Teknik Dasar Mengoper Bola Futsal

Mengoper adalah teknik dasar yang paling banyak digunkan selama permainan futsal berlangsung.
Teknik operan yang baik sangat diperlukan dalam permainan futsal. Mengingat lapangan futsal yang relative kecil dan dalam perminan futsal dibutuhkan kecepatan. Jadi teknik operan antar teman sangat diperlukan untuk membawa bola menjebol pertahanan lawan.

Teknik operan yang digunakan dalam permainan futsal yaitu dengan melakukan passing antar teman satu tim.  Hal ini sangat cocok dilakukan sesuai dengan tempatnya yang relative  kecil dan dengan lapangan yang rata, pantulan bola yang keras, Maka dibutuhkan passing yang keras dan akurat dengan menggunakan kaki bagian dalam. Passing dalam permainan futsal harus dilakukan dengan cepat, agar bola tidak mudah dipotong oleh lawan.

Adapun teknik dasar latihan operan yang harus dilakukan para  pemain futsal adalah:

1. Teknik Dasar Passing / Mengoper

Kata ”pass” dapat diartikan sebagai mempersembahkan, oleh sebab itu dalam melakukan passing, pemain harus mempersembahkan (dalam kontek yang baik dan enak) bola kepada rekan lain dalam satu tim. Sesuai dengan karakteristik permainan futsal, maka teknik passing yang dominan digunakan secara datar atau menyusur lantai.

Passing dapat dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah.

2. Teknik Dasar Controlling / Mengontrol

Controlling / mengontrol adalah kemampuan pemain saat menerima bola, baik itu menggunakan kaki bagian bawah atau bisa juga menggunakan kaki bagian luar atau bagian dalam, yang pada intinya dapat menghentikan bola yang bergulir dengan cepat dan baik, apabila menahan bola jauh dari kaki maka lawan akan dengan mudah merebut bola. Setelah  dapat menguasai bola dengan baik, kemudian berusaha menguasai bola sampai pemain tersebut akan melakukan gerakan selanjutnya terhadap bola. Gerakan selanjutnya tersebut seperti mengumpan, menggiring ataupun menembak ke gawang.

Sesuai dengan karakteristik permainan futsal, maka teknik controlling yang dominan digunakan adalah dengan kaki, meskipun dapat dilakukan dengan semua anggota badan selain tangan.
 
3. Teknik Dasar Dribbling / Menggiring

Dribbling / Menggiring adalah kemampuan pemain dalam menguasai bola, baik dengan berjalan, berlari, berbelok maupun berputar tanpa dapat direbut oleh lawan. Tujuan dribbling adalah untuk melewati lawan, mengarahkan bola ke ruang kosong, melepaskan diri dari kawalan lawan, membuka ruang untuk rekan, serta menciptakan peluang untuk melakukan shooting ke gawang.
Ada beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus dikuasai dalam bermain futsal, berikut ini beberapa teknik dalam menggiring bola pada permainan futsal:
a.       Dribbling menggunakan kaki bagian luar. Dengan teknik ini jika menggunakan kaki kanan pemain futsal dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitu pula sebaliknya.
b.      Dribbling menggunakan kaki bagian dalam. Dengan teknik ini pemain futsal dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
c.       Dribbling menggunakan bagian punggung kaki. Dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah  dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Akan tetapi teknik ini kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.

4. Teknik Dasar Shooting / Menembak

Shooting / Menembak adalah tendangan ke arah gawang untuk menciptakan gol. Shooting mempunyai ciri khas laju bola yang sangat cepat dan keras serta sulit diantisipasi oleh lawan atau penjaga gawang. Namun demikian shooting yang baik harus memadukan antara kekuatan dan akurasi tembakan.
Shooting dapat dilakukan dengan semua bagian kaki, terutama pada punggung kaki, sisi kaki bagian dalam, dan sisi kaki bagian luar. Adapula shooting yang menggunakan ujung kaki / sepatu, karena dengan teknik ini bola akan melesat cukup kencang dan bola juga akan tetap bergerak lurus.

5. Teknik Dasar Chipping / Melambung

Chipping / Melambung adalah gerakan menendang bola dengan ujung kaki yang lebih mengutamakan akurasi tendangan tanpa menggunakan kekuatan dan kecepatan tendangan. Gerakan menendang bola yang dimaksud lebih cenderung sebagai gerakan menyendok bola. Teknik ini hampir sama dengan teknik passing, perbedaannya terletak pada saat chipping menggunakan bagian atas ujung sepatu dan perkenaannya tepat dibawah bola. Chipping dapat dilakukan untuk mengumpan maupun untuk memasukkan bola ke gawang lawan.


Operan yang digunakan dalam permainan futsal adalah operan yang dilakukan dalam tempo cepat. Jika memungkinkan operan yang digunakan adalah operan tanpa menghentikan bola terlebih dahulu. Apalagi jika menjelang shooting ke gawang lawan, pemain harus bisa langsung menembak tanpa menghentikan bola terlebih dahulu. Atau jika yang datang adalah bola lambung, maka pemain harus menggunakan tendangan voli, artinya tidak harus menunggu bola jatuh ke tanah, tapi begitu bola datang langsung pemain melakukan shooting. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Mengoper Bola Futsal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel