Latihan Senam Aerobic Di Atas Kursi

Senam aerobic kursi adalah senam aerobic yang dilakukan sambil duduk pada kursi. Tujuanya untuk menggerakkan kelompok-kelompok otot sebanyak mungkin guna meningkatkan kesegaran jasmani dengan keuntungan gerakan aerobic. Aerobic kursi adalah olahraga  yang paling cocok untuk orang-orang dengan masalah keseimbangan atau masalah koordinasi gerak. Misalnya perempuan sesudah melahirkan. Seseorang yang mempunyai tingkat kebugaran yang rendah atau orang yang banyak aktifitasnya sambil duduk cocok melakukan aerobic kursi ini.

Senam aerobic kursi adalah senam aerobic yang dilakukan sambil duduk pada kursi Latihan Senam Aerobic Di Atas Kursi


Gerakan-gerakan senam aerobic kursi adalah sebagai berikut:

1. Bisep melingkar

Caranya adalah mulailah dengan kepalan tangan disamping badan serta telapak tangan menghadap ke depan. Tekuk siku, angkat kepalan tangan sampai bahu pada hitungan 1 dan kembali ke posisi start pada hitungan ke dua.

2. Lingkaran

Gerakan kepalan tangan atau lengan bagian bawah dalam lingkaran kecil atau gerakan seluruh lengan dalam lingkaran kecil atau gerakan  seluruh lengan dlam lingkaran besar. Lingkaran dapat dilakukan rendah di sisi badan dengan tangan mengepal atau tangan bawah disisi tubuh.

3. Mengangkat Deltoid samping

Dengan siku menekuk dan lengan atas di sisi tubuh. Angkat siku secara menyamping sampai setinggi bahu untuk melakukan gerakan versi short lever. Seluruh lengan diangkat ke sisi setinggi bahu untuk melakukan versi long lever. Angkat pada hitungan satu dan kembali pada posisi semula dengan hitungan dua.

4. Menekan

Gerakannya adalah angkat satu atau kedua tangan sampai setinggi bahu di depan dan tekan ke depan seperti mendorong sesuatu di depan dada (Chest pass). Gerakan ini dapat dilakukan satu atau dua kali. Variasi-variasi gerakan termasuk overhead press (gerakan kea rah atas). Press down (gerakan kea rah bawah) dan lateral triceps press (mengangkat siku ke atas sampai setinggi bahu, lengan menekuk, tahan siku agar tidak bergerak  sambil menekan lengan bawah  ke samping).

5. Menarik

Mulailah dengan meluruskan tangan ke depan di depan. Tarik ke atas sehingga siku menekuk. Dan kepalan tangan ada di dagu pada hitungan satu kemudian kembali pada posisi lurus ke bawah pada hitungan ke dua. Gerakan ini disebut upright row atau mendayung ke atas.

6. Tendangan balik trisep

Mulai dengan gerakan siku terangkat dan mengarah tembok belakang. Ulurkan lengan bawah ke tembok belakang pada hitungan satu kemudia kembali ke posisi semula pada hitungan ke dua.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Senam Aerobic Di Atas Kursi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel