Peraturan Permainan Tenis

Permainan tenis dapat dilakukan, secara tunggal putra dan putri , ganda putra dan putrid, atau ganda campuran. Pemain yang akan melakukan servis yang pertama harus selalu dari sebelah kanan.
Seorang pemain mempunyai kesempatan melakukan servis dua kali. Jadi, jika servis yang pertama gagal, pemain tersebut dapat mengulanginya sekali lagi. Setiap pemain yang gagal mengembalikan bola, akan kehi;langan angka (poin), sedang lawannya langsung mendapatkan angka atau poin tersebut.

1. Penilaian dalam permainan tenis ada empat macam yaitu:

a. penilaian pertama adalah 15
b.Penilaian ke dua adalah 30
c. Penilaian ke tiga adalah 40
d. Penilaian ke empat adalah game (bila nilai lawan kurang dari 40)

Apabila terjadi kedudukan nilai 40 sama, kedudukan tersebut deuce. Dari kedudukan deuce untuk bisa game harus mendapatkan  dua bola kemenangan lagi. Satu set terdiri dari 6 game. Sebagai pemain pria, paling banyak 5 set, dan bagi pemain wanita paling banyak 3 set.

2. Lapangan Tenis

 Pemain yang akan melakukan servis yang pertama harus selalu dari sebelah kanan Peraturan Permainan Tenis

Ada empat macam lapangan tenis yaitu:
a. Lapangan keras yang terbuat dari semen
b. Lapangan Rumput
c. Lapangan Batu halus atau gravel
d. Lapangan semacam tanah liat (Clay)

3. Jaring (Net)

Jaring ada yang terbuat dari anyaman tali, nylon atau bahkan metal. Jarring yang baik seperdua bagian atasnya teranyam rangkap melebihi seperdua bagian bawah. Hal ini diperlukan untuk lebih memperkuat karena bagian atas lebih sering kena bola yang gagal dipukul melewati jarring.

4. Bola

Bola yang baik adalah bola yang masih utuh bulunya. Bola ada yang dijual dalam kaleng, ada pula yang hanya dalam dus dari karton atau kertas tebal.

5. Raket

Raket ada yang terbuat dari kayu, dan dari berbagai macam campuran logam. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih raket yaitu: Berat dan ringannya raket yang akan dipilih tergantung dari kekuatan dan usia si pemakai. Raket yang terlalu ringan akan menyebabkan tangan merasa bergetar, sehingga hasil pukulan kurang baik. Sebaliknya, raket yang terlalu berat akan menyebabkan sipemakai mudah lelah tangannya.

6. Pakaian Pemain

Pakaian seorang pemain tenis sebaiknya berwarna putih. Sesuai dengan sifat warna putih yang memantulkan panas, maka warna tersebut paling cocok dipakai karena sebagian besar permainan tenis dilakukan dilapangan terbuka, terlebih di Indonesia sebagai daerah teropis. Tetapi boleh juga mengenakan pakaian berwarna.

Pakailah sepatu yang diikat khusus untuk petenis, yaitu sepatu yang tidak bertumit dengan sol yang terbuat dari karet. Selain itu, pakailah kaos kaki agar tidak mudah lecet bila bermain dalam waktu yang  cukup lama. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Permainan Tenis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel