Pengertian Senam Irama

Senam Irama atau disebut dengan senam modern ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik. Latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Adapun alat yang sering digunakan adalah gada, tongkat, simpai, tali, pita, selendang, dan lain sebagainya.

Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan menyatukan rasa seni rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Pada prinsipnya senam irama dengan senam biasa tidak ada bedanya, hanya saja pada senam irama ditambahkan musik atau ritme. Tekanan yang harus diberikan pada senam irama adalah; irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas garakan.

Senam Irama atau disebut dengan senam modern ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan de Pengertian Senam Irama


Senam irama adalah khusus untuk putri, di Indonesia perkembangannya tidak sebesar senam artistik yang untuk putra dan putri. Senam irama di Indonesia berkembang setelah tahun 1984. Adapun wadah senam untuk tingkat nasional adalah PERSANI dan untuk internasional adalah FIG (federation international de Gymnastique)

Menurut perkembangannya senam irama ada 3 aliran, yaitu:

1. Senam irama yang berasal dari sandiwara

Senam yang berasal dari sandiwara dipelopori oleh Delsartes. Senam irama ini mengutamakan penyampaian suatu rangkaian ceritera dengan gerak yang diiringi oleh musik

2. Senam irama yang berasal dari seni musik

Dipelopori oleh Jacques Dalcrose. Senam irama yang berasal dari musik menuangkan pesan yang terdapat dalam lagu yang berbentuk gerakan.

3. Senam irama yang berasal dari seni tari

Senam ini dipelopori oleh Rudolf Van Laban. Senam irama yang berasal dari seni tari mengutamakan keindahan gerak dan keserasian antara gerakan dengan irama dalam bentuk gerakan yang dituangkan berbentuk ceritera.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Senam Irama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel