Teknik Dasar Menendang Bola Futsal

Kemampuan menendang bola secara akurat sangat dibutuhkan dalam permainan futsal. Berikut ini hal-hal yang harus dilatih agar dapat  menendang bola yang akurat dalam permainan futsal.


 Kemampuan menendang bola secara akurat sangat dibutuhkan dalam permainan futsal Teknik Dasar Menendang Bola Futsal



1. Latihan Passing / Pengumpan

Latihan passing adalah latihan dasar yang sangat penting untuk dilatih secara terus menerus selama menjadi pemain futsal. Passing dapat dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki bagian dalam dengan arah mendatar atau umpan panjang yang menyusur tanah, karena umpanan akan memiliki akurasi paling baik jika dibandingkan dengan lainnya.

2. Kontrol Bola

Kontrol bola bertujuan untuk menguasai bola sepenuhnya. Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan telapak kaki depan dengan memanfaatkan sol sepatu. Teknik mengontrol bola dengan sol sepatu dalam futsal sangat penting sehingga harus dikuasai oleh setiap pemain. Keuntungan mengontrol bola menggunakan sol sepatu adalah bola dapat merhenti dengan cepat dan selanjutnya pemain dapat menggiring bola, mengoper kepada teman, atau melakukan shooting.

3. Menggiring /Dribling 

Menggiring bola bertujuan untuk membawa bola ke daerah pertahanan lawan. Menggiring bola juga dapat digunakan untuk mengecoh lawan, seorang pemain futsal harus memiliki kemampuan dalam menggiring bola. Ada beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus dikuasai dalam bermain futsal, yaitu:

        Dribbling menggunakan kaki luar
Dengan teknik ini jika menggunakan kaki kanan pemain futsal dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
        Dribbling menggunakan kaki dalam
Dengan teknik ini pemain futsal dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
        Dribbling menggunakan bagian punggung kaki
Dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Akan tetapi teknik ini kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.

4. Menendang Keras ( Shooting )

Teknik menendang keras yang efektif dalam permainan futsal adalah menendang bola dengan menggunakan ujung kaki /  sepatu, karena dengan teknik ini bola akan melesat cukup kencang dan bola juga akan tetap bergerak lurus. Ada beberapa macam latihan menendang bola, antara lain:
a.       Latihan menendang bola berhenti,
b.      Latihan menendang bola dengan menggunakan control, yaitu menghentikan bola terlebih dahulu agar bola dapat dikuasai sepenuhnya,
c.       latihan menendang bola tanpa control/ bola tanpa dihentikan.
d.      Latihan melakukan tendangan voli, yaitu menendang bola yang datangnya melambung tanpa menunggu bola jatuh/memantul ke tanah.


Itulah beberapa teknik dasar menendang bola futsal. Terutama bagi pemain pemula disarankan untuk belajarmembiasakan  menggunakan teknik yang benar.  Kebiasaan menggunakan teknik yang benar dapat lebih cepat mengembangkan kemampuan seorang pemain. Disamping itu penggunaan teknik yang benar juga dapat memberikan akurasi tendangan yang lebih tinggi.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Menendang Bola Futsal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel