Teknik Dasar Melempar Dan Menangkap Bola Permainan Softball

Teknik Dasar Melempar Bola Softball

Teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain softball adalah melempar, menangkap, memukul bola softball, dan lari mengelilingi lapangan (base running), sliding, dan tanging. Melempar dan menangkap bola adalah ketrampilan yang mutlak harus dikuasi oleh pemain softball. Karena ketepatan dalam melempar dan memukul bola adalah kunci kemenangan permainan softball.

Berikut ini marilah kita bahas bagaimana teknik-teknik dasar cara melempar dan menangkap bola dalam permainan softball. Ada beberapa macam bentuk lemparan dalam permainan soft ball. Antara lain:

  • Lemparan lurus, yaitu lemparan lurus ke depan setinggi dada
  • Lemparan rendah, yaitu lemparan dari samping setinggi lutut sampai pinggang.
  • Lemparan melambung, yaitu lemparan jauh melewati atas kepala
  • Lemparan pitcher, lemparan pitcher yang baik adalah lemparan yang jatuhnya bola antar bahu dan lutut. Inilah yang dinamakan lemparan srike.

Selanjutnya marilah kita bahas satu persatu bagaimana teknik melakukan lemparan seperti tersebut di atas:

a. Lemparan Lurus

pada lemparan lurus ini lepasnya bola adalah kurang lebih bola melayang setinggi dada si penerima lemparan. Teknik melakukannya adalah:

Sikap Permulaan

Berdiri dengan sa;lah satu kaki di depan dan kaki yang satunya lagi di belakang. Bola diarahkan ke sasaran yang akan dilempar dengan menarik lengan ke belakang atas melewati samping telinga. Dan sikunya bengkok. Lengan yang satunya lurus sejajar dengan bahu

Gerakan Lemparan Lurus

Lemparan dimuali dengan menggerakkan menarik lengan ke belakang, kemudian lecutkan tangan ke depan sambil melepaskan bola.

b. Lemparan Rendah

Pada lemparan rendah, tingginya bola sekitar tingginya lutut sampai  dengan pinggang penerima lemparan. Cara melakukannya adalah

Sakap Permulaan
Berdiri dengan salah satu kaki di depan dan kaki lainnya dibelakang. Bola diarahklan ke lemparan  dengan cara merentangkan tangan ke samping

Gerakan melempar

Lemparan dimulai dengan mengayunkan tangan lempar ke depan bersamaan dengan itu lepaskan bola setinggi lutut dan dibantu dengan lecutan pergelangan tangan

c. Lemparan Melambung

Lemparan melambung adalah lepasnya bola dari tangan bola melayang tinggi di atas kepala. Cara melakukan latihan adalah:

Sikap Permulaan

Berdiri dengan salah satu kaki di depan san kaki yang lainnya dibelakang. Bola diarahkan kea rah lemparan dengan menarik tangan lurus ke belakang melewati atas kepala.

Gerakan melempar

Lemparan dimulai dengan mengayunkan tangan lempar melalui atas kepala dan bersmaan itu bola dilepaskan melambung tinggi di atas kepala dibantu dengan lecutan tangan.

d. Lemparan Pitcher

Lemparan pither adalah lemparan yang dilakukan oleh pitcher kepada pemukul bola. Cara melakukan lemparan pitcher adalah:

Sikap permulaan

Lemparan pitcher menggunakan satu tangan dengan posisi kaki di atas home plate menghadap kea rah sasaran lemparan yaitu pemukul bola.

Gerakan Melempar

Lemparan diawali dengan ayunan lengan dari belakang ke depan atau dengan putaran dari lengan. Lemparan bola dilepaskan ketika lengan lurus ke depan

Teknik Dasar Menangkap Bola Softball.

Pada dasarnya teknik menangkap bola pada permainan softball dapat dibagi menjadi 3 macam. Yaitu teknik menangkap bola yang bergulir di tanah, teknik menangakap bola melambung, dan teknikmenangkap bola yang datangnya lurus.

Berikut penjelasan dari masing-masing teknik di atas:

a. Teknik menangkap bola gulir di tanah (Ground Ball)

Cara melakukan adalah sebagai berikut:


  1. Sikap badan harus rendah sesuai dengan keadaan datangnya bola
  2. Kedua lutut ditekuk dan satu kaki di depan (bagi yang bukan kidal kaki kiri di depan) danyang lain di belakang dengan jarak secukupnya. 
  3. Tangan yang memakai glove diluruskan ke bawah atau menempel pada tanah diantara kedua kaki menghadap kea rah bola dan tangan satu di atasnya. Begitu bola masuk ke dalam glove segera dilempar ke sasaran yang dikehendaki.
  4. Untuk fielding bola guling yang keras, maka lutut kaki belakang ditempelkan tanah. Jadi dalam hal ini ada dua macam teknik menangkap bola-bola yang berguli di atas tanah, yaitu yang keras dan yang tidak keras.

b. Teknik menangkap bola melambung (fly ball)

Untuk dapat menangkap bola yang melambung, seorang pemain harus mengambil posisi yang tepat, sehingga dapat menguasai bola kea rah sasaran. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu kaki harus di depan badan kita
  2. Pandangan harus menghadap kea rah datangnya bola
  3. Agar dapat menangkap bola dengan baik, maka kedua lengan diluruskan ke atas, tapi dijaga jangan sampai menutup pandangan ke arah bola. Bola ditangkap setinggi raihan
  4. Pandangan diarahkan ke bola, sampai bola masuk ke dalam glove atau tertangkap. Hal ini untuk menjaga agar bila bolanya terlepas dapat segera dikuasai lagi
  5. Pada waktu menangkap bola, berat badan berada di kaki belakang

c. Teknik menangkap bola lurus

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Kedua kaki direnggangkan selebar bahuKedua lengan diacungkan ke depan hamper lurus dan dalam keadaan rileks, kedua telapak tangan saling berhadapan
  2. Badan menghadap kea rah bola, demikian juga pandangan diarahkan ke bola
  3. Pada waktu menangkap bola, dengan mengatupkan kedua tangan supaya disertai gerakan sedikit menarik tangan ke belakang seperti per. Agar bola tidak mental keluar maka tangan yang tidak memakai glove segera menutup glove dan memegang bola untuk segera melakukan lemparan. Dengan cara ini kita memperoleh keuntungan waktu, sebab dengan cepat segera kita dapat melemparkan bola. Hanya dalam keadaan terpaksa kita mempergunakan satu tangan, mialnya karena diluar jangkauan  bila kita menggunakan kedua tangan.
  4. Pandangan harus selalu ditunjukkan ke bola sampai bola masuk ke dalam glove.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Melempar Dan Menangkap Bola Permainan Softball"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel