor urut ganjil tetap berada di tempat. Tugas meerekja hanya untuk meneruskan bola.
  2. Pemain 1 dan 5 mendapat bola. Pola latihan 1. Tetapi samopai kini pemain dengan nomor urut ganjil tetap yang berpindah setiap dalam  sesudah mengoper bola. Sedang pemaoin ke dua masih berdiri. Nomor urut genap berdiri pada posisi semula. 
  3. Pada pengoperan seperti pemain satu. Tetapi kini semua pemain setelam mengoper bola setelah mengoperkan bola langsung berpindah ke posisi di depan mereka



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Teknik Latihan Operan Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel