Teknik Dasar Servis Permainan Tenis

Servis merupakan pukulan yang penting ketika bermain tenis. Servis yang keras dan penempatan bola yang baik merupakan senjata untuk melancarkan serangan pertama dan bahkan dapat memperoleh poin atau setidaknya dapat memaksa lawan untuk melakukan pengembalian bola yang lemah.  Untuk itu seorang pemain tenis sebaiknya mempelajari, mengembangkan dan mematangkan teknik servisnya.

Ada beberapa teknik servis yang dapat anda pelajari, antara lain:

1. Peganglah raket dengan teknik yang sudah anda pelajari sebelumnya

2. Lambungkan bola ke atas

Salah satu bagian yang penting dari teknik servis adalah melambungkan bola ke atas. Lambungan di sini harus diartikan menempatkan bola sedemikian rupa diudara agar dapat dipukul dengan benar. Lambungan bola yang benar bila dibiarkan jatuh akan jatuh di ujung kaki kiri.

3. Ayunan ke belakang

Dari sikap siap turunkan raket ke bawah. Setelah melewati kaki belakang bukalah kepala raket kea rah luar samping. Lanjutkanlah ayunan tadi ke atas, kemudian tekuklah lengan pada siku sehingga kepala raket menyentuh punggung. Bersamaan dengan gerakan ini, lambungkanlah bola ke atas. Dari sikap ini, pindahkan berat badan ke kaki ke depan dan pukulah bola yang sudah dilambungkan

4. Pukulah bola pada titik yang ditentukan, pada saat bola menyentuh raket, seluruh lengan, badan, beserta kaki tumpuan berada pada satu garis lurus.

5. Gerakan lanjutan ketika servis. 

Lanjutan gerakan tangan dan raket ke depan bawah dengan bebas dan berakhir dengan posisi raket berada di bawah ketiak lengan kiri.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Servis Permainan Tenis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel