Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O'Brien

Tolak Peluru gaya membelakangi adalah tolak peluru yang dilakukan dengan cara  membelakangi arah tolakan. Latihan teknik dasar tolak peluru gaya membelakangi adalah sebagai berikut:

Tolak Peluru gaya membelakangi adalah tolak peluru yang dilakukan dengan cara  Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O'Brien

a. Permulaan

Ambil awalan dengan membelakangi arah tolakan, kemudian membungkukkan badan ke depan dan bertumpu pada kaki kanan dan lutut ditekuk, kaki kiri diangkat lurus menuju arah tolakan.

b. Gerakan

Setelah melakukan awalan seperti dijelaskan di atas, tarik kaki kanan ke arah tolakan secepat-cepatnya. Kemudian kenakan kaki kiri papan tolakan dengan posisi badan tetap membungkuk serta tangan kiri diluruskan ke atas secara rileks, dan pandangan ke bawah.

Gerakan meluncur ke belakang dengan diawali kaki kanan untuk berjingkrak  rendah ke belakang yang disertai ayunan sepakan kaki kiri ke belakang. Ketika sikap badan benar-benar condong ke depan, mulailah pendaratan kaki kanan setelah berjingkrak, kemudian disusul kaki kiri, badan segera berputar ke kiri serong ke atas. Kemudian berat badan dipindah ke kaki kiri yang masih ditekuk, dan tangan kanan diarahkan ke sudut tolakan. Peluru dilepaskan dengan dibantu kekuatan lecutan pergelangan tangan dan jari-jari tangan.

c. sikap akhir

kaki kanan diangkat pendek ke depan dan kaki kiri diayunkan ke belakang untuk menjaga keseimbangan.

KESALAHAN YANG SERING TERJADI

  • Gerakan pendahuannya salah
  • Pada posisi tolak lepas , tungkai untuk berdiri pada akhir peluncuncuran mendatar tidak cukup jauh ditempatkan di bawah badan.
  • Penggunaan tungkai ayun tidak cukup atau terlalu tinggi

UPAYA UNTUK MEMBETULKAN KESALAHAN PADA TOLAK PELURU

  • Berlatih dengan tungkai ayun diayunkan ke belakang dan ke atas, kemudian kembali sampai pada tungkai untuk berdiri. 
  • Latihan peluncuran mendatar dengan gerak pendahuluan dan sampai pada posisi tolak lepas Yang perlu diperhatikan agar lutut pada posisi tolak lepas ada di titik  tapak kaki untuk berdiri.
  • Tungkai ayun diluruskan kea rah tolakan



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O'Brien"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel