Latihan Gerakan Senam Aerobic Low Impact

Gerakan aerobic low impact membutuhkan sebuah kaki yang selalu berada dilantai setiap waktu. Gerakan-gerakan aerobic low impact adalah sebagai berikut:

a. Cha-cha-cha

Berdiri pada kaki kanan, melangkah dengan cepat di pusat kaki kiri kemudian jejakkan lagi kaki kanan. Iramanya adalah menginjak lantai (hitungan 1), pusat telapak kaki kiri (hitungan 2), ganti kaki (hitungan 3).

b. Grapevina

Langkahkan kaki kanan ke arah kanan, silangkan kaki kiri ke belakang, jejakkan kaki kiri ke samping kanan.

c. Mengankat lutut

Lakukan sebuah gerakan dengan dua hitungan dimana pada hitungan 1 lutut di angkat, dan kaki turun ke lantai pada hitungan ke dua. Gerakan-gerakan variasi termasuk menedang ke depan dari lutut. Dan menedang ke belakang dengan pangkal paha dan lutut melingkar.

d. Menyergap

Pada hitungan 1. Pinggul menghadap kesamping kiri sambil menepukkan ibu jari kaki kanan. Pada hitungan 2. Kaki dan pinggul bergerak bersamaan. Dan lakukan gerakan sebaliknya dengan kaki kiri.



e. Mambo

  • Hitungan 1 kaki kanan melangkah ke depan
  • Hitungan dua kaki kiri diam di tempat
  • Hitungan 3 kaki kanan melangkah ke belakang
  • Hitungan 4 kaki kiri melangkah ditempat.

f. Berbaris

Angkat lutut saat berjalan, setiap kaki menginjak tanah pada tiap irama music. Satu kaki selalu menyentuh lantai setiap waktu. Ketika nada membawa kaki kelantai, gulingkan telapak kaki dengan gerakan ibu jari kaki pusat tumit.

g. Menyeret kaki

Untuk rangkaian gerakan pusat kaki ini, pada hitungan 1 injakkan kaki kanan, hitungan 2 ganti kaki kiri, hitungan 3 pusat kaki kiri, hitungan 4 ganti kaki kanan, hitungan ke 5 kaki kiri menedang ke depan. Teruskan rangkaian gerakan ini dengan kaki kiri memimpin.

h. Gesesr-geser pusat ganti kaki kanan


  • Pada hitungan 1 melangkah ke kanan dengan kaki kanan
  • Pada hitungan 2 geer kaki kiri
  • Hitungan 3 melangkah ke belakang denga pusatkan kaki kiri
  • Hitungan 4 langkahkan kaki kanan di tempat
  • Kembalikan gerakannya kea rah kiri

i. Berjongkok

Mulailah dengan kaki kaki rata di dilantai dan di bawah pinggul. Kemudian tekuklah lutut, juga dapat dilakukan ke kanan atau ke kiri.

j. Langkah sentuh ke kanan

Dengan kaki kanan melangkah ke kanan, kemudian injaklah kaki kiri di samping kaki kanan. Lakukan kebalikan langkah sentuh atau step thouch kiri.  Juga dapat dilakukan kea rah depan dan ke belakang.

k. Sentuh langkah ke kanan

Sentuhkan ibu jari kaki kanan atau tumit ke samping, depan, atau belakang. Kemudian bawa kembali ke tengah. Tempatkan berat badan di kaki kanan seperti meletakkannya kemudian di kaki kiri. Gerakan kaki ini juga dapat dilakukan dengan ibu jari kaki kiri atau tumit (langkah sentuh ke kaki kiri)

l. Triplet


  • pada hitungan 1 Pada gerakan variasi, langkah sentuh yang berirama ini, melangkah ke kanan dengan kaki kanan , kemudian injakkan pusat kaki kiri disamping kaki kanan
  • pada hitungan ke dua jaga agar berat badan  berada di tengah sementara memindahkan berat badan ke samping kanan.
  • Lakukan urutan kebalikannya dengan kaki kiri


m. Langkah V

Langkahkan kaki kanan ke depan secara diagonal kea rah kanan, kemudian kaki kiri ke depan kea rah kiri secara diagonal. Mundur ke belakang dengan sudut yang sama dengan kaki kanan, kemudian mundur dengan sudut yang sama denga kaki kiri.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Gerakan Senam Aerobic Low Impact"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel