Sejarah Olah Raga Atletik

Atletik berasal dari Yunani. Pada saat itu diperlombakan penthion atau sekarang disebut juga dengan pancalomba yang artinya adalah lima nomor yang diperlombakan. Pada olimpiade pertama yang diselenggarakan tahun 1896  di Athena dipertandingkan nomor lari marathon 40 ribu kilometer.

Pada zaman Yunani kuno, Berlari merupakan kegiatan keagamaan, tapi juga diperlombakan dalam untuk memperebutkan juara Dengan hadiah yang diberikan oleh raja.  Untuk memperoleh hadiah dari sang raja. Untuk mencapai finish tidak saja tidak hanya melalui kemenangan, tetapi juga kematian bagi yang kalah. 
Yunani yang terkenal dengan kebudayaan tinggi, kemudian menata peraturan demi perkembangan olah raga atletik. Khusus marathon, nomor ini adalah kegiatan berlari sejak  149 sebelum masehi.  Kegiatan ini dimulai dari kota kecil yang bernama Athena. Pada pertengahan abad  ke-19. Inggris telah mengembangkan cabang olah raga ini ke seluruh dunia. Bahkan beberapa perguruan telah menyelenggarakan perlombaan atletik. Di Amerika pertama kali diperlombakan cabang atletik pada tahun 1876, itupun terbatas antar perguruan tinggi. Munculnya athletic club pada tahun 1970 di New York  menandai perkembangan atletik yang cukup pesat. Dan club inilah yang pertama menyelenggarakan perloambaan atletik. 

Di Indonesia sekitar tahun 1930-an tercatat pemerintah hindia belanda memasukkan olahraga atletik ke dalam kurikulum di sekolah-sekolah pada waktu itu. Di masyarakat pada waktu itu di masyarakat belum dikenal luas. Belanda membentuk NIAU (Nederlads Indische Athletic Unie). Suatu organisasi yang menyelenggarakan  perlombaan-perlombaan atletic. 

Di Medan berdiri SAB (Sumatra Athletic Bond) yang menyelenggarakan perlombaan antar MULO, HBS, dan perguruan swasta lainnya. Demikian hal nya di pulau Jawa, mulai berdiri berbagai organisasi penyelenggaraan perlombaan atletik.

Setelah Indonesia Merdeka, Olah raga atletik menunjukkan perkembangan yang makin pesat. Maka didirikanlah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia pada tanggal 3 September 1950 di semarang.  Kegiatan pertama kali adalah menyelenggarakan perlombaan atletik di Bandung. Setelah sukses menyelenggarakan atletik di Bandung selanjutnya PASI melanjutkan kegiatannya yaitu memilih duta-duta atletik untuk mengikuti ASIAN Games di New Delhi India pada tahun 1951.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Olah Raga Atletik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel