12 Manfaat Senam Aerobic

Tarian aerobic telah banyak berubah sejak tarian ini menjadi popular pada akhir tahun 1970-an. Pada mulanya tarian ini dipelajari oleh sekelompok orang dengan jangka waktu lebih dari 6 sampai 8 mingguan.  Kelas-kelas diadakan di gereja-gereja, pusat-pusat rekreasi, klub-klub olahraga dan sekolah-sekolah formal.

Sebagai tambahan pula, konsep aerobic ini telah meluas dengan adanya  berbagai macam jenis latihan seperti latihan dengan kursi, law impact, high impact, selingan dengan menggunakan tangga atau step dan slide aerobic. Telah banyak orang yang tahu bahwa senam aerobic menolong mereka berpenampilan lebih baik dan mereka mendapatkan keuntungan kesehatan, sementara semua itu didapat dengan perasaan senang.

Tarian aerobic telah banyak berubah sejak tarian ini menjadi popular pada akhir tahun  12 Manfaat Senam Aerobic


Berikut ini beberapa manfaat senam aerobic, antara lain:

  1. Dapat membakar lemak yang berlebihan di tubuh, meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru, memperbaiki penampilan karena setiap gerakan dibuat untuk menguatkan, mengencangkan dan membentuk otot beberapa bagian tubuh tertentu yang antara lain; pinggul, paha, pinggang, perut, dada, punggung, lengan, kaki, dan lain-lain.
  2. Jika berlatih dengan intensitas tinggi dapat dijadikan program penurunan berat badan
  3. Jika berlatih dengan ringan, terutama bagi yang bertubuh langsing atau kurus, maka akan meningkatkan nafsu makan. Dan jika berlatih dengan berat akan menekan nafsu lapar karena darah beredar dibagian otot yang aktif dan bukan di perut.
  4. Mencegah penyakit-penyakit menyerang tubuh, karena system tubuh dalam keadaan baik, serta dapat menghilangkan kebiasaan buruk misalnya merokok.
  5. Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi gerak tubuh, kelincahan, daya tahan dan sanggup melakukan kegiatan-kegiatan atau olahraga lainnya
  6. Meningkatkan fungsi jantung. Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobic dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.
  7. Meningkatkan Kesehatan Otot. Otot manusia membutuhkan oksigen untuk membantu agar terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Selain itu, dengan aerobic juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.
  8. Meningkatkan mood dan mengurangi stres. Aerobic merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan sejahtera. Selain itu dengan melakukan aerobic anda juga dapat mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai aktivitas serta kesibukan anda.
  9. Membersihkan arteri. Latihan aerobik dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.
  10. Memperkuat napas/stamina, jika anda sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak kuat yang dapat disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Aerobic rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas.
  11. Mencegah diabetes, sudah rahasia umum olahraga seperti aerobik merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.
  12. Awet muda. Rajin beraerobic merupakan salah satu rahasia untuk membuat anda awet muda, pembakaran kalori,lemak, dan pembuangan keringat akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.
Itulah  manfaat-manfaat senam aerobic yang di dapat dari latihan senam aerobic secara rajin. Bila senam aerobik dipakai untuk program penurunan berat badan atau pembentukan bagian anggota tubuh, sebaiknya dilakukan 3 sampai 5 hari dalam satu minggu. Jika senam aerobik hanya dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, dapat dilakukan 1-2 hari dalam satu minggu sudah bagus.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "12 Manfaat Senam Aerobic"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel