Teknik Dasar Menggiring Bola Basket

Menggiring bola adalah salah satu cara yang diperbolehkan oleh peraturan untuk membawa lari bola ke segala arah. Seorang pemain boleh membawa bola lebih dari satu langkah, asalkan sambil dipantulkan baik berjalan maupun berlari. Menggiring bola adalah suatu usaha untuk membawa bola menuju ke depan ke lapangan lawan. Menggiring bola yang diperbolehkan hanya dengan satu tangan misalnya tangan kiri atau tangan kanan. Menggiring bola dipakai untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan untuk memperlambat tempo permainan.

Menggiring bola basket sering juga disebut mendrible, Drible artinya suatu gerakan memantul-mantulkan bola basket dengan satu tangan menuju daerah pertahanan lawan. Cara mendrible bola adalah sebagai berikut:
Gerakan tangan pantul ke atas dan bawah dengan berporos pada siku. Pada saat bola bergerak telapak tangan mengikuti gerakan bola ke atas seolah-olah bola melekat melekat pada telapak tangan dan selanjutnya didorong ke bawah.

a. Mendrible bola di tempat

  1. Berdiri dengan salah satu kaki di belakang dan kaki yang lainnya di depan lutut dan ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan.
  2. Pantulkan bola ke bawah dank e atas  dengan satu tangan secara berulang-ulang
  3. Konsentrasi selalu pada bola

b. Menggiring sambil berjalan

Menggiring sambil berjalan pantulan bola agak tinggi dan pantulan bola saat kebawah berada jatuh diantara kedua kaki  disamping kaki depan.

C. Menggiring sambil berlari

Menggiring bola basket sambil berlari. Pantulan bola agak rendah dan gerakan tangan lebih cepat. Tujuannya menerobos ke daerah pertahanan lawan. Menggiring dapat dilakukan dengan pergantian tangan kanan dan kiri.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Menggiring Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel