Teknik Dasar Mengontrol Bola Futsal

Futsal memang mirip dengan sepak bola. Jika sepak bola dilakukan di lapangan luas, sebaliknya futsal dilakukan di lapangan yang ukurannya kecil. Untuk itu dibutuhkan teknik khusus agar dapat memainkankan bola dengan cepat dan tepat.

Kita ambil satu contoh cara menghentikan bola mendatar. Jika dalam permainan sepak bola dilakukan dengan kura-kura kaki, namun dalam futsal bola dihentikan dengan telapak kaki atau sol sepatu. Cara ini terbukti lebih cepat dipakai untuk menguasai bola agar dapat di giring atau ditendang sesuai dengan  yang diinginkan.

Yang harus diperhatikan dalam melakukan latihan futsal agar dapat mengontrol bola dengan baik adalah Selalu lihat datangnya bola, Jaga  keseimbangan pada saat datangnya bola, Sentuh atau tahan bola dengan menggunakan telapak kaki (sole) agar bolanya diam tidak bergerak dan mudah dikuasai.

Sebenarnya dalam mengontrol bola futsal dapat menggunakan kaki bagian bawah atau bisa juga menggunakan kaki bagian luar atau bagian dalam, yang pada intinya dapat menghentikan bola yang bergulir dengan cepat dan baik, hanya saja apabila menahan bola jauh dari kaki maka lawan akan dengan mudah merebut bola. Setelah  dapat menguasai bola dengan baik, kemudian berusaha menguasai bola sampai pemain tersebut akan melakukan gerakan selanjutnya terhadap bola. Gerakan selanjutnya tersebut seperti mengumpan, menggiring ataupun menembak ke gawang.

Sesuai dengan karakteristik permainan futsal, maka teknik controlling yang dominan digunakan adalah dengan kaki, meskipun dapat dilakukan dengan semua anggota badan selain tangan.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Mengontrol Bola Futsal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel