Teknik Dasar Memukul Bola Permainan Softball

Teknik memukul pada permainan softball menggunakan kayu pemukul. Dimana bola yang dipukul harus benar-benar kena bidang pukulan pada kayu pemukul. Ada beberapa jenis pukulan, yaitu:

a. Pukulan Lurus

cara memukul bola dengan menggunakan kayu pemukul adalah sebagai berikut:

Sikap Permulaan

Berdiri menyampingi arah sasaran, kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut ditekuk, badan sedikit condong ke depan, serta pandangan kea rah pitcher. Kedua tangan memegang pegangan yang pada kayu pemukul (stik), ujungnya mengacung ke atas

Gerakan

Pukulan diawali dengan mengangkat pemukul kesamping belakang sejajar bahu. Bersamaan memiringkan badan mengikuti gerakan datangnya bola, kembali ayunkan pemukul dari belakang ke depan sejajar bahu, hingga bola mengenai bidang pukulan dari pemukul, dan lepasnya bola lurus mendatar.

Sikap Akhir

Diikuti gerak lanjut.

b. Memukul Bola Melambung

Pada dasarnya cara memukul bolamelambung ke atas,sama dengan memukul lurus, bedanya pada saat mengayun kayu pemukul diayunkan dari belakang bawah menuju ke atas dan gerakan pemukul tidak terputus-putus.

c. Memukul Bola Rendah

Cara memukul bola rendah :

Posisi badan hamper sama dengan posisi bola melambung. Perbedaanya terletak pada ayunan kayu pemukul, dari samping kanan menuju samping kiri bawah dengan ayunan tidak terputus-putus.

d. Pukulan Sentuhan Pada Bola

Posisi tubuh, kaki, dan lengan hamper sama dengan pukulan lainnya, perbedaan pukulan sentuhan, adalah pemukul digerakkan sedikit ke depan hingga bola tersentuh kayu pemukul dan seakan-akan gerakan memukul. Jatuhnya bola dari hasil pukulan ini di depan bawah kaki si pemukul.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Memukul Bola Permainan Softball"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel