Sejarah Permainan Bola Basket

Permainan bola basket adalah permainan beregu, setiap regu jumlah pemainnya ada lima orang pemain. Permainan bola basket termasuk olahraga yang sangat banyak penggemarnya. Hampir pada setiap pertandingan bola basket, selalu ditonton oleh banyak penonton yang berjubel memenuhi tribun tempat penonton. Di sekolah-sekolah, olahraga bola basket mempunyai peminat yang cukup banyak. Hal ini ditandai dengan banyaknya anak yang mengikuti ekstra kurikuler olahraga bola basket. Pertandingan bola basket antar club dan antar sekolah juga ramai dibicarakan, sehingga membuat olahraga bola basket termasuk topic yang selalu actual di lingkungan sekolah.

Permainan bola basket diciptakan oleh James A Naismith dari United States of America (USA) pada tahun 1897. Mulanya permainan bola basket hanya dimainkan di daerah Amerika Serikat saja. Namun kemudian berkembang pesat menyebar ke seluruh benua Amerika, Benua Eropa, Afrika, dan ke Asia. Dengan perkembangan bola basket yang cukup pesat maka pada tahun 1924, di Negara Perancis diadakan kejuaraan bola basket, Kejuaraan itu menjadi kejuaraan yang mempertandingkan olahraga bola basket yang pertama kali. Kemudian pada tahun 1932, diadakan dibentuklah organisasi bola basket dunia dengan nama Federation International ‘de basketball Amateur (FIBA).

Permainan bola basket masuk ke Indonesia dibawa oleh para perantau dari china setelah perang dunia kedua. Permainan bola basket ternyata mendapat apresiasi yang baik dari para pemuda dan pecinta olahraga di Indonesia. Permainan bola basket cepat menyebar dan berkembang pesat terutama di daerah perkotaan di Indonesia. Hingga permainan bola basket di pertandingkan di pekan olahraga nasional (PON) yang pertama kali di Indonesia pada tahun 1948 selang 3 tahun setelah Indonesia merdeka. PON yang pertama di kot Solo. Untuk mengorganisir club-club bola basket di seluruh Indonesia, maka pada tanggal 23 Oktober 1951 dibentuklah organisasi yang menaungi bola basket di seluruh Indonesia dengan nama  Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasasi).

Kini permainan bola basket sudah ada di seluruh Indonesia. Olahraga permainan bola basket juga sudah masuk dalam pelajaran penjaskes di sekolah yang wajib di pelajari oleh setiap siswa. Olahraga bola basket adalah olahraga yang menyehatkan badan. Bagi pemain dan pecinta olahraga bola basket, permainan bola basket disamping untuk mencari pretasi juga baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Permainan Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel