Sejarah Permainan Bola Voly

Permainan bola voly merupakan permainan beregu yang menggunakan bola besar. Masing-masing regu berjumlah 6 orang. Masing-masing regu dalam permainan bola voly hanya diperbolehkan memainkan bola sebanyak 3 kali. Pukulan bola ketiga harus diarahkan ke daerah lawan.

Permainan bola voly diciptakan oleh  William C. Morgan LA. Seorang guru pendidikan olahraga di Young Man Cristian’s association (YMCA) yang beralamatkan di Massachusset Amerika pada tahun 1895. Perkembangan olahraga bola voly menyebar dengan pesat hingga menyebar ke seluruh dunia pada waktu perang dunia pertama. Perkembangan olahraga bola voly berkembang sangat pesat terutama di wilayah benua Eropa.

BangsaIndonesia mengenal olahraga bola voly pada waktu jaman penjajah belanda. Perkembangannya sangat pesat hingga bermunculan club-club bola voly terutama di kota-kota besar seperti di Surabaya ada club IVOS, di Bandung ada ILOBA, di Jakarta ada PERUJI, dan di kota-kota lain yang tidak tercatat namanya.

Kemudian pada tahun 1948 dibentuk dibentuk organisasi olahraga bola voly seluruh dunia International Volley Ball Federation atau disingkat IVBF. Di Indonesia Persatuan bola voly seluruh Indonesia (PBVSI) baru dibentuk pada tahun 1955 setelah Indonesia merdeka. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bnola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.

Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis.


Untuk pertama kalinya dalam sejarah perbolavolian Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaraan Dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989. tim bola voli yunior putra Indonesia ini dilatih oleh Yano Hadian dengan dibantu oleh trainer Kanwar, serta pelatih dari Jepang Hideto Nishioka, sedangkan pelatih fisik diserahkan kepada Engkos Kosasih dari bidang kepelatihan PKON (pusat kesehatan olahraga nasional)

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Permainan Bola Voly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel